• Travelxism

4 Makanan Porsi Jumbo, untuk Kamu Tim Mie Instan Jumbo


Aye aye, Travelovers! Pernah gak sih pas lagi makan mie instan, satu porsi rasanya terlalu sedikit jadinya tambah satu porsi lagi, eh tapi malah ngerasa kebanyakan? Sekarang ternyata banyak produk-produk mie instan yang sudah mengeluarkan versi jumbo untuk mengatasi solusi ini, lho. Biasanya porsi jumbo dibuat setara dengan satu setengah porsi, jadi biar kamu tetap puas makan tanpa ada sisa. Nah, selain mie instan jumbo, ternyata lumayan banyak lho makanan lain yang juga dibuat versi jumbo. Ada apa aja, sih? Markismak, mari kita simak!


1. Sop Balungan Dinosaurus

Sop Balungan Dinosaurus ini merupakan hidangan khas Demak yang hadir dalam porsi jumbo. Eitssss… tapi dinosaurus di sini bukan arti secara harfiah ya, Travelovers. Sebetulnya bahan utama dalam hidangan ini adalah tulang kerbau. Jadi, bukan tulang dinosaurus, ya, Travelovers. Nah, yang dihidangkan tentunya adalah tulang kerbau dengan ukuran jumbo. Tulang kerbau tersebut akan dibakar dengan bumbu yang melimpah sehingga dapat meresap hingga ke daging tulang. Lalu setelah itu, tulang kerbau akan disajikan bersama sop berisi wortel dan kentang.



(Sumber: seputartangsel.pikiran-rakyat.com)


Gimana, Travelovers? Sudah pernah coba atau belum? Nah, kalau belum, menu ini merupakan menu wajib yang harus kamu pesan apabila berkunjung ke Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu. Sayangnya, di warung Pak Bayu menggunakan tulang sapi. Namun, tenang saja karena tulang yang dipilih tidak kalah besar dengan tulang kerbau, lho. Jika ingin berkunjung, kamu bisa ke Jalan Yudistiro No.2, RT.05/RW.11, Palgading, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


2. Tengkleng Gajah

Tenang dulu, ini bukan daging Gajah Sumatera kok yang dimasak. Soalnya kalau daging Gajah Sumatera jelas tidak akan Mimin rekomendasikan. Hehehe. Back to the topic, Travelovers yang suka makanan olahan kambing pasti sudah familiar banget ya dengan rupa tengkleng. Makanan khas Solo ini memiliki rupa yang sama dengan gulai kambing, namun kuahnya lebih encer. Daging yang tersisa di tulang pun hanya sedikit.


Sumber: jogjakita.co.id


Eitss… tapi berbeda dengan Tengkleng Gajah yang ada di Jalan Kaliurang KM 9, Yogyakarta. Warung tengkleng gajah ini menyajikan tulang besar dan daging yang banyak pula. Soal rasa jangan diragukan lagi kenikmatannya, Travelovers. Nah, warung Tengkleng Gajah ini juga sudah buka cabang di Bandung, lho!


3. Bakso Rusuk Joss

Travelovers pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai variasi bakso, kan? Dari bakso beranak, bakso telur, bakso lava, dan varian bakso lainnya. Tapi, Travelovers pernah dengar bakso rusuk, gak sih? Seperti yang kita ketahui, bakso merupakan olahan daging sapi cincang yang dibentuk bulat. Masih diolah dengan tulang, bakso ini dibuat tampak membalut tulang rusuk sapi.



Sumber: baksorusukjoss.com


Hampir semua menu di Bakso Rusuk Joss dibalut bersama tulang rusuk sapi. Varian lainnya yang juga memiliki porsi jumbo adalah bakso lava, bakso kepala sapi, bakso pizza, bakso buaya, dan lain-lain. Unik-unik banget, ya, Travelovers! Nah, cabang Bakso Rusuk Joss juga sudah tersebar di berbagai kota besar, lho, seperti di Jakarta, Bekasi, dan Bogor.


4. Kepala Manyung Bu Fat

Setelah berbagai hidangan daging sapi dengan ukuran jumbo, Ternyata makanan laut juga ada, lho, yang gak kalah jumbo. Olahan mangut khas Semarang ini menggunakan kepala ikan manyung sebagai menu utama. Yap, betul, yang dihidangkan hanya kepalanya saja. Kalian pasti membayangkan dagingnya hanya sedikit kan, Travelovers? Jangan salah, satu porsi kepala ikan bisa mencapai dua hingga empat kilogram, lho! Kalian sanggup habisin gak?



(Sumber: Kepala Manyung Bu Fat)


Menariknya, ikan manyung ini sebenarnya jarang dijadikan sebagai olahan lauk. Biasanya ikan manyung hanya diolah menjadi ikan asin jambal roti. Padahal jika mengingat dagingnya yang gurih dan padat apabila dimasak dengan teknik asap serta dipadu dengan sambal bisa jadi mangut yang menggiurkan, lho. Oh, iya. Wajib tambah nasi kalo makan ikan mangut jumbo ini. Hahaha.


Travelovers, sudah kebayang belum mau makan apa? Beberapa makanan tadi juga sudah banyak buka cabang di luar Jawa, lho. Jadi, ke mana pun tujuan liburan Travelovers, jangan lupa kunjungi salah satunya, ya. Buat kamu yang doyan makan porsi jumbo, mau coba yang mana dulu, nih?


/Raissa Alma Latifaini - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Pendidikan Indonesia/





93 views0 comments