5 Tempat Wajib Kunjung di Hiroshima!



Jepang memang tidak pernah kehabisan tempat menarik untuk dikulik. Tidak hanya budaya dan kulinernya saja yang menarik, namun beberapa tempat di Jepang ini ternyata juga menyimpan cerita menarik dan pastinya sangat recommended untuk dimasukkan ke dalam list kunjungan Travelovers. Nah, kali ini TRAVELXISM akan mengulik tentang wisata di Prefektur Hirosima. Pasti Travelovers tidak asing kan dengan nama Hiroshima.


Kalau kembali membuka buku sejarah kemerdekaan Indonesia dan perang dunia II, Hiroshima menjadi wilayah ikonik yang akan selalu diingat. Bagaimana tidak, Hiroshima merupakan kunci kemerdekaan Indonesia. Jatuhnya Bom Atom di wilayah tersebut menghasilkan kekalahan di pihak Jepang dan kemerdekaan di pihak Indonesia. Menarik bukan, ternyata Hiroshima berperan juga dalam kemerdekaan Indonesia ya travelovers. Mari kita menjelajah bersama Tim TRAVELXISM!


Atomic Bomb Dome


Dome yang masih tersisa akibat bom Hiroshima

Foto: Wikipedia


Nah travelovers, seperti yang sudah TRAVELXISM jelaskan di pembuaan artikel, bahwa pada masa perang dunia II telah terjadi serangan bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki, Jepang. Tepat pada Agustus 1954 dua kota tersebut porak poranda. Kejadian tersebut masih menjadi kenangan yang tidak terlupakan bagi bangsa Jepang, bahkan sampai sekarang.


Untuk mengenang keganasan bom atom tersebut, terdapat Atomic Bomb Dome yang menjadi saksi bisu peristiwa tersebut. Dome ini dulu merupakan bangunan Industrial Promotion Hall milik pemerintahan Hiroshima dan dekat dengan lokasi jatuhnya bom atom. Dome ini merupakan satu-satunya bangunan yang masih utuh hingga sekarang. Karena meledak di udara, kerusakan tidak banyak terjadi di dome ini. Hal ini juga didukung dengan struktur bangunan dome yang terbuat dari beton dan stenlis yang kuat. Meski bangunan ini kokoh namun orang di dalam bangunan ini dulunya banyak yang tewas sebab tidak bisa menahan efek blast dari ledakan. Kuat sekali kontruksi bangunanya ya Travelovers.


Hiroshima Peace Memorial Park


Hiroshima Memorial Peace segaris dengan Atomic Bomb Dome

Foto: Travel Gaijin


Masih seputar keganasan bom atom nih Travelovers. Untuk mengenang para korbang peristiwa malang tersebut, pemerintah Jepang lantas membangun Hiroshima Peace Memorial Park. Taman yang terletak di pusat kota ini menyimpan banyak kenangan atas tragedi yang menewaskan 140.000 korban tersebut.


Nah di dalam taman ini juga terdapat Peace Memorial Museum yang menyimpan barang-barang peninggalan korban bom atom. Di area ini juga terdapat The Peace Bell sebagai simbol permintaan pengahapusan nuklir dan Children Peace Monument untuk mengenang Sadako Sasaki.


Gerbang Torii Mengambang


Gerbang Torii Itsukushima yang dari kejauhan terlihat terapung

Foto: Medium


Satu hal yang terkenal di Jepang adalah Shrine. Salah satu Shrine yang terkenal di Hiroshima terdapat di Itsukushima Shrine. Di sana terdapat sebuah Shrine dengan gerbang Torii yang seolah mengambang di atas air. Pemandangan Torii mengapung ini menjadi salah satu andalan di Jepang. Berlatarkan pemandangan Gunung Misen, keindahan gerbang Torii Itsukushima shrine semakin terlihat nyata dan maksimal.


Beberapa orang menyebut lokasi menarik ini sesuai dengan mana shrine-nya, namun travelovers ternyata penduduk setempat ternyata lebih suka menyebut tempat ini dengan sebutan Mayijima.


Hiroshima Castle


Kastil Hiroshima nan megah

Foto: Encirclephotos


Ke Hiroshima belum sah rasanya kalau tidak berkunjung ke Kastil Hiroshima. Kastil yang terletak di tengah kota ini dibangun oleh Terumoto Mori pada tahun 1589 ini megah sekali. Kastil ini menjadi satu-satunya kastil yang lolos dari penghancuran pada zaman restorasi Meiji. Pada saat perang dunia juga, kastil ini sempat terkena imbas dari ledakan bom atom, namun sudah diperbaiki.


Kastil yang terdiri dari lima tingkat ini memiliki pemandangan yang sangat cantik pada saat musim dingin. Salju yang menutupi kastil dengan dominasi warna hitam akan menyajikan kontras warna yang indah. Selain itu berjalan di sekitar kastil juga akan sangat menyenangkan.


Fukuyama


Kampung nelayan Fukuyama

Foto: Wikimedia Commons


Sekarang mari kita sedikit berjalan ke luar kota menuju, Fukuyama. Selain Kota Hiroshima yang memiliki sejarah menarik, di Prefektur Hiroshima juga ada kota Fukuyama yang terkenal dengan kampung nelayan dan bunga mawar. Nah, kalau travelovers kebetulan ke Fukuyama pada bulan Mei, kalian beruntung sebab kalian bisa menyaksikan Festival Bunga Mawar.


Nah, kalau ke Fukuyama jangan lupa juga mampir ke Tonomoura, salah satu kampung nelayan yang berada di sisi selatan Fukuyama. Di Tonomoura kalian bisa menyaksikan keindahan laut jepang dan menyantap santapan laut yang pastinya segar dan nikmat.


Meski Hiroshima memiliki sejarah dan kenangan buruk masa lalu yang menyakitkan, namun Prefektur ini bisa kembali menata diri dan menjadi wilayah yang maju. Dan karena itu Hiroshima juga menjadi wilayah di Jepang yang menyimpan banyak destinasi pariwisata sejarah yang dapat membuka wawasan. Jadi, mari menjelajah ke Hiroshima!/Ajeng/



#Japan #Hiroshima #HiroshimaPrefektur #Jepang #PrefekturHiroshima #Fukuyama #Tonomoura #HiroshimaCastle #HiroshimaAtomicBombDome #HiroshimaPeaceMemorialPark #ChildrenPeaceMonument #ThePeaceBall #Sadakosasaki #HiroshimaShrine #Miyajima #ItsukushimaShrine #MiyajimaShrine #ItsukushimaToriiGate #MiyajimaToriiGate #FloatingToriiGate #FloatingToriiGateHiroshima #VisitJapan #VisitHiroshima #AmazingJapan #AmazingHiroshima #WisataHiroshima #HiroshimaTourism #HirosimaJapan #HiroshimaMonument #TravelHiroshima #Travelling #Travellers #HiroshimaDestination #Travelovers #Travelxism #TravelxismDotCom #InfoTravelxism

139 views