• Travelxism

10 Rekomendasi Tempat Bukber Anti Wacana di Yogyakarta

Selamat berbuka, Travelovers! Eitsss.. tunggu dulu, belum waktunya buka puasa, nih. Hehehe. Tak terasa kita sudah memasuki minggu kedua di bulan Ramadhan, ya, Travelovers. Kamu masih semangat menjalani puasa Ramadhan ini, kan? Hayo, siapa yang setiap bulan Ramadhan banyak jadwal buka bersama, tapi tempatnya cuman di situ-situ aja? Untuk kamu yang ingin mencari tempat baru buat buka bareng teman-teman atau keluarga, mimin mau kasih rekomendasi tempat, nih. Tentunya, tempat-tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin merasakan nuansa bukber di Yogyakarta. Penasaran gimana suasana tempat bukber yang mimin rekomendasikan? Yuk, baca artikel ini sampai tuntas!


1. RM Demangan (Instagram: @rmdemangan)

Suasana RM Demangan

Sumber: akuchichie.com

Siapa, nih, yang kalau cari tempat makan harus instagenic? Pastinya kamu ingin mengadakan buka bersama di tempat yang instagramable untuk berfoto, bukan? Nah, ngomongin soal tempat makan dengan tampilan unik dan menarik, RM Demangan termasuk salah satunya. Tampilan dan suasana RM Demangan ini berbeda dari yang lain, lho, Travelovers! Rumah makan yang terletak di Jalan Demangan Baru No.19, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY 55281 tersebut menerapkan konsep kekinian dalam dekorasinya. Dekorasi RM Demangan didominasi oleh warna pastel dengan penataan interior yang rapih dan dipercantik dengan berbagai tanaman hias yang ada. Mimin yakin, deh, kalau kamu datang ke RM Demangan, kamu pasti suka banget foto-foto di berbagai spot disana.

Menu makanan yang disajikan disini cukup bervariasi dengan mengedepankan sajian makanan rumahan yang menggugah selera dan tentunya pas untuk berbuka puasa. Mulai dari berbagai camilan (roti dan gorengan) hingga makanan berat yang mengenyangkan serta minuman-minuman yang menyegarkan. Di sini juga disediakan menu makanan khas Jogya, seperti nasi goreng jawa dan lontong cap gomeh. Oh iya, Travelovers. Untuk jam operasionalnya sendiri, RM Demangan ini tutup di hari Selasa, ya. Selain hari Selasa, RM Demangan selalu buka dari pukul 12.00 hingga 21.00.

Menu Spesial Ramadhan di RM Demangan

Sumber: instagram.com/rmdemangan


2. Tujuan Cafe (Instagram: @tujuan.id)

Suasana di Tujuan Cafe

Sumber: instagram.com/tujuan.id


Buat kamu pecinta seni, kamu harus coba untuk datang ke cafe ini. Yup! Tujuan Cafe, namanya. Cafe ini memiliki dekorasi ruang yang artistik dan tentunya instagramable. Sesuai pepatah ‘sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui’, sambil bukber bisa lah update konten media sosial kamu, ya, kan. Hahaha. Sebelum kamu bertanya-tanya di mana lokasi Tujuan Cafe, mimin mau kasih tau dulu, nih, kalau cafe ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 11.00 sampai 21.00. Untuk hari Senin, Tujuan Cafe tidak menerima pelanggan alias tutup, ya, Travelovers. Cafe ini berada di Jalan Tirtodipuran No.17C, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143.

Fyi, Tujuan Cafe menyediakan paket untuk berbuka puasa, lho. Menu tersebut diberi nama ‘Iftar at Tujuan’. Dalam set menu itu terdapat dua pilihan paket yang bisa kamu ambil. Pertama, ada Iftar Couple dengan harga 99 ribu dengan tiga pilihan paket menu. Kedua, terdapat Iftar Group Pay 4 Get 5 dengan harga Rp220.000 dengan jumlah pilihan paket menu yang sama seperti sebelumnya, yakni 3 pilihan menu. Tapi kalau kamu tidak mau memesan paket tersebut, kamu bisa kok memilih menu lain untuk berbuka puasa yang kamu inginkan di sana. Makanan dan minuman yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari makanan ringan hingga berat, minuman kopi maupun teh, dan juga terdapat berbagai pilihan dessert. Hmm…menarik bukan, Travelovers?


