5 Desa Wisata Jogja yang Berkonsep Sustainable Tourism!


Perubahan tren berwisata membuat destinasi pariwisata mau tidak mau berjalan mengikuti perkembangan yang ada. Akhir-akhir ini konsep destinasi yang populer adalah Sustainable Tourism atau destinasi pariwisata berkelanjutan nih travelovers. Nah, Jogjakarta sebagai salah satu pusat wisata juga tidak mau ketinggalan.


Mengikuti kosep sustainable tourism, Jogja juga membangun Desa Wisata yang berkonsep sustainable tourism. Sebenarnya ada banyak desa wisata yang bisa dijadikan pilihan berlibur. Namun ada 5 Desa Wisata Jogja dengan Konsep Sustainable Tourism yang TRAVELXISM rekomendasikan untuk travelovers semua. Mari kita simak bersama.


Wisata Tani di Desa Kebon Agung



Mari kita berjalan sedikit ke Bantul lokasi Desa Wisata Kebon Agung. Desa ini menawarkan paket wisata alam dan budaya yang menarik. Daya tarik utamanya adalah wisata bertani yang sedang digemari oleh wisatawan perkotaan. Di sini wisatawan bisa belajar bercocok tanam dan membajak sawah dengan kerbau.


Selain bertani, di sini travelovers juga menyaksikan berbagai wisata seperti wisata alam, budaya, kerajinan, bahkan museum. Di Desa Kebon Agung ini terdapat Museum Tani Jawa, di mana di dalamnya akan disajikan berbagai peralatan tani tradisional Jawa. Menarik bukan?


Desa Wisata Nglanggeran


Selanjutnya naik sedikit ke kawasan atas Gunung Kidul untuk melihat Desa Nglanggeran. Desa Wisata Ngelanggeran ini merupakan kawasan geopark purba yang tidak perlu diragukan keindahannya. Pada tahun 2010 UNESCO bahkan menyatakan Gunung Nglanggeran/Gunung Api Purba sebagai Geopark Dunia (Taman Bumi).


Pesona utama Desa Wisata Nglanggeran ini pastinya ada pada gugusan gunung api dan Embung besar dibawahnya. Gugusan gunung api ini merupakan gunung batu dari karst atau kapur, sedangkan embungnya adalah kolam buatan seperti telaga yang digunakan sebagai penampung air dan mengairi perkampungan. Dari kedua objek tersebut kalian bisa melihat keindahan matahari di pagi dan sore hari. Di sini banyak para pemburu senja dan matahari terbit loh travelovers.


Wisata Batik Topeng di Desa Bobung


Masih di Gunung Kidul, kita akan sedikit turun menuju Desa Putat, Kecamatan Patuk. Di sana ada Desa Wisata Bobung yang memamerkan aktivitas ekonomi kreatif. Desa ini terkenal dengan kegiatan batik kayu, khusunya topeng kayu untuk lakon-lakon dalam seni tari Topeng Panji. Hampir semua penduduk desa ini adalah pengrajin batik kayu.


Di Desa Wisata Bobung ini travelovers bisa menyaksikan proses pembuatan kerajinan batik kayu. Tidak hanya itu, kalian juga bisa ikut memproses dan membuat topeng. Nah travelovers, Jika beruntung, saat berkunjung ke sana kalian juga bisa menyaksikan Tari Topeng Panji dan Grebeg Rosulan yang akan diselenggarakan dengan 10 gunungan hasil bumi. Meriah bukan?


Pengamatan Fauna di Ketingan



Dari atas Gunung Kidul kita turun yuk travelovers. Kali ini langsung menuju Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman. Desa wisata ini dikenal sebagai desa pengamatan fauna khususnya Burung Kuntul. Bentuk burung ini menyerupai bangau putih tapi bukan bangau. Konon di desa ini ada ribuan Burung Kuntul yang tinggal.


Pada tahun 2005 untuk menjaga keberadaan burung kuntul, diputuskan untuk menjadikan Dusun Ketingan sebagai desa wisata. Pesona utamanya tentu koloni Burung Kuntul dan keasrian desa. Selain pengamatan burung kuntul, Dusun Ketingan juga menawarkan paket wisata lain seperti pembuatan jamu, bertani, menyaksikan upacara Merti Bumi, serta kesenian gejog lesung. Seru ya travelovers.


Kesejukan Kebun Teh Desa Nglinggo



Dari bawah kita naik lagi ke kawasan Bukit Menoreh yang menjadi latar Candi Borobudur. Bukit ini diberkati dengan kekayaan alam yang melimpah, salah satunya adalah Kebun Teh di Desa Wisata Ngelinggo. Desa wisata ini mempunyai daya tarik berupa alam pegunungan, wisata trekking, air terjun, nuansa pedesaan, perkebunan teh dan kopi pastinya.


Pesona utama desa wisata berada di puncak Nglinggo. Dari puncak ini, kalian bisa melihat hamparan perkebunan teh dan hutan pinus serta air terjun di kaki hutan pinus. Kalian juga bisa menyaksikan panorama sunrise Bukit Menoreh travelovers. Tidak ketinggalan aktivitas memetik teh & kopi juga ditawarkan. Kalau mau menginap, tenang, travelovers bisa menginap di rumah warga atau tinggal di beberapa homestay yang tersedia.


Itu dia Lima Desa Wisata Jogja yang berkonsep Sustainable Tourism ya travelovers. Konsep ini sesuai dengan yang dianut oleh Sustanable Tourism atau Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. Selain menjaga alam dan melestarikan budaya, desa wisata ini juga tentu dapat menaikkan taraf perekonomian warga setempat lho. Selamat Berlibur ke Desa! /Ajeng/


#Jogja #Yogyakarta #WisataJogja #DesaWisata #DesaWisataJogja #DesaWisataYogyakarta #DesaWisataKebonAgung #Bantul #DesaWisataBobung #Nglanggeran #DesaNglanggeran #EmbungNglanggeran #DesaWisataNglinggo #KebunTehNglinggo #BukitMenoreh #BukitMenorehBorobudur #DesaWisataKetingan #DesaWisataBerkelanjutan #SustainableTourism #SustainableVillage #WisataBerkelanjutan #VisitJogja #VisitIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaIndonesia #Travelovers #Travellers #Travelxism #TravelJogja #TravelxismDotCom #InfoTravelxism #InfowistaJogja #PesonaJogja

347 views