6 Fakta Menarik Mengenai Shinkansen, Sang Kereta Peluru

Jepang merupakan negara dengan kecanggihan teknologi yang sangat maju di dunia, itu juga menjadi salah satu daya tarik mereka untuk didatangi para wisatawan mancanegara. Salah satu teknologi di Jepang yang menjadi perhatian dunia yaitu teknologi pada aspek transportasinya. Shinkansen! Kata itu jelas sudah sering terdengar bagi Travelovers pencinta Jepang atau bagi Travelovers yang telah mempersiapkan perjalanan wisata ke Jepang. Shinkansen sering kali digunakan untuk menyebut kereta peluru atau kereta tercepat di Jepang. Bagi Travelovers yang ingin menaiki Shinkansen dan belum atau banyak hal mengenai Shinkansen, berikut ini Travelxism akan menjabarkan beberapa fakta unik mengenai Shinkansen.


1. Jarak Jauh Tak AkanTerasa


Menggunakan Shinkanse biasanya dilakukan untuk perjalanan antar kota di Jepang, di mana antar kota di jepang biasa berjarak sangat jauh, dan Shinkanse sebagai salah satu transportasi utama selain pesawat di jepang, memiliki keunggulan yaitu kecepetannya yang luar biasa. Kecepatan maksimum Shinkansen bisa mencapai 320 km/jam. Wah, sangat cepat ya Travelovers! Perjalanan yang biasanya bisa memakan waktu seharian bisa dilakukan dalam beberapa jam saja.


Foto : japanistry



2. Berhenti Saat Ada Gempa


Keunggulan yang dimiliki Shinkansen lagi adalah dapat berhenti ketika muncul gempa bumi. Jepang yang dikenal sebagai negara yang memiliki intensitas gempa yang tinggi pum membuat Shinkansen di negaranya menjadi sensitif akan getaran gempa tersebut. Jalur yang memiliki sensor getaran membuat Shinkansen dalam waktu 8 detik akan berhenti dan paling lambat dapat berhenti dalam waktu 120 detik. Itu sebabnya Shinkansen aman untuk dioperasikan dan digunakan.


foto: japanistry


3. Tepat waktu sampai per hitungan detik!


Fakta yang sangat disukai oleh para wisatwan adalah, tepat waktunya kedatangan dan keberangkatan Shinkansen. Keterlambatan pun biasanya dalam beberapa detik saja kurang dari 60 detik dan itupun staff yang bekerja sangat meminta maaf sampai membungkukkan badan. Inilah yang membuat Shinkansen salah satu transportasi yang banyak digunakan di Jepang karena tidak membuang-buang waktu dan sangat akurat dalam mengukur waktu kedatangan maupun keterlambatan. Jadi Travelovers yang sering merasakan delay selama 1 jam lalu sengaja datang terlambat, jangan sampai dilakukan saat ingin menaiki Shikansen.


foto : bp


4. Pembelian Tiket Sangat Mudah


Travelovers yang ingin menaiki Shinkansen jangan takut akan kesulitan membeli tiketnya atau takut tidak bisa berkomunikasi saat membeli tiket. Pembelian tiket Shinkansen sudah sangat mudah saat ini, Travelovers bisa membeli secara online di aplikasi toko online yang sering Travelovers gunakan, lalu akan mendapatkan bukti pembelian dan tiket yang bisa ditukar dengan tiket aslinya ketika tiba di stasiun di Jepang.



online ticket


5. Bebas Duduk Tapi Bukan Sembarangan Duduk


Ada fakta yang harus Travelovers ketahui, saat membeli tiket Shinkansen, Travelovers harus memperhatikan mengenai pilihan tiket yang tersedia. Ada dua jenis tiket Shinkansen, yang pertama membeli tiket dengan tempat duduk, dan yang kedua hanya dengan membeli tiket saja. Perbedaannya adalah dengan membeli tiket dengan tempat duduk nantiya Travelovers duduki di tempat yang Travelovers inginkan, akan tetapi bila membeli tiket saja, Traveloves akan duduk bebas ditempat duduk yang belum direservasi, bila Travelovers bersama keluarga atau teman-teman bisa saja kalian duduk ditempat yang berbeda dengan jarak yang tidak dapat dipastikan juga.


foto: photos.smugmug


6. Pelayanan yang OK


Pelayanan di Shinkanse sangatlah OK!. pertugas yang ada di kereta sangat ramah dan juga fakta yang harus diketahui adalah, setiap petugas yang melewati setiap gerbong kereta akan memberi salam dengan membungkukkan badan mereka sebelum pergi meninggalkan gerbong berikutnya, dan juga fakta kedua adalah mereka membersihkan kereta dengan kecepatan penuh Travelovers jadi Shinkanses tetap terawatt dan bersih namun tetap bisa berangkat sesuai jadwal.


foto: cdn.mainichi.jp



Jadi jangan lupa untuk menaiki Shinkansen jika Travelovers berkunjung ke Jepang. Jika Travelovers memiliki waktu terbatas tetapi ingin pergi ke Jepang dan ingin menaiki Shinkansen, menyewa travel tour juga dapat memudahkan Travelovers untuk merencakan perjalanan wisata Travelovers. Travelxism jelas bisa membantu Travelovers untuk memberikan informasi berkunjung ke beberapa destinasi wisata menarik di Jepang dengan mengikuti akun Instagram kami di @Travelxism dan youtube channel kami di @Travelxism Dot Com. Ayo ke Jepang! /Amorita/



#Japan #VisitJapan #Shinkansen #Travelxism #Travelxismdotcom #Infotravelxism #Travel #Travelaroundworld #TravelJapan #Bullettrain #LiburankeJepang #Sangkeretapeluru #Travelovers #Travelbloger #Travelaroundworld

649 views