7 Pesona Zanzibar yang Kalian Harus Tahu!


Travelovers pasti sangat tidak familiar dengan destinasi yang satu ini bukan? Yup, Zanzibar bisa jadi sangat asing di telinga kita. Tapi travelovers pasti tidak asing dengan nama Fredy Mercury bukan? Pentolan Band Queen yang legendaris ini ternyata lahir di Kota Zanzibar lho. Nah, coba dicari deh kalo nggak percaya. Zanzibar bahkan sempat disebut dan disinggahi oleh Fredy saat dia memulai tour bersama Queen.

Zanzibar adalah nama sebuah daerah administratif semi otonom dari Republik Tanzania di Afrika bagian timur. Wilayah ini meliputi Kepulauan Zanzibar yang berisi Pulau Ungaja, Pemba, Latham dan Mafia. Komoditas andalan utama daerah ini adalah pariwisata dan rempah nih travelovers. Penasaran apa saja yang bisa disinggahi di Zanzibar. Nih TRAVELXISM kasih listnya, gratis!


Seharian di Stone Town


Stone Town merupakan pusat dari Zanzibar. Di kota ini semua peradaban dan budaya melebur menjadi satu. Kota iini dipenuhi dengan gang-gang sempit dan bangunan tua bergaya Arab yang sangat memesona. Stone Town ini layaknya Arabian old Town di Zanzibar. Di Stone Town kalian bisa menghabiskan waktu berjalan seharian dan mampir ke House of Wonder dan Rumah budak dan Old Ford.

House of Wonder awalnya merupakan bagian dari istana kerajaan, namun sekarang telah menjadi Museum Kebudayaan Zalzibar. Sedangkan Kamar Budak dan Pelabuhan Tua adalah tempat yang dulunya digunakan untuk aktifitas penjualan budak. Pada masa sebelum perbudakan dihapus, Zanzibar merupakan pelabuhan perdagangan budak utama di Afrika Timur. Wih menarik tapi ngeri juga ya travelovers.


Pasar Malam Forodhani


Kita masih di Stone Town ya Travelovers, dan satu hal yang pasti kalian harus singgahi di Stone Town adalah pasar malamnya yang bernama Forodhani Market. Pasar ini hanya buka pada malam hari saja. Semua makanan khas Zanzibar ada di sini Travelovers. Kalau kalian mencari street food yang nendang, ya di Forodhani Market ini. Mereka punya kebab, seafood, makanan manis