3. House of Raminten (Instagram: @houseoframinten)

Suasana di House of Raminten

Sumber: traveloka.com


Usulan mimin untuk tempat bukber yang selanjutnya yakni, House of Raminten. Rekomendasi tempat ketiga ini memiliki keunikan tersendiri, nih, Travelovers. Tempat ini merupakan salah satu tempat makan iconic di Yogyakarta. Dekorasi dari House of Raminten sangatlah unik dengan nuansa jawa yang masih kental. Ketika kamu masuk, kamu akan melihat semacam sesajen dan mencium bau-bauan yang berasal dari dupa yang dibakar di sana. Keunikan lainnya adalah adanya kasir berjalan. Kenapa disebut kasir berjalan? Itu karena pelayan di sana selalu membawa tas yang berisikan uang untuk menerima pembayaran dari pelanggan secara langsung ketika mereka memesan.

Alasan mimin merekomendasikan tempat ini untuk bukber, karena menu yang ditawarkan oleh House of Raminten ini sangat banyak. Saking banyaknya pilihan menu itu, mimin aja sampai bingung sendiri waktu mau pesan makanan di sana, hahaha. Oleh karena itu, menurut mimin tempat ini pas untuk dijadikan lokasi bukber. Setiap orang kan memiliki selera masing-masing dan kemungkinan besar keinginan tiap orang akan terpenuhi ketika makan di House of Raminten ini. House of Raminten ini berada di Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224. Tempat makan ini buka setiap hari, lho, Travelovers! Mereka buka mulai dari pukul 09.00 hingga 22.00.



4. Toean Watiman (Instagram: @toean_watiman)

Suasana di Toean Watiman

Sumber: http://jdfoodiary.blogspot.com/2017/05/review-toean-watiman.html


Ingin berbuka di restoran dengan nuansa vintage? Toen Watiman wajib masuk wish list kamu. Restoran ini menawarkan bangunan yang terbilang luas dan mampu menampung banyak pengunjung. Ruang indoor-nya terkesan vintage, dihiasi dengan lantai keramik jadul, dan lampu-lampu gantung berwarna kuning redup yang ketika malam hari menambah suasana romantis. Cocok banget buat bukber bareng orang-orang tersayang nih, Travelovers.

Tau nggak sih, ternyata Toean Watiman sendiri merupakan singkatan, lho. Watiman artinya Warung Tiga Zaman. Sesuai namanya, restoran ini menyajikan berbagai macam menu yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari tiga masa yang berbeda. Mulai dari makanan tradisional, modern, Asian, hingga Western lengkap disajikan oleh restoran ini. Special Ramadhan, Toean Watiman menyediakan paket untuk berbuka puasa,nih. Mulai dari Rp42.000 kamu bisa mendapat menu berbuka dari appetizer, main course, hingga dessert. Selain itu, restoran ini juga menyediakan paket hemat Rp27.000 aja, khusus bagi pelajar. Gimana, tertarik berbuka di Toean Wattiman? Kamu bisa mengunjungi restoran ini yang terletak di Jl. Taman Siswa No.152, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151. Selama Ramadhan, jam operasional di Toean Watiman 11.30 – 22.00 WIB. Restoran ini buka dari Senin hingga Minggu ya, Travelovers.

Paket Menu Berbuka di Toean Watiman Spesial Ramadhan

Sumber: https://instagram.com/toean_watiman?igshid=YmMyMTA2M2Y=


5. Manhattan Cafe (Instagram: @manhattan.yk)

Area Outdoor di Manhattan Cafe

Sumber: https://brisik.id/read/68898/manhattan-kafe-dengan-spot-foto-terbaik


Cafe instagramable di Jogja ini mengusung konsep bernuansa ala IBIZA Bali lho, Travelovers. Cocok banget buat kamu yang ingin berbuka bareng bestie-bestie sambil foto-foto aesthetic. Cafe yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini memiliki tempat yang cukup luas, nyaman, dan memiliki berbagai spot yang dapat memanjakan mata. Manhattan Cafe menawarkan 2 tempat, yaitu: indoor dan outdoor. Area indoor terletak di lantai dua dengan didominasi oleh warna putih. Sementara itu, area outdoor menjadi spot favorite bagi para pengunjung. Dengan konsep lesehan, tersedia bean bag yang tentu menjadi spot idaman. Selain itu, juga terdapat kolam renang yang terletak di tengah area outdoor seolah membawa pengunjung nongkrong di IBIZA Bali. IBIZA versi lokal nih bos, hehehe.

