4 IN 1 WISATA DI WAIGEO ISLAND


Bicara soal panorama dan keindahan alam, Indonesia memang surganya, tapi travelovers Papua tetap juaranya. Setuju nggak? Tidak salah lagi travelovers, salah satu destinasi wisata dibagian timur Indonesia ini menyimpan sejuta keindahan alam, mulai dari daratan hingga lautan. Kalau menurut TRAVELXISM sih juara dari Papua tetap Raja Ampat.


Pada Peta Indonesia, Pulau Papua memiliki bentuk seperti seekor burung lho travelovers. Dan, Kepulauan Raja Ampat berlokasi di bagian kepala burung pulau tersebut. Seperti namanya, yakni Raja Ampat, atau dalam bahasa lokal papua berarti Empat Raja, kepulauan ini memiliki empat gugusan pulau utama. Mereka adalah Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta yang pada setiap masing-masing pulau terdapat surga dunia yang tidak terelakkan indahnya travelovers.


Nah, kali ini TRAVELXISM tidak akan menjelajah ke semua pulau ya travelovers. Durasi waktu tidak memungkinkan. Kali ini TRAVELXISM hanya akan jalan-jalan di pulau terbesar dan yang paling terkenal, yakni Pulau Waigeo.


Diving dan Snorkling


foto: wildernesstravel

Travelovers yang gemar aktifitas bawah laut harap merapat ke Pulau Waigeo ini. Sebab keindahan bawah lautnya sungguh luar biasa. Birunya air laut yang bersih menjadikan apa yang ada di bawah laut bisa terlihat hanya dari permukaan. Hamparan terumbu karang dan ekosistem bawah air lainnya bisa dengan mudah ditemukan di sini. Berbagai jenis ikan warna-warni, anemon, dan biota laut lainnya juga akan dengan mudah kalian temukan di sini. Jika beruntung travelovers juga bisa berenang dengan gerombolan ikan yang sedang berkumpul dan merasakan sensasi menari bersama ribuan ikan di laut papua. Keren kan


Di Pulau Waigeo ini juga terdapat hiu lho kalau travelovers mau lihat. Di kedalaman 30 meter sepanjang Pantai Waiwo kalian bisa nanti bisa menemukan hiu sirip putih dan sirip hitam yang sedang tidur atau berpatroli di kedalaman laut biru. Nah, Pantai Waiwo ini letaknya dekat dermaga Pulau Waigeo, jadi akses ke sana masih sangat mudah.


Gugusan Karang Karst


Gugusan batu Karst atas permukaan air

foto: Trip Canvas

Puas bermain air di kedalaman perairan biru, kalian bisa langsung naik ke pesisir pantai. Di sana nanti kalian akan menemukan hamparan pasir putih dan gugusan batu karang yang sangat besar. Ya, gugusan batu karang itu ada di permukaan air travelovers, dan tidak hanya satu batu, tapi banyak sekali batu karang karts yang sudah mengeras dan berukuran besar. Tentu momen seperti ini akan sayang dilewatkan untuk berfoto bukan. Tapi travelovers, momen terbaik untuk menikmati batu karang tersebut sebenarnya bukan dari bawah atau berdiri di samping batu karang, malainkan dari atas bukit, di mana setiap gugusan batu karang itu dapat terabadikan oleh kamera. Pasti bagus bukan.

Teluk Berdinding Tebing



foto: Teluk Mayabilit

Selain laut dan pantai, di Pulau Waigeo juga terdapat surga tersembunyi dibalik tebing batuan. Terletak di Desa Warsambin, Teluk Mayabilit ini juga menyimpan sejuta keindahan di dalamnya. Salah satu yang tersimpan di dalamnya adalah wisata kalibiru. Teluk Mayabilit ini memiliki bentuk seperti botol dan hampir membelah Pulau Waigeo. Nah, travelovers, di dalam teluk ini terdapat hamparan air yang sangat biru yang dijadikan sebagai objek wisata kalibiru. Beberapa wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat hampir tidak pernah melewatkan lokasi wisata yang satu ini.


Hutan Pengamatan


foto: Mongabay

Nah, travelovers seperti yang TRAVELXISM uraikan di atas bahwasanya Raja Ampat ini memiliki destinasi wisata yang lengkap. Laut ada, darat juga ada. Salah satunya adalah Hutan Pengamatan. Di Pulau Waigeo ini memang sengaja disediakan tempat yang khusus untuk digunakan untuk mengamati fauna endemic asli Raja Ampat. Seperti Burung Maleo Waigeo. Di Hutan Pengamatan ini merupakan suatu keberuntungan jika travelovers dapat melihat burung tersebut mengingat statusnya yang terancam punah.


How to go?


Biasanya dalam sebuah infromasi perjalanan hal yang paling dicari adalah akomodasi. Tenang, travelovers, di sini TRAVELXISM juga akan merekomendasikan akomodasi yang mungkin bisa kalian jadikan pilihan.


Untuk sampai ke Raja Ampat, pastinya kalian harus naik pesawat ke Sorong dulu ya dari tempat asal kalian. Harga tiketnya memang tidak murah sih, sekitar 2 juta ke atas ya travelovers. Nah sampai di bandara kalian bisa menyewa mobil untuk mengantar kalian ke pelabuhan Sorong. Harganya sekitar 200 ribu rupiah ya ini. Nah dari pelabuhan, kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Waigeo menggunakan Kapal Bahari Express yang berangkat setiap hari dari Pelabuhan Rakyat Sorong. Harga tiketnya 125 ribu rupiah untuk kelas ekonomi dan 250 ribu rupiah untuk kelas VIP. Kapal ini jalan sehari dua kali ya travelovers, jam 09.00 WIT pagi dan jam 14.00 WIT siang. Atau kalau mau lebih cepat kalian bisa sewa speedboat, tentu dengan harga yang sedikit mahal. Setelah dua jam perjalanan kalian akan sampai di Pulau Waigeo.

Nah, masalah penginapan, kalian tidak perlu khawatir sebab di Pulau Waigeo sudah banyak sekali homestay yang bisa kalian pesan melalui aplikasi online.


Itu dia travelovers keindahan dari salah satu pulau di Raja Ampat, yakni Pulau Waigeo. Traveling ke Indonesia bagian timur memang memiliki harga yang lumayan ya travelovers, tapi sepadan dengan pemandangan dan pengalaman berwisata yang akan didapat. Jadi, mari mulai menabung untuk traveling ke Raja Ampat!/Ajeng/



#Papua #PapuaBarat #Waigeo #PulauWaigeo #WaigeoIsland #Indonesia #Asia #RajaAmpat #RajaAmpatIsland #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaPapua #PesonaIndonesiaTimur #IndonesiaTimur #WisataIndonesia #TravelIndonesia #Traveller #jalanjalanIndonesia #TelukMayabilit #DivinginWaigeoIsland #SnorklinginWaigeoIsland #Wisatabawahlaut #BiotaLaut #HutanPengamatan #HutanPengamatanWaigeo #HutanPengamatanWaigeoPapua #IndonesiaTraveler #JelajahIndonesia #Infowisata #LautIndonesia #LautPapua #PesonaPapuaBarat #LiburanMurah #LiburanMurahPapua #Teluk #DestinasiWisataIndonesia #VisitIndonesia #VisitPapua #VisitAsia #CometoIndonesia #IndonesiaTourism #Coral #Sea #AmazingIndonesia #AmazingPapua #Travelblogger #Travelblog #Travelovers #Travelxism #Travelinfo #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

334 views