3 Desa Wisata DIY Terima Penghargaan dan Sertifikasi dari Kemenparekraf

16 desa wisata di Indonesia terima sertifikasi dan penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno pada hari Selasa (2/3/2021), atas prestasinya sebagai Desa Wisata Berkelanjutan.



Berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, dari 16 desa wisata yang terletak di 15 kabupaten/kota dari tujuh provinsi di Indonesia tersebut tiga di antaranya adalah desa wisata yang berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yakni Desa Wisata Nglanggeran (Gunung Kidul), Desa Wisata Jatimulyo (Kulon Progo) dan Desa Wisata Pentingsari (Sleman).



Dikutip dari mediatipikorindonesia.com (Kamis, 4/3/2021), menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda, yang salah satu desa wisata di daerahnya juga menerima penghargaan tersebut, indikator dan kriteria penilaian Desa Wisata Berkelanjutan ini mengacu pada emapat hal, yakni pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan, pemanfaatan ekonomi untuk masyarakat lokal, pelestarian budaya bagi masyarakat dan pengunjung, serta pelestarian lingkungan yang kemudian diintegrasikan dalam Aspek Pedoman Desa Wisata yaitu Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas, Sumber Daya Manusia, Masyarakat, Industri, Promosi dan Pemasaran.


“Proses sertifikasinya melalui tiga tahap yaitu persiapan pada Oktober 2020, dilanjutkan dengan pelaksanaan pada 12-13 November 2020, dan yang terakhir monitoring dan evaluasi untuk mengetahui progress report desa wisata,” kata Bramuda.


Melalui program sertifikasi dan pemberian penghargaan ini diharapkan tercipta desa wisata yang berkualitas, kredibel, dan mampu berkolaborasi dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional.



“Pasca pandemi nanti, wisatawan jumlahnya akan lebih sedikit, namun menjadi lebih berkualitas,” kata Sandiaga Uno pada pidato malam penghargaan yang kemudian diunggah dalam akun Instagram pribadinya.



Sandiaga berpandangan bahwa konsep pariwisata kedepannya adalah pariwisata yang customized, personalized, localized and smaller in size sebagai upaya pengembangan destinasi wisata yang menerapkan sustainable tourism. Salah satu program ekonomi masyarakat yang akan mulai digalakkan oleh Sandiaga Uno adalah program one village, one creative product yakni satu desa, satu produk kreatif.



Harapan Sandiaga, para penerima penghargaan ini dapat menjadi contoh untuk pengelola desa wisata lainnya untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Indonesia, sehingga 244 desa wisata yang ada di Indonesia nantinya mampu menggerakkan ekonomi masyarakat, UMKM dan menciptakan lapangan pekerjaan sebagai destinasi wisata mandiri hingga tahun 2024./LISA/


Sumber:

Anbiyani. 2021. Kemenparekraf Berikan Piagam Penghargaan Desa Wisata Berkelanjutan. Diakses pada 8 Maret 2021 dalam https://priangantimurnews.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-1221527090/menparekraf-berikan-piagam-penghargaan-untuk-desa-wisata-berkelanjutan

Mediatipikorindonesia. 2021. Kemenparekraf Berikan Sertifikasi Desa Pariwisata Kepada Desa Kemiren Banyuwangi. Diakses pada 8 Maret 2021 dalam https://mediatipikorindonesia.com/kemenparekraf-berikan-sertifikasi-desa-pariwisata-kepada-desa-kemiren-banyuwangi

Dachriza, Trida Ch. 2021. Tiga Desa Wisata Yogya Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Kemenparekraf. Diakses pada 8 Maret 2021 dalam https://gudeg.net/read/17457/tiga-desa-wisata-yogya-raih-sertifikasi-desa-wisata-berkelanjutan-kemen

38 views0 comments