Kalian Pernah Kesini? 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia!



Pariwisata menjadi sektor yang paling dikembangkan di masa pemerintahan Jokowi. Tidak tanggung-tanggung beliau sampai membuat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berperan sebagai wadah promosi dan pengembangan pariwisata ini. Nah travelovers, bahkan Pak Jokowi juga membuat destinasi super prioritas. Destinasi Super Prioritas ini akan dijadikan sebagai pemasok utama devisa negara dari sektor pariwisata sehingga pembangunan dan segala persiapan dilakukan dengan sangat matang.


Maka, mari berkenalan dengan destinasi super prioritas Indonesia. Beberapa destinasi ada yang sudah tidak asing, namun ada juga yang baru. Berikut ulasan TRAVELXISM:


Mandalika Tuan Rumah MotoGP


Pantai Seger, Mandalika

Foto: The Jakarta Post

Beberapa waktu lalu TRAVELXISM sudah menulis tentang potensi Mandalika yang menjadi salah satu bagaian dari KEK. Berada di Kawasan Indonesia Timur, menjadikan Mandalika memiliki banyak potensi wisata yang bisa digali. Terlebih pada tahun 2021, Mandalika akan menjadi tuan rumah Motor GP. Maka akan banyak wisatawan yang datang dan singgah di sini. Kesempatan ini tentu tidak akan disia-siakan.


Mandalika punya banyak wisata yang menarik, utamanya pantai. Ada lebih dari tiga pantai yang bisa memanjakan wisatawan saat singgah di Mandalika. Tidak hanya wisata alam, Mandalika juga punya kebudayaan dan tradisi yang dijamin bisa memanjakan para wisatawan. Bisa dikatakan Mandalika adalah surga tersembunyi yang menawarkan destinasi pariwisata eksotis.


Candi Borobudur Sang Candi Budha Terbesar


Stupa dan Patung Budha di Candi Borobudur

Foto: Borobudur Park

Siapa yang tidak tahu candi satu ini. Namanya tidak hanya dikenal secara nasional namun juga mancanegara. Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia. Kemegahan candi ini bahkan sudah diakui oleh dunia. Selain sebagai rumah ibadah umat Budha, Borobudur juga dikembangkan sebagai destinasi yang memiliki kekuatan dan daya tarik yang berbasis heritage. UNESCO sebagai salah satu lembaga kebudayaan tertinggi bahkan sudah mengakui Borobudur sebagai World Cultural Heritage.


Kemegahan Borobudur sudah tidak mungkin diragukan lagi. Borobudur dibangun dari jalinan sejarah, religi, dan seni. Setiap dinding dari candi ini memiliki kisah yang diambil dari ajaran Budha. Diukir dengan sangat detail, sehingga terlihat seperti sebuah relief megah. Candi ini merupakan saksi sejarah peradaban manusia yang memiliki makna disetiap sudut bangunan dan tingkatan. Dikisahkan bahwa semakin tinggi tingkatan candi, maka semakin mulia tingkatannya. Menarik bukan?


Labuan Bajo Dengan Pesonanya


Komodo, Kadal Raksasa

Foto: Galeri Indonesia Kaya

Menawarkan pemandangan alam sebagai salah satu daya tarik utama, Labuan Bajo memiliki banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa destinasi bahkan sudah sangat amat terkenal, sehingga tidak heran jika Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi super. Pulau Komodo dan Desa Adat Wae Rebo adalah andalan utama kawasan ini.


Labuan Bajo merupakan pintu masuk menuju Pulau Komodo. Di sana terdapat Desa Komodo dan taman nasional di mana kalian bisa menemukan Komodo pastinya, salah satu spesies kadal terbesar di dunia yang hampir punah. Kemudian di Desa Adat Wae Rebo kalian akan menemukan desa adat di atas awan yang menyimpan banyak kearifan lokal. Kalian bisa menemukan rumah adat yang unik dan penduduk yang ramah.


Danau Toba Sang Taman Kaldera


Kaldera Toba

Foto: Nirwana Wisata

Menyusul Borobudur, Danau Toba menjadi salah satu kandidat wisata yang diajukan untuk diakui UNESCO. Taman Kaldera Danau Toba rencananya akan diajukan sebagai salah satu geopark yang diakui dunia.


Terletak di Samosir, Sumatera Utara, Danau Toba memang memiliki potensi wisata yang bisa mendatangkan banyak wisatawan. Kaldera Toba merupakan kaldera alami yang luasnya lebih besar dari pada satu negara Singapura. Danau ini merupakan keajaiban alam yang sangat menakjubkan. Selain wisata alam, Danau Toba dan Pulau Samosir merupakan jantung dari suku Batak. Suku ini memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang sangat menarik untuk dipelajari. Maka saat singgah di Toba kalian bisa mendapatkan paket wisata lengkap, alam dan kebudayaan.


Likupang dengan Pantai Super Alami


Pantai Pulisan, Likupang

Foto: Andre Kevin Kaligis

Empat nama di atas menupakan nama yang sudah cukup familiar. Nah, destinasi terakhir yang masuk dalam destinasi super adalah Likupang. Berada di kawasan Sulawesi Utara, Likupang menawarkan keindahan laut sebagai salah satu destinasi andalan. Deretan pantai dan pulau yang masih sangat alami bisa memanjakan mata wisatawan. Selain itu di Likupang juga terdapat ekowisata alam bawah laut yang memiliki terumbu karang tidak jauh beda dari Raja Ampat, Papua. Menarik bukan travelovers?


Nah travelovers, itu adalah Destinasi Super Prioritas Indonesia yang harus kita ketahui. Pada lima tahun ke depan, terhitung dari 2020, merekalah destinasi yang akan mulai menyumbang pendapatan besar bagi Indonesia. Sejalan dengan itu, diharapkan mereka juga bisa mengangkat perekonomian di wilayah itu sendiri. Sehingga, selain sebagai destinasi super prioritas, mereka juga bisa berperan sebagai dentinasi berkelanjutan atau sustainable tourism Indonesia. /Ajeng/


#DestinasiSuper #DestinasiSuperIndonesia #DestinasiSuperPrioritasIndonesia #Destinasi #Super #Prioritas #Indonesia #Lima #Mandalika #Lombok #CandiBorobudur #BorobudurTemple #LikupangSulawesiUtara #Likupang #DanauToba #TobaLake #KalderaToba #KomodoIsland #PulauKomodo #LabuanBajo #DesaAdatWaeRebo #DestinasiIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaIndonesia #5PesonaIndonesia #5DestinasiSuper #5DestinasiSuperIndonesia #5DestinasiPrioritas #5DestinasiSuperPrioritas #5DestinasiSuperPrioritasIndonesia #KawasanEkonomiKhusu #KEK #WisataIndonesia #IndonesianTopTourism #IndonesianSuperDestination #IndonesianSuperTourism #Tourism #WisataIndonesia #VisitIndonesia #TravelingIndonesia #Travelxism #TravelxismDotCom #InfoTravelxism

162 views