520 Juta Pertahun, Desa Pujon Kidul Sang Pemenang dari Malang!



Travelovers, tren pertumbuhan desa wisata sepertinya sedang gencar. Apalagi ditambah dengan dukungan pemerintah di Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa nih travelovers. Katanya desa memang menjadi peluang bagi masyarakat untuk turut ambil bagian dalam pengembangan wisata.


Nah, berawal dari situ kemudian lahirlah beberapa desa wisata. Akhir-akhir ini Travelxism sedang tertarik dengan desa wisata agro nih travelovers. Sepertinya menarik ya kalau Travelxism bisa jalan-jalan menikmati suasana pedesaan dengan hamparan padi sambil menikmati teh hangat dan singkong goreng di sebuah saung.


Salah satu desa wisata agro yang sedang naik daun adalah Desa Pujon Kidul di Malang, Jawa Timur. Bagi travelovers yang kebetulan sedang ke Malang, kalian tidak hanya bisa berkunjung ke Jatim Park, Museum Angkut, atau Kampung Warna-Warni Jodipan. Kalian yang bosan dengan suasana wisata yang gitu-gitu aja, bisa mencoba sensasi wisata pedesaan yang unik di Desa Pujon Kidul Malang yang merupakan salah satu destinasi wisata berkelanjutan/sustainable tourism.


Desa Wisata Agro Terbaik Tingkat Nasional


Pemandangan Desa Wisata Pujon Kidul Malang

foto: Blog Reservasi

Tahukan travelovers kalau Desa Pujon Kidul Malang ini sempat menyabet gelar Desa Wisata Agro Terbaik Pada tahun 2017. Gelar ini diberikan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi sebagai salah satu penghargaan atas keberhasilan mereka dalam mengelola dana desa dalam sektor pariwisata food dan agricultural. Berkat pengelolaan potensi alam dan pemberdayaan manusia ini, desa wisata agro ini layak menyandang gelar sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism yang membantu meningkatkan taraf hidup dan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar.


Café Pujon, Penyumbang Dana Terbanyak


Pemandangan Cafe Sawah Pujon

foto: Faricha

Selain wisata pedesaan yang ditawarkan, di Desa Pujon Kidul ini juga memiliki café yang cukup terkenal, yakni Café Sawah Pujon. Mengusung tema alam pedesaan, Café yang masih satu kawasan dengan Desa Wisata Pujon Kidul ini ternyata donatur terbesar adalah dari pendapatan desa lho travelovers, yang nilainya sekitar 520 juta rupiah setiap tahun. Menurut Udi Hartoko, Kepala Desa Pujon Kidul, modal awal yang digunakan adalah dana dari pemerintah sebanyak 56 juta. Namun, lambat laun, Café yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Sejahtera mulai terkenal dan kini menjadi salah satu penyumbang pendapatan asli desa (PADes) terbanyak. Oleh karena itu, warganya sejahtera ya travelovers. Benar-benar destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism yang mensejahterahkan warganya.


Kekompakan dan Ketelatenan Kunci Kesuksesan


Taman bunga dan gazebo di Desa Wisata Pujon Kidul

foto: Info Wisata

Sukses yang didapat oleh Desa Wisata Agro Pujon Kidul ini tentu tidak instan. Butuh enam tahun bagi Udi Hartono membangun kekompakan dan kesadaran warga dalam menyadari potensi wisata yang ada. Selama kurun waktu tersebut, beliau terus memberikan edukasi dan pemberdayaan masyarakat terkait desa wisata. Sampai pada akhirnya usaha Udi ini tidak sia-sia travelovers. Pada September 2017, desanya mendapat penghargaan dari Menteri Pariwisata dalam kategori Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis Mandiri) kepada Kelompok Sadar Wisata Capung Alas, Desa Pujon Kidul. Wah tidak sia-sia ya travelovers kesabaran si bapak. Bapak udi sangat ulet dan tekun melakukan pemberdayaan warga setempat seperti konsep destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism.


What to do


Kolam dan Peternakan Kuda di Desa Wisata Pujon Kidul

foto: TripAdvisor

Nah travelovers, selain berwisata kuliner dan menikmati suasana pedesaan di Café Sawah, apalagi sih yang bisa dilakukan di sana? Travelovers juga bisa melakukan kegiatan lain di desa wisata ini. Suasana saung pedesaan dengan background hamparan sawah dan gunung rasanya sayang kalau tidak diabadikan. Jadi travelovers bisa foto sepuasnya, karena banyak sekali spot foto yang sudah disediakan. Selain itu, kegiatan agrowisata juga bisa dilakukan di sini travelovers. Kalian bisa memetik buah dan sayur, menanam padi, memancing ikan, dan melakukan kegiatan beternak. Pas sekali untuk memberikan pengalaman bercocok tanam nih travelovers.


Sebuah perubahan tentu tidak terjadi dengan tiba-tiba ya travelovers. Sama halnya dengan kesuksesan Desa Wisata Pujon Kidul ini. Butuh proses panjang untuk menjadikannya destinasi pariwisata berkelanjutan/sustainable tourism yang sukses memberdayakan masyarakat dan membangun potensi wisata alam. Nah, untuk travelovers yang penat dengan kegiatan perkotaan, desa wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Bagi para orang tua yang ingin mengajarkan agrowisata, desa wisata ini adalah pilihan yang tepat. Jadi, tunggu apa lagi. Segera siapkan koper/backpack kalian Travelovers dan mari berlibur! /Ajeng/


#Malang #JawaTimur #Indonesia #Wisatamalang #WisataJawaTimur #Wisataalam #Wisataalammalang #Agrowisata #Agrowisatamalang #DesaPujonKidulMalang #DesawisataAgroMalang #DesawisataAgroPujonKidulMalang #DesaWisataAgroTerbaik #DesaAgroTerbaik #PesonaIndonesia #KementrianDesa #KementrianPariwisata #CafeSawahMalang #CafeSawahPujonKidul #Wisataedukasi #Sustainabletourism #Destinasipariwisataberkelanjutan #Pariwisataberkelanjutan #Wisatapetiksayur #WisataBercocoktanam #Infowisatamalang #Infowisata #Infowisataindonesia #Infowisataalamindonesia #Infowisataalammalang #Travelxism #Travelxismdotcom #Infotravelxism #Travel #Traveldestination #TravelMalang #Travelindonesia #Traveling #MalangIndonesia #KotaMalang #Berwisataalam

0 views