5 Fakta Tembok Besar Cina, No 4 Bikin Tercengang!



Travelovers, sudah tahu kan kalau Cina juga memiliki salah satu objek wisata yang dijadikan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Waktu TRAVELXISM masih duduk di bangku sekolah dasar sering banget ini diulang-ulang supaya ingat. Alhasil sampai sekarang pun TRAVELXISM masih ingat dong. Adalah Tembok Besar Cina atau The Great Wall. Sebuah tembok megah nan panjang yang menjadi ikon khas Negeri Tirai Bambu.


Tembok sepanjang 15 wilayah di China ini membentang dengan begitu megahnya. Hampir ribuan orang lalu lalang silih berganti mengunjungi salah satu keajaiban dunia ini. Namun, dari kemegahan yang dimiliki pasti ada proses dan kejadian menarik dibalik pembangunan tembok ini. Nah, kali ini TRAVELXISM akan mengupas tuntas fakta dibalik Tembok Besar Cina. Fakta nomor empat bikin Travelovers tercengang! Berikut ulasanya untuk travelovers.


Dibangun Selama 2000 Tahun


Foto: Trover

Dahulu di Cina sekitar abad ke 8-7 SM terjadi peperangan. Nah, tembok kokoh ini katanya dulu hanya sebuah menara pengawas yang digunakan untuk mengawasi pergerakan musuh. Namun, Kaisar Shi Huang Ti yang pada waktu itu memimpin kemudian menyatukan menara pengawas tersebut dengan membangun sebuah tembok. Hal ini dilakukan agar supaya Cina dapat kuat menahan serangan dari Bangsa Mongol di utara. Nah, karena saking banyaknya dan posisi menara pengawas yang terpisah-pisah, maka diperlukan waktu yang sangat panjang untuk menggabungkan semua menara. Katanya sekitar 2000 tahun proyek pembangunan tembok ini baru bisa selesai lho traveloves. Lama sekali ya!


Material Penyusunnya Adalah Tepung Beras


Foto: Trover

Travelovers, kalau materi perekat Candi Borobudur adalah putih telur, maka materi perekat tembok panjang ini katanya adalah pasta tepung beras. Sebelumnya materi tembok ini adalah kayu, batu, dan tanah saja. Namun karena dengan bahan tersebut proses pengerjaan dianggap terlalu lama, maka dinasti yang memerintah pada masa itu mengganti material dengan batu bata. Nah untuk merekatkan batu bata tersebut dipilihlah pasta tepung beras yang disinyalir cepat kering dan memiliki daya rekat yang sangat baik, sehingga bangunan tersebut cepat selesai.


Karya Manusia Yang Paling Besar


Foto: Trover

Pada tahun 2009 sebuah Biro Survei Nasional Tiongkok mengumumkan bahwa panjang tembok ini adalah 21.196,18 kilometer dan, dikerjakan oleh manusia. Wah bisa terbayang ngga tuh berapa manusia yang harus bekerja untuk membangun tembok sepanjang itu?

Nah karena ukurannya yang tidak biasa inilah yang menyebabkan tembok ini memiliki julukan mahakarya terbesar manusia. Pembangunan tembok ini benar-benar dilakukan oleh tangan manusia tanpa mengandalkan teknologi apapun. Semuanya dikerjakan secara manual. Keren kan travelovers!


Makam Terpanjang di Dunia


Foto: Travelandleasure

Travelovers, dulu ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa pembangunan Tembok Cina ini dibutuhkan banyak tumbal karena penemuan tulang kerangka manusia di beberapa titik. Tapi ternyata faktanya bukan seperti itu travelovers. Ternyata tulang belulang yang ditemukan di sana merupakan tulang para pekerja yang meninggal karena kelelahan selama masa pembangunan. Jadi, saking lamanya pembangunan dan tidak ada istirahat dalam proses pembangunan membuat kebanyakan pekerja mati ditempat. Mungkin karena hal itu juga tembok ini sempat disebut sebagai makam terpanjang di dunia.


Dibangun Oleh Budak dan Pekerja Paksa


Foto: Famous Wonders

Dan travelovers, para pekerja dalam pembangunan Tembok Cina ini bukanlah seorang pegawai bayaran atau arsitektur handal ya. Sehubungan dengan makam terpanjang dan banyaknya pekerja yang meninggal saat bekerja, maka bisa dijelaskan bahwa semua pekerja di sana adalah pegawai kerja paksa yang diambil dari budak, petani, kriminal, dan tawanan perang yang diambil secara paksa. Konon hal tersebut dilakukan untuk menekan dana dalam pembangunan proyek ambisius ini.


Nah gimana travelovers, masih berniat berkunjung ke sana? Tetap masih dong seharusnya karena dibalik pengorbanan para pekerja dan perjuangan menyelesaikan tembok megah itu terdapat manfaat yang luar biasa. Sekarang penduduk China bisa menerima keuntungan dari jumlah wisatawan yang datang. Selain bisa berlibur, kita juga bisa menghargai sejarah. Keren kan travelovers. Selamat menelusuri tembok! /Ajeng/



#TheGreatWallChina #TheGreatWall #GreatWall #Tiongkok #China #Cina #VisitChina #VisitTiongkok #TembokBesarCina #Tembokbesar #AmazingChina #UNESCO #WorldHeritage #UNESCOWorldHeritageList #MostVisitinChina #GreatTourism #Historicaltourism #WisataSejarah #Wajibkunjung #TravelinChina #TourismChina #5FaktaTembokBesarCinaNo4BikinTercengang #5FaktaTembokBesarCina #Travelovers #InfowisataChina #InfowisataCina #Travelxism #TravelxismDotCom #InfoTravelxism

#travelovers #travelingram #travelingram #traveltheworld #travelphotography #travelblogging #travelvlog #travelvlogger #traveling #traveller #instatravel #instatraveling #instatraveler #instatravelgram #instatravelblogger #travelblog

0 views