• Travelxism

5 Rekomendasi Wisata Inklusif, Nomor 5 Bikin Susah Move-on!

Hola-hai, Travelovers! Siapa sih yang gak suka berwisata, mengunjungi tempat baru, dan tentunya mendapatkan pengalaman seru? Mimin jamin pasti gak ada, sih. Apalagi kalau ditemani sama orang yang tersayang, hehe. Tapi perlu diperhatikan nih Travelovers, bahwa pengelolaan wisata juga harus mempersiapkan pelayanan aksesibel.

Wait wait, pelayanan aksesibel? Apa tuh min? Jadi, pelayanan aksesibel adalah pelayanan yang menyediakan fasilitas penunjang bagi seluruh wisatawan terutama bagi teman-teman difabel atau biasa kita sebut sebagai wisata inklusif. Wisata inklusif hadir untuk melayani kebutuhan wisatawan yang beragam dan begitu kompleks. Karena pada prinsipnya kebutuhan setiap individu dalam berwisata berbeda antara satu dengan yang lainnya, begitu juga dengan teman-teman difabel.

Berbicara mengenai teman-teman difabel, fasilitas umum yang menunjang sudah mulai banyak ditemukan dan diperuntukan untuk mempermudah aktivitas mereka, lho! And yap, gak mau kalah sama fasilitas umum, beberapa destinasi wisata juga sudah menerapkan prinsip wisata inklusif. Kita semua mulai sadar bahwa penting untuk mewujudkan kesetaraan hak penyandang disabilitas dalam berwisata. Emang apa aja sih wisata inklusif yang ada di Indonesia? Tenang, mimin punya rekomendasi wisata difabel friendly yang wajib kamu kunjungi. Checkidot!


1. Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta

(Sumber: https://kebudayaan.jogjakota.go.id/page/index/benteng-vredeburg)


Apa yang pertama kali terlintas di otak Travelovers waktu denger kata Malioboro? Yap, salah satu jalan yang berada di Kota Yogyakarta ini memang sudah sangat populer dan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri. Khusunya buat kamu yang pengen cari oleh-oleh buat si dia atau sekedar menikmati lalu lalang di dalamnya, Malioboro ini wajib kamu kunjungi. Terlebih kamu juga bisa menemukan bangunan-bangunan tua bersejarah yang bisa menjadi pilihan sebagai wisata edukasi dan juga spot foto keren seperti Museum Benteng Vredeburg.

Siapa sangka Museum Benteng Vredeburg juga sudah dilengkapi fasilitas pendukung untuk mempermudah teman-teman difabel menikmati tempat wisata edukasi ini. Fasilitas itu berupa kursi roda serta akses kursi roda bagi teman teman difabel. Selain itu, juga disediakan guiding block untuk memandu pengunjung tunanetra. Fyi, juga nih Travelovers, sepanjang jalan Malioboro juga sudah dilengkapi jalan khusus untuk teman teman difabel, lho! Gimana? Tertarik untuk menjelajah Kota Yogyakarta? Jangan lupa kunjungi Museum Benteng Vredeburg ini, ya!


2. Monumen Nasional, Jakarta Pusat

(Sumber: https://www.ragamtempatwisata.com/2013/03/wisata-monas-monument-national-jakarta.html)


Salah satu icon dari Kota Jakarta ini juga masuk dalam rekomendasi wisata difabel friendly, nih! Museum Nasional atau yang biasa disebut Monas pasti gak asing lagi kan Travelovers. Di Monas ini kamu bisa menemukan Ruang Kemerdekaan untuk mendengarkan Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi, melihat diorama Indonesia di Museum Monas, hingga naik ke pelataran puncak Monas.

Eits, tunggu dulu. Monumen Nasional ini juga wisata yang difabel friendly,lho! Kok bisa min? Emang apa aja fasilitas pendukungnya? Sini mimin kasih tau. Di dalam Tugu Monas terdapat kursi roda dengan keadaan yang cukup baik dan layak digunakan serta terdapat lift khusus pengguna kursi roda untuk menjangkau lantai yang paling atas.


