5 Festival Unik di Dunia hanya Ada Disini!

Updated: Jan 21




Beberapa waktu lalu jadwal festival musik tahunan yang paling ditunggu sudah di umumkan. Yap apalagi kalau bukan Coachella nih travelovers. Tahun ini Coachella akan digelar pada bulan April di Indio, California. Wah tidak sabar ya travelovers.


Tapi travelovers, tahu ngga sih, kalau selain festival musik, ada berbagai macam fersival di dunia ini yang juga terkenal. Beberapa diantaranya kadang menjadi pegelaran yang unik dan menarik. Nah, berikut ini ada lima festival yang menurut TRAVELXISM unik dan cocok untuk dikunjungi.


Warna-Warni Tepung Dalam Festival Holi



Selain terkenal dengan tarian dan nyanyiannya, India menjadi salah satu negara yang memiliki banyak festival, salah satunya adalah adalah Festival Holi. Festival ini semacam perang tepung warna-warni yang diiringi dengan tarian dan nyanyian. Berbagai tepung dengan warna-warni yang menyala akan menghiasi sepanjang jalan India saat festival ini berlangsung.


Konon, festival ini diperingati sebagai bentuk penghormatan para dewa dan menyambut datangnya musim semi. Katanya, tepung warna-warni merupakan media pencucian dosa lho travelovers. Keindahan festival ini menjadi objek foto yang menarik wisatawan. Tidak heran banyak yang mengabadikan festival ini. Yukk agendakan travelovers.


Kemeriahan Oktoberfest



Dari India kita terbang ke Jerman untuk menghadiri Oktoberfest. Ini merupakan festival terbesar di dunia di mana sekitar enam juta pengunjung datang memenuhi Theresienwiese, München, Bayern, Jerman. Festival ini akan diadakan selama dua minggu, yakni mulai akhir September dan berakhir di awal Oktober. Sebagai pembuka festival, puluhan tong bir akan disajikan dalam acara tersebut. Konon bir yang disajikan ini istimewa dan berbeda dari bir pada umumnya.


Festival ini diperingati sebagai penghormatan atas dinobatkannya Putra Mahkota Ludwig menjadi Raja Ludwig. Raja Ludwig kemudian menikahi Putri Therese dari Sachsen-Hildburghausen. Pada saat itu para warga diundang ke kerajaan untuk menghormati penobatan dan merayakan pernikahan. Kebetulan waktu acara tersebut bertepatan dengan penghabisan bir musim semi untuk kemudian dibuat bir musim gugur. Sehingga sajian utamanya adalah bir. Wah lumayan, gratis nih travelovers


Manisnya Perang Tomat di Spanyol



Dari Jerman kita geser sedikit ke Spanyol nih travelovers. Di Spanyol ada yang namanya La Tomatina Festival atau Festival Tomat. Festival ini diselenggarakan setiap tahun pada Hari Rabu terakhir pada bulan Agustus. Festival ini berlangsung di Kota Bunol, Spanyol. Akan ada puluhan truk yang membawa banyak buah tomat untuk perayaan. Saking banyaknya tomat yang ada, festival ini sampai dinobatkan sebagai festival perang makanan terbesar di dunia.


Setelah truk tomat datang, panitia akan mempersilahkan pengunjung kota untuk mulai melakukan perang tomat. Setiap orang boleh dan bebas melempar tomat kepada siapapun yang ada di area tersebut. Setiap orang bebas melempar tomat sampai habis selama satu jam. Menarik bukan?


Mengenang Yang Tersayang di Mexico



Setelah dari Eropa, kini kita terbang ke Amerika ya travelovers, tepatnya ke Meksiko. Di sana ada Festival yang sedikit agak menyeramkan tapi penuh makna. Festival terebut adalah Dia de Muertos atau yang dikenal dengan Festival Day of The Dead yang digelar sekitar tanggal 31 Oktober dan 2 November.


Menusung tema kematian, orang-orang akan berdandan dan menggunakan kostum yang menyeramkan. Menurut penduduk setempat, festival ini diperingati untuk untuk mengenang dan menunjukkan cinta serta rasa hormat kepada keluarga dan kerabat yang telah meninggal. Festival ini bahkan diadaptasi dalam Film Animasi Pixar berjudul Coco. Pasti nangis Bombay kan yang habis nonton? Nah, perlu diketahui juga bahwa Festival sudah diakui oleh UNESCO warisan budaya. Keren bukan?


Jember Fashion Carnival



Puas berkeliling negara orang, saatnya pulang ke negara sendiri untuk menyaksikan festival unik dan menarik dari Jember, Jawa Timur. Adalah Jember Fashion Carnival, sebuah karnaval fashion terbesar di Indonesia yang menarik banyak wisatawan.


Sebanyak ribuan peserta dan penonton turut memeriahkan festival ini. Mereka datang dengan menampilkan berbagai macam desain kostum yang mewakili berbagai macam daerah serta adat dan budaya yang ada di Indonesia. Festival ini menjadi festival kostum yang sangat menarik sebab berbagai desain pakaian yang ditampilkan sarat akan perlambang kearifan lokal.


Dulu festival ini adalah sebuah festival yang diadakan sebagai rangkaian ulang tahun Kota Jember. Awalnya hanya arakan Reog Ponorogo yang berjalan berarakan, namun, kemudian tercipta ide untuk membuat Jember Fashion Carnival. Menarik bukan? Ini tidak boleh dilewatkan travelovers.


Itu dia beberapa festival yang unik, menarik, kreatif, dan sayang untuk dilewatkan. Bagi yang belum bisa mendatangi festival di luar negeri, ada baiknya mendatangi festival lokal seperti Jember Fashion Carnival. Sampai Jumpa di sana. Selamat bersenang-senang!! /Ajeng/


#festival #coachella #musicfestival #culturefestival #festivalaroundtheworld #amazingfestival #JemberFashionCarnival #JemberIndonesia #JFCIndonesia #VisitIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaIndonesia #FashionFestival #TheDayodTheDeathFestival #MexicoFestival #DiaDeLosMuertos #VisitMexico #LaTomatilaFestival #laTomatilaSpain #VisitSpain #Ocoberfest #GermanOctoberfest #AmazinngOctoberfest #HoliFestival #HoliIndoa #VisitIndia #Holi #LetsFestive #EnjoyFestival #India #Indonesia #Spain #German #Mexico


0 views