7 Fakta Tersembunyi Laut Mati



Travelovers ingin berenang tapi tidak bisa berenang? Tenang, kalian cukup datang berkunjung ke Laut Mati di Yordania atau Israel. Di sana kalian tidak usah takut tenggelam, sebab saat berenang kalian akan mengapung. Wah keren kan? Penasaran dengan Laut Mati? Berikut ulasan fakta tersembunyi TRAVELXISM tentang Laut Mati.


Sumber Awet Muda Cleopatra


Masker lumpur laut mati Yordania

foto: Never Ending Voyage

Konon, berkat kandungan mineral yang tinggi Ratu Mesir, Cleopatra, sempat langganan lumpur laut mati untuk dijadikan masker wajah lho travelovers. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa lumpur di Laut Mati mengandung potassium, magnesium, natrium, dan kalsium yang tinggi. Katanya kandungan mineral yang beragam dan tinggi tersebut lebih baik daripada serum awet muda yang kaya anti oksidan. Biasanya para wisatawan mengoleskan lumpur laut mati ke wajah untuk menghilangkan jerawat, menghidrasi kulit wajah, dan sebagai treatment awet muda. Wah bisa dicoba dan dibuktikan ini travelovers. Kalau ke sana jangan lupa mengoles lumpur ya.


Kandungan Garam Tertinggi Ke Dua


Garam di laut mati Yordania

foto: Dead Sea

Kalau fakta yang ini pasti semua sudah tahu. Kandungan garam di laut mati ini sampai 33 persen, selisih 7 persen dari Danau Assal Djibouti yang mencapai 33,7 persen. Karena kandungan garam yang tinggi inilah kalian kalau berenang di laut mati ini tidak akan tenggelam, bahkan akan terapung. Penelitian mengungkapkan bahwa air laut yang asin lebih padat dan memiliki masa yang lebih ringan. Dengan kadar keasinanyang tinggi tersebut, maka sebuah benda bisa mengapung di atasnya termasuk manusia. Jadi kalau ada orang yang baca koran sambil terapung di laut tu bukan sihir ya travelovers, ada penejalasan ilmiahnya tuh.


Bukan Merupakan Laut Sesungguhnya


Luasnya laut mati Yordania

foto: Israel Behind The News

Laut pada umumnya memiliki luas yang tidak terbatas dan lebar kan travelovers, sehingga sejauh mata memandang hanya air. Tapi tidak laut mati. Sebab sesungguhnya laut mati ini merupakan sebuah danau yang terletak di sebuah daratan. Namun, karena luasnya yang mirip dengan laut, yakni 76 km, lebar 16 km dengan luas permukaan 810 km persegi, jadi orang yang menamainya menyebutnya laut ya travelovers.


Penyembuh Alami


Berendam di laut mati disinyalir dapat menyembuhkan penyakit kulit

foto: Living Nomads

Nah, sepertinya kandungan garam yang ada di laut ini memang memberikan sejuta manfaat ya travelovers. Selain menjadi daya tarik wisatawan untuk mencoba terapung di sana, air laut ini juga katanya dapat menyembuhkan penyakit lho. Sekali lagi, kandungan mineral di dalam air ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan artritis. Kandungan UV yang rendah dan kandungan bromide di dalam air disinyalir dapat menjadi penyembuh alami. Bisa dicoba nih travelovers.


Hanya Dihuni Bakteri


Garam Laut Mati Yang Mulai Kusam karena Bakteri

foto: Desert Adventures

Kalau yang ini, saking asinnya, sampai tidak ada ekosistem yang berkenan hidup di sini lho travelovers. Hanya bakteri garam yang bisa bertahan di sini. Keadaan air yang terlalu asin membuat binatang tidak dapat berkembang biak sehingga organisme air makroskopik seperti ikan dan tanaman air tidak hidup di dalamnya. Jumlah bakteri dan jamur mikroba hidup di sana pun tidak banyak jumlahnya. Hanya yang cocok dengan kadar garamnya saja yang bisa bertahan.


Titik Terendah di Bumi


Tugu peringatan titik terendah dunia

foto: Mathias Sauer

Nah travelovers kalau titik tertinggi bumi berada di puncak Everest, maka titi terendahnya berada di laut mati dengan ketinggian hanya 394 meter atau hanya 1291 kaki dari bawah permukaan laut. Ini hanya berjarak sekitar beberapa puluh meter dari lembah di Yordan letak laut ini berada, dengan ketinggian 425 meter atau sekitar 1300 kaki.


Hasil Retakan Kerak Bumi


Tampilan satelit laut mati

foto: Eos

Kalau yang ini sejalan dengan penjelasan bahwa laut ini bukan laut yang sesungguhnya, melainkan sebuah danau. Nah, danau ini ternyata dihasilkan dari retakan kerak bumi travelovers. Kalau dilihat dari atas ketinggian, maka akan kelihatan bentuk sesungguhnya yang memang tidak selebar dan seluas lautan, dan diapit oleh daratan. Oleh karena hal tersebut, beberapa ilmuan dan peneliti meramalkan, laut mati ini akan tenggelam. Nah sebelum dia tenggelam, ayo atur perjalanan ke sana travelovers.


Sudah ya travelovers, itu dia fakta tersembunyi tentang Laut Mati yang terkenal itu. Nah, kalian penasaran melihat keajaiban yang dibuat oleh laut mati bisa langsung booking perjalanan ke sana. Selamat mengapung di laut!/Ajeng/



#Lautmati #DeadSea #Yordania #Jordan #Israel #FaktaLautMati #FaktaTersembunyi #GaramLautMati #Salt #DeadSeaSalt #VisitJordan #VisitIsrael #VisitDeadSea #SwiminDeadSea #DeadSeamMud #DeadSeaMudMasker #InfoTravel #LiburanSeru #Travel #Travellovers #Travelovers #Traveling #Travelling #Traveler #ShortVacation #Vacation #SeaVacation #Travelxism #InfowisataLautMati #Travelbloger #TravelAroundTheWorld #Destination #TourisminJordan #Tourims #TourismDestination #Holiday #HolidayinJordan #HolidayinIsrael #HolidayinDeadSea #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

260 views