Soal menu makanan, kamu nggak usah khawatir. Manhattan Cafe menawarkan beragam menu makanan yang bisa kamu pesan dengan harga mulai dari Rp20.000-an aja. Selama Ramadhan, cafe ini menawarkan paket berbuka seharga Rp35.000 aja, lho. Worth it banget sih dengan harga segitu bisa menikmati suasana cafe yang cakep kaya gini. Gak usah lama-lama lagi. Segera agendakan bukber bareng bestie-bestie kamu di Manhattan Cafe ini.

Paket Menu Berbuka Puasa di Manhattan Cafe

Sumber: https://instagram.com/manhattan.yk?igshid=YmMyMTA2M2Y=


6. Secret Garden Coffee and Chocolate (Instagram: @secretgardenjogja)

Suasana Malam di Secret Garden Coffee and Chocolate

Sumber: https://katalogkuliner.com/2015/08/berkuliner-romantis-di-secret-garden-coffee-chocolate-yogyakarta.html


Pengen ngajak bukber bareng doi dengan suasana yang romantis? Secret Garden Coffee and Chocolate bisa jadi tempat pilihan kamu nih, Travelovers. Cafe ini mengusung konsep outdoor garden dengan perpaduan antara modern dan jawa klasik. Konsep ini akan membawa kamu ke suasana yang berbeda dengan cafe outdoor lainnya. Keindahan serta keasrian taman di cafe ini alami dan bikin nyaman banget. Bikin suasana romantis dan hangat. Mimin rekomendasikan banget sih tempat ini buat para pasangan yang ingin menikmati kuliner yang romantis di tempat terbuka.

Masalah harga, kamu gak perlu khawatir. Di Secret Garden ini harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk berbagai kalangan. Khusus di Bulan Ramadhan, cafe ini menawarkan paket all you can eat yang bisa kamu pesan untuk berbuka dengan harga Rp60.000/pax. Kapan lagi kamu bisa berbuka ambil sepuasnya di cafe romantis ini. Kalau kamu tertarik, segera agendakan ke Secret Garden Coffee and Chocolate di Jalan Prof.Dr.Ki Amri Yahya No.2, Wrobrajan, Yogyakarta. Selama Ramadhan, cafe ini buka mulai 15.00 - 23.00 ya, Travelovers.

Menu Berbuka Puasa Spesial Ramadhan di Secret Garden

Sumber: https://instagram.com/secretgardenjogja?igshid=YmMyMTA2M2Y=


7. Pelem Golek (Instagram: @pelemgolek)

Pintu Masuk Pelem Golek

Sumber: https://www.guideku.com/food/2018/07/23/080457/pondok-makan-pelem-golek-rumah-makan-di-jogja-untuk-rombongan


Pondok Makan Pelem Golek menjadi salah satu restoran di Jogja yang menawarkan beragam pilihan menu dan rasa yang lezat. Restoran ini bisa jadi rekomendasi tempat yang cocok untuk berbuka puasa bareng rombongan, seperti: keluarga maupun teman-teman kantor. Lokasinya berada tepat di tepi Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 7 No.99, Yogyakarta yang menjadi salah satu ruas jalan yang ramai di Jogja sehingga restoran ini mudah ditemukan. Restoran ini memiliki area parkir yang luas. Jadi, nggak perlu khawatir rombonganmu kehabisan tempat parkir kendaraan. Suasana di Pelem Golek ini asri serta ditambah dengan suara gemercik air sungai menambah suasana buka puasa kamu semakin santai dan asyik.

Banyak pilihan menu yang ditawarkan di Pelem Golek ini. Beberapa diantaranya yaitu gurame tabur permata, udang bago saus lada hitam, ikan kwe bakar bumbu jimbaran, dan masih banyak lagi. Menu-menu di sini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk makanan, rata-rata mulai dari Rp35.000. Sementara minuman, rata-rata mulai Rp15.000. Special Ramadhan, Pelem Golek juga menawarkan paket buka puasa. Paket ini dapat disajikan untuk 3-5 orang. Sangat cocok untuk disantap bersama keluarga atau teman-teman tersayang. Selama Ramadhan, Pelem Golek buka mulai 11.00 - 21.00 WIB ya, Travelovers.

Paket Spesial Ramadhan di Pelem Golek

Sumber: https://instagram.com/pelemgolek?igshid=YmMyMTA2M2Y=


8. Jejamuran (Instagram: @jejamuran.id)

Biasanya kalau nggak suka sayuran hijau, pasti bakalan tetap doyan sama yang namanya jamur. Nah, sesuai namanya, restoran ini adalah surganya olahan jamur. Kamu bisa temukan segala jenis makanan yang bahan dasarnya dari jamur, mulai dari jamur goreng tepung oyster, sup jamur, sate jamur, dan lain-lain. Bahkan, ada juga yang disajikan dalam bentuk minuman, lho. Wahhh… gimana rasanya, ya, Travelovers?

