5 Kebun Coklat Wajib Kunjung!



Alam telah memberikan banyak hal yang melimpah bagi keberlangsungan hidup setiap manusia. Apalagi alam Indonesia, kekayaannya sangat melimpah dan tidak pernah ada habisnya. Indonesia merupakan negara yang subur tidak hanya di laut tapi juga di daratan. Tanah Indonesia ini ajaib, cocok untuk ditanami apa saja, sayuran, buah, kopi, the, rempah, palawija, bahkan coklat, semuanya bisa tumbuh di Indonesia.


Berbicara tentang coklat, Indonesia merupakan salah satu negara terbesar ke tiga penghasil coklat di dunia lho travelovers. Beberapa wilayah di Indonesia memang memiliki tanah dan iklim yang baik untuk menanam coklat atau Kakao ini. Salah satunya adalah Jawa Timur. Wilayah ini memiliki banyak lokasi kebun kakao, bahkan ada yang sampai dijadikan wisata edukasi lho travelovers. Penasaran? Berikut ulasan tim TRAVELXISM untuk kalian.


Rumah Coklat Trenggalek


Mantan Bupati Trenggalek, Emil Dardak saat mengunjungi kebun coklat Trenggalek

Foto: Humas Trenggalek


Trenggalek memang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kakao terbesar di Jawa Timur. Wilayah ini memiliki kebun kakao rakyat terluas di Jawa Timut. Hampir separuh penduduk Trenggalek berprofesi sebagai petani kakao dan hidup dari hasil alam yang satu ini. Kakao Trenggalek tumbuh di antara pertemuan pegunungan dan pesisir pantai sehingga menjadikan Kakao Trenggalek proporsional dari segi tekstur maupun rasa.


Melihat potensi yang ada, ketika masih menjabat sebagai Bupati, Emil Dardak berusaha mengembangkan destinasi wisata edukasi yang berhubungan dengan cokelat. Mulai dari penanaman, masa panen, hingga pengolahan. Beliau beranggapan bahwa selain hasil kakao, mereka juga diharapkan mendapat pemasukan lain dari sektor pariwisata.


Kebun Coklat Majapahit


Kunjungan di Kebun Coklat Majapahit

Foto: IDN Times


Wisata kebun cokelat selanjutnya ada di Mojokerto nih travelovers. Namanya Kebun Cokelat Majapahit. Kebun ini berada di Wisata Desa Randugenengan, Dlanggu. Kebun Cokelat Majapahit ini juga merupakan salah satu destinasi wisata edukasi baru di Mojokerto. Meski terbilang baru, setiap hari kebun cokelat ini tak pernah sepi pengunjung, terutama anak-anak sekolah yang sedang melakukan wisata edukasi.


Di sini wisatawan akan diberi kesempatan untuk mencoba menanam langsung buah kakao, kemudian dilanjutkan dengan memetik serta mengolahnya menjadi sebuah produk. Nah setelah itu, pengunjung juga bisa mencicipi beragam olahan cokelat segar. Para pengelola kebun ini adalah penduduk setempat, sehingga mereka sangat tahu medan dan ramah pastinya.


Doesoen Kakao, Banyuwangi


Spot Foto di Doesoen Kakao

Foto: Instagram Intan Ardiansyah


Banyuwangi tidak hanya terkenal dengan festival kebudayaannya saja. Kalau ke sini travelovers juga wajib mampir ke Doesoen Kakao yang ada di daerah Glenmore, Banyuwangi. Glenmore ini ternyata punya salah satu jenis cokelat terbaik. Namanya Coklat Edel. Coklat ini konon punya rasa dan after-taste yang unik daripada yang lain. Coklat Edel juga menjadi jenis paling diminati produsen cokelat di Swiss serta Belgia. Keren kan!

Saat berwisata ke Doesoen Kakao, kalian tidak hanya akan jalan-jalan biasa. Kalian bisa belajar sejarah tentang kakao, cara budidaya kakao, melihat pengolahan biji kakao, sampai icip-icip produk cokelat Glenmore yang terkenal legit. Seru dan menarik bukan?


Kampung Coklat Blitar


Kunjungan wisata edukasi di Kampung Coklat

Foto: IDN Times


Nah travelovers, kalau ngomongin soal wisata edukasi coklat, tentu yang paling terkenal adalah Kampung Coklat, sempat beberapa waktu lalu sempat booming. Kampung coklat satu ini sempat membuat ramai jagad maya karena keberadaanya. Terletak di Kademangan, Kabupaten Blitar, Kampung Coklat menawarkan banyak kegiatan seru. Para wisatawan bisa menyaksikan langsung proses pembibitan oleh petani, atau melihat pengolahan biji kokoa hingga menjadi coklat.


Urusan cicip mencicipi juga tidak boleh ketinggalan. Di sini pengunjung bisa mencoba berbagai olahan cokelat dari makanan, minuman, hingga kudapan yang boleh dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Nah uniknya, di sini juga ada cooking class cokelat Travelovers. Menarik sekali bukan? Tiket masuk wisata ini juga murah meriah, para pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah saja!


Coffee and Cocoa Science Techno Park, Jember


Kereta Kelinci untuk berkeliling kebun

Foto: Busy


Jika kebun cokelat yang lain adalah kebun asli yang dijadikan wisata edukasi, maka berbeda dengan Coffee and Cocoa Science Techno Park yang ada di Jember. Kebun cokelat satu ini mulanya adalah pusat penelitian yang kemudian dibuka untuk umum. Di sini pengunjung bisa melihat berbagai jenis kopi dan coklat. Pengunjung juga dapat berkeliling ke kebun percontohan, atau pergi outlet kopi dan kakao. Bagi yang ingin berkeliling kebun, pihak pengelola sudah menyiapkan kereta kelinci yang akan membawa kalian berkeliling.


Nah Travelovers, itu dia beberapa kebun coklat yang beralih menjadi wahana wisata edukasi. Dengan keberadaan wisata kebun coklat ini diharapkan dapat menujang pendapatan para petani coklat di sekitar perkebunan. Hal ini agar sesuai dengan konsep pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Selain turut menjaga alam dan mengenal alam melalui perkebunan coklat, para pengunjung juga bisa meningkatkan pendapatan penduduk sekitar dengan pariwisata berkelanjutan wisata kebun coklat ini. Jadi tunggu apa lagi, ayo ajak keluarga untuk berkunjung ke kebun coklat. Selamat Berwisata!/Ajeng/



#KebunCoklat #Cocoa #CocoaGarden #RumahCoklatTrenggalek #KampungCoklatBlitar #CoffeeandCocoaScienceTechnoParkJember #DoesoenKakaoBanyuwangi #KebunCoklatMajapahit #Coklat #WisataEdukasi #VisitBanyuwangi #VisitBlitar #VisitTrenggalek #VisitJember #VisitMojokerto #WisataEdukasiCoklat #PesonaINdonesia #WonderfulIndonesia #AmazingIndonesia #EducationTour #Travel #FamilyTour #WisataKeluarga #Liburan #Travelovers #InfoWisata #InfoWisataKebun #InfoWisataEdukasi #InfoWisataKeluarga #Travelovers #JelajahRasa #CoklatIndonesia #IndonesianCacao #Travelxism #InfoTravelxism #TravelxismDotCOm #SustainableTourism #Wisataberkelanjutan #Wisataalam #JelajahAlam #Explore



162 views