PROFIL KAMI

TRAVELXISM adalah sebuah start-up dengan visi dan misi untuk mengembangkan pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism dengan berwawasan lokal, sosial, lingkungan, dan konservasi budaya di Indonesia.

 

TRAVELXISM fokus pada penyampaian riset potensi pariwisata yang inovatif, mengembangkan komunitas wisata, mengadakan berbagai workshop, digitalisasi destinasi, dan branding. Partner TRAVELXISM meliputi organisasi internasional, lembaga non-profit, komunitas pariwisata, agen pariwisata, CSR perusahaan/bisnis, pemerintah lokal, dan nasional.

 

TRAVELXISM juga memberikan informasi tentang berbagai destinasi unik dan kekinian. Melalui akun Instagram kami @Travelxism dan channel youtube @Travelxism Dot Com, Travelovers dapat ikut berpetualang, berinteraksi dan berpartisipasi dalam dunia wisata di Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu, Travelxism juga membuka kesempatan bagi Travelovers untuk menjadi kontributor kami dengan menuliskan artikel wisata dan berbagai liputan jenis feature.

 

Travelxism berbasis di Yogyakarta, di pusat kebudayaan Jawa dan menjadi mini Indonesia dimana pelajar dari berbagai pelosok nusantara berada disana. Travelxism juga memiliki tim dan kontributor aktif di hampir 34 provinsi maupun di luar negeri.

Mengapa Pariwisata?

Pariwisata adalah salah satu alat yang kuat untuk mengembangkan potensi lokal dari sisi ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan. Selain itu, pariwisata merupakan sebuah alat yang jitu untuk mentransformasi masyarakat miskin menjadi berdaya guna dan mandiri.​​

 

Pariwisata menjadi unik dengan berbagai cara, kreatifitas, inovasi, dan partisipasi. Bahkan di tempat terpencil sekalipun, pariwisata bisa menjadi alat untuk menurunkan angka kemiskinan dan membuka potensi suatu tempat. Selain itu, pariwisata membuka kesempatan yang luar biasa besar untuk ekonomi, lingkungan, sosial, dan budaya di suatu destinasi.

 

“Tantangannya adalah untuk mengubah aset pariwisata menjadi sebuah produk yang layak dipasarkan, dengan memaksimalkan keuntungan ekonomi, sosial, dan budaya sekaligus meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan sekitar. Ini adalah visi Travelxism.”

Mengapa Travelxism Berbeda?

Kreativitas Terintegrasi

 

Travelxism bergerak secara khusus di bidang pariwisata dengan tim yang berisi ahli di berbagai fase kreatif dalam proses pengembangan destinasi dan pariwisata. Mulai dari riset mengenai potensi destinasi hingga ke setting bisnis, branding dan pemasaran pariwisata yang mengkomunikasikan produk destinasi secara efektif dan terukur.

Energi dan Komitmen

 

Travelxism memiliki komitmen yang jelas. Energi Travelxism berpusat pada pengembangan pariwisata yang berwawasan sosial kemasyarakatan, budaya, dan lingkungan serta mampu menjangkau publik global.

Melangkah Penuh Inovasi

 

Kemampuan teknologi, audio visual, komunikasi, sosial media, hingga Bahasa Inggris akan mentransformasi sebuah destinasi dan bisnis pariwisata. Travelxism menjangkau pasar global yang memiliki kesamaan visi tentang sustainable tourism. Travelxism menciptakan platform, media komunikasi, dan konsep yang memberikan keuntungan pada destinasi dan komunitas yang berpartner dengan Travelxism.

Network yang Kuat

 

Travelxism berpartner dengan berbagai organisasi di taraf lokal, nasional, dan internasional, baik profit maupun non-profit untuk menciptakan ide-ide pengembangan sustainable tourism. 

 

Standar Internasional

 

Travelxism ikut mengembangkan standar sustainable tourism berdasarkan Global Sustainable Tourism Criteria atau yang umum disebut GSTC 2008. Standar ini meliputi sustainable management (GSTC Sec. A), keuntungan sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar (GSTC Sec B), perlindungan cagar budaya (GSTC Sec C), dan kepedulian lingkungan (GSTC Sec. D). 

“Travelxism bersama tim yang professional berupaya mengembangkan dan menyampaikan solusi inovatif kepada partner dan klien Travelxism. Misi Travelxism adalah mendorong semakin banyak komunitas, bisnis, dan organisasi yang terlibat dalam mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan.”