3. Fairy Garden, Bandung, Jawa Barat

(Sumber: https://sikidang.com/fairy-garden/)


Berbicara mengenai wisata edukasi, gak melulu tentang Museum lho, Travelovers. Fairy Garden juga bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang ingin mengunjungi wisata edukasi bersama keluarga. Di dalamnya terdapat bangunan kastil dan taman yang bisa dijadikan spot foto. Selain itu, anak-anak bisa belajar cara menanam kaktus, menggambar, mewarnai hingga menonton pertunjukan teater boneka yang menggemaskan.

And yap, wisata ini juga sudah dilengkapi fasilitas yang menunjang untuk teman-teman difabel karena terdapat toilet ramah disabilitas, ramp kursi roda, hingga gate khusus yang disediakan untuk teman-teman difabel. Sangat menarik bukan? Fasilitas penunjang yang disediakan cukup lengkap sehingga bisa memudahkan akses teman-teman difabel untuk menjangkau tempat wisata ini.


4. Batu Secret Zoo Jatim Park 2

(Sumber: https://tirtajayatravel.com/jatim-park-2-harga-tiket-batu-secret-zoo/)


Pecinta satwa wajib banget berkunjung ke wisata ini! Travelovers bisa melihat berbagai satwa dari dekat yang habitat aslinya tersebar di seluruh dunia. Keren banget kan? Batu Secret Zoo ini juga merupakan tempat konservasi satwa modern yang memiliki area seluas 14 hektar. Area yang cukup luas untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Karena begitu luas, Batu Secreet Zoo dibagi menjadi beberapa bagian, seperti: Reptile Garden, Tiger Land dan Zona Aquarium.

Sebagai destinasi wisata yang ramah difabel, Batu Secret Zoo menyediakan fasilitas penunjang di dalamnya sehingga teman-teman difabel tetap merasa aman dan nyaman ketika berwisata. Fasilitas tersebut meliputi jalan dan toilet khusus untuk teman-teman difabel serta kursi roda yang bisa dipinjam secara gratis.


5. Pantai Drini, Gunung Kidul, Yogyakarta

(Sumber: https://mytrip123.com/pantai-drini/)


Travelovers setuju gak kalau pantai adalah tempat healing terbaik? Jauh dari hiruk-pikuk perkotaan yang bising dan memusingkan atau mungkin hanya sekedar mencari rasa tenang untuk kembali melakukan kegiatan. Pantai Drini di Gunung Kidul ini cukup menarik perhatian. Pasalnya, selain menawarkan keindahan pantainya, di sini juga terdapat fasilitas yang mempermudah teman-teman difabel untuk menikmati dan lebih leluasa dalam menikmati objek wisata pantai. Akses jalan khusus yang diperuntukkan bagi teman-teman difabel serta toilet yang representatuf untuk lansia dan pengunjung difabel menjadi bukti bahwa pemerintah khususnya Dinas Pariwisata mengupayakan pariwisata Gunung Kidul yang pro disabilitas.


Dari rekomendasi mimin, kamu udah berkunjung ke destinasi wisata yang mana nih?. Meskipun belum banyak, akan tetapi pemerintah terus mengupayakan untuk mewujudkan wisata ramah difabel di Indonesia, lho. Tujuannya agar teman-teman difabel lebih nyaman dan mudah ketika berwisata.

Selain tempat wisata difabel friendly, Travelxism juga mengadakan project yang melibatkan teman-teman difabel di dalamnya, lho! Mimin spill di sini deh. Project dari DifaTravelx berupa Virtual Tour dan Virtual Experience yang didanai oleh Pemerintah Australia melalui Australian Alumni Grant Scheme dan dikelola oleh Australia Awards di Indonesia. Project ini bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin berwisata dan bisa diikuti di mana pun.



/Atmita Dwi Novtiasari - Peserta STIP Travelxism Batch 2- Universitas Negeri Semarang/

44 views0 comments