Selain punya banyak menu olahan berbahan dasar jamur, restoran ini juga punya banyak fasilitas seperti playground untuk anak-anak, parkirannya luas, ada musala dan toilet, serta spot edukasi untuk mengenal macam-macam jamur. Jadi, kalau kamu pengen buka bersama keluarga, mimin rekomendasiin tempat ini, ya! Ada playground yang bisa bikin anak nggak rewel dan sekalian menambah pengetahuan tentang jamur. Upsss…rasanya nggak lengkap kalau kasih rekomendasi tanpa informasi detail tentang lokasi dan harganya. So, kalau kamu tertarik, bisa datang ke Jejamuran di Jalan Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama bulan ramadan restoran ini buka dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Nah, ini paket menu buka bersama yang bisa kamu coba, ya.

Paket Berbuka Puasa di Jejamuran

Sumber: https://www.instagram.com/p/CcFG2FhLgBs/?utm_source=ig_web_copy_link


9. Floating Resto Sleman (Instagram: @floatingrestojogja)

Restoran yang satu ini merupakan salah satu resto yang pernah viral pada masanya. Sebab, konsepnya emang unik banget, Travelovers. Yaps…restoran ini berdiri di atas kolam ikan yang luas. Konsepnya sih mirip kayak Kampung Rawa Ambarawa. Nah, saat datang ke Floating Resto, kamu tidak hanya akan disuguhi menu beragam, tapi juga pemandangan yang menakjubkan. Di Floating Resto ini kamu bisa melihat beberapa pondok dan kapal Phinisi yang seolah-olah sedang membawamu berlayar.

Nah, untuk lokasinya sendiri kamu nggak perlu khawatir karena sangat mudah untuk dijangkau. Untuk bisa buka bersama di sini, kamu bisa menuju Jalan Roro Jonggrang Beran No.8, Beran Kidul, Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mimin sarankan buat hati-hati dan jangan sampai lengah, ya, kalau bawa anak kecil buat makan di bagian pondoknya. Oh, iya. Selama Ramadhan, Floating Resto menyediakan beberapa paket yang bisa kamu cek di laman Instagram Floating Resto (@floatingrestojogja).

Menu Spesial Ramadhan di Floating Resto Sleman

Sumber: https://www.instagram.com/p/CcHzPfmLk8l/?utm_source=ig_web_copy_link


10. Dapur Bupati (Instagram: @dapurbupati)

Suasana di Dapur Bupati

Sumber: https://www.instagram.com/p/CX0kog1L5sC/?utm_source=ig_web_copy_link


Rekomendasi yang terakhir ini namanya, sih, emang Dapur Bupati, tapi bukan berarti chef-nya masak di dapur bupati, ya. Jadi gini Travelovers, resto yang menyediakan berbagai masakan jawa ini terletak di Jalan Kabupaten No.131, Nusupan, Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Iya, bener. Ada yang namanya Jalan Kabupaten, mimin juga awalnya kaget. Hahaha.

Nah, resto ini cocok banget buat kamu yang pengen bukber sambil lihat yang asri. Sebab, di area belakangnya punya konsep garden resto. Nggak cuma itu aja, Dapur Bupati juga punya Kebun Bupati, live music, dan bagian depan restonya seolah-olah bikin kita ngerasa berkunjung ke rumah nenek. Menu bukber yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari Rp35.000 hingga Rp75.000.

Salah Satu Menu Paket Berbuka Puasa di Rumah Bupati

Sumber: https://www.instagram.com/p/Cb9RIraLaSc/?utm_source=ig_web_copy_link


Itu tadi 10 rekomendasi tempat bukber di Jogja yang bisa kamu jadiin referensi kalau bingung mau ke mana. Kira-kira dari 10 tempat di atas, ada nggak yang akan kamu coba? Mimin, sih, saranin buru-buru reservasi supaya bukber nggak cuma jadi wacana. Sibuk ngumpulin semua orang sambil voting tempat, eh tahu-tahu sudah Hari Raya :((



/Nisa Meilia Qur'ani - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Sebelas Maret/

/ Safiratul Khodijah - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Negeri Yogyakarta/

/Alfiatu Rohima - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Ahmad Dahlan/


68 views0 comments

Recent Posts

See All