5 Fakta Puncak Carstensz, Gunung Es di Negara Tropis


Travelovers, selain memiliki hamparan laut yang luas, Indonesia juga memiliki gugusan gunung yang cukup banyak. Terdapat sekitar 103 gunung yang ada di Indonesia baik yang aktif atau yang sudah tidak aktif. Bagi travelovers yang suka mendaki pasti tahu indahnya pemandangan puncak gunung Indonesia.


Setelah kemarin TRAVELXISM baru melihat keindahan Rinjani, sekarang Travelxism ingin mendaki puncak es yang ada di Indonesia. Negara tropis seperti Indonesia ini ternyata juga punya salju abadi lho. Uniknya nih travelovers, salju abadi ini hanya aja di Papua yang merupakan wilayah Indonesia Timur. Wah keren bin ajaib bukan. Dan salju abadi Indonesia itu terletak di di Puncak Cartensz Gunung Jayawijaya, Papua, Indonesia.


Puncak Tertinggi Indonesia


Puncak Carstensz Merupakan Puncak Tertinggi di Indonesia

foto: Lifestyle Okezone

Puncak Carstensz ini merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 4.884 mdpl, Puncak Carstensz menjadi gunung tertinggi di Indonesia mengalahkan gunung-gunung lainnya lho travelovers. Tapi ternyata tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Oceania dan Benua Australia lho. Tapi tidak menduduki nomer satu ya travelovers. Sayangnya untuk se-Oceana dan Australia, Puncak Carstensz harus puas diposisi ke dua. Posisi pertama diduduki oleh Gunung Hkakabo Razi dari Myanmar dengan ketinggian 5.881 mdpl.


Wilayah Warisan UNESCO


Potret Suku Nduga

foto: Pusaka

Selain menjadi cagar alamnya Indonesia, ternyata Puncak Carstensz ini masih satu kawasan dengan Taman Nasional Lorentz. Dan sejak 1999, Taman Nasional Lorenz ini berada dalam pengawasan UNESCO. Selain memiliki keanekaragaman hayati yang sangat beragam, Taman Nasional Lorenz ini juga disinyalir merupakan tempat tinggal dari Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan, dan Suku Asmat yang memiliki kebudayaan yang umurnya sudah 30 tahun lebih. Wah sudah hampir mau setengah abad ya travelovers.


Bagian Dari Seven Summit


Wajah Puncak Carstensz

foto: Touareg Adventure

Karena menjadi puncak tertinggi maka, Puncak Carstensz juga diperhitungkan sebagai satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia lho. Oleh karena itu, Dick Bass, salah seorang pencetus Seven Summit, yakni tujuh puncak gunung tertinggi di dunia, memasukkan Puncak Carstensz dalam posisi ke tujuh Seven Summit. Namun, posisi ini masih diperdebatkan. Beberapa pendaki lain sempat menolak keputusan tersebut, namun sebagian besar setuju jika Puncak Carstensz merupakan bagian dari Seven Summit.


Persiapan Matang sebelum Mendaki


Potret saat mendaki Puncak Carstensz

foto: Carstensz Papua

Nah travelovers, ini bagian terpenting saat kalian hendak naik gunung, utamanya gunung tertinggi dan bersalju. Terlebih lagi Puncak Carstensz ini bisa dikatakan sebagai salah satu gunung yang mahal untuk didaki. Persiapan baik secara finansial atau fisik harus benar-benar maksimal travelovers.


Pertama, terkait finansial, untuk bisa sampai ke sana, total biaya yang dihabiskan bisa sampai puluhan juta lho travelovers. Tiket untuk ke Papua sekali jalan bisa 4 -5 juta, berarti untuk pulang pergi bisa 10 juta. Kemudian biaya porter yang cukup mahal mengingat medan dan akses yang tidak mudah sehingga biaya yang dikeluarkan juga lumayan ya travelovers. Belum lagi urusan perijinan yang juga terkadang memakan biaya, mengingat puncak ini berada di bawah UNESCO, Kementerian Pariwisata, dan pihak swasta setempat.


Kemudian yang kedua terkait dengan persiapan fisik. Perlu diketahui bahwa medan yang akan didaki adalah medan yang lain daripada yang lain. Terlebih lagi puncak ini merupakan puncak salju yang dingin, maka fisik yang kuat dan terlatih sangat diperlukan. Belum lagi jika cuaca buruk tiba-tiba datang, maka fisik kita harus siap dengan cuaca dingin yang bisa jadi ekstrim. Mendaki gunung biasa saja butuh fisik yang kuat ya travelovers, apalagi gunung es.

Hampir Punah


Tebing Puncak Carstensz

foto: Carstensz Papua

Nah travelovers, berita buruknya gunungan es yang ada di Puncak Cartenz ini akan punah. TRAVELXISM menduga hal ini dikarenakan pemanasan global yang semakin tahun semain parah. Sebenarnya tidak hanya salju di Puncak Carstensz, namun bongkahan es di Antartika juga kabarnya akan meleleh karena saking panasnya. Nah, sebelum salju di Puncak Carstensz ini meleleh, maka tidak ada salahlanya untuk berkunjung ke sana kan. Mari mulai siapkan diri dari sekarang.


Itu dia beberapa fakta tentang Puncak Carstensz yang merupakan gunung es di negara tropis Indonesia dan puncak tertinggi di Indonesia. Bagi kalian para pendaki sejati, sangat disarankan untuk mendaki ke sana sebelum mendaki Everest, puncak tertinggi dunia. Hitung-hitung sebagai latihan awal. Maka, ayo mulai rajin berolahraga supaya kita memiliki fisik yang kuat untuk mendaki Puncak Carstensz. Sampai ketemu di puncak bersama tim TRAVELXISM!/Ajeng/


#MendakiGunung #Climbing #Hiking #Mounth #PuncakCarstensz #PuncakCarstenszIndonesia #PuncakCarstenszPapua #Papua #JayaWijayaMounthain #GunungJayaWijayaPapua #GunungJayaWijaya #GunungJayaWijayaIndonesia #ExpedisiPuncakCarstensz #CarstenszExpedition #GunungIndonesia #PesonaIndonesia #VisitIndonesia #WonderfulIndonesia #VisitPapua #IndonesianMounthain #EkspedisiPuncakCarstensz #PendakiGunung #JejakPetualang #AmazingIndonesia #AmazingPapua #InfoMendaki #InfoWisata #Expedition #EkspedisiPapua #Ekspedisi #InfoGunungIndonesia #InfoWisataPapua #InfoTravelxism #Travelovers #Travel #Travellers #Traveling #Travelxism #TravelxismDotCom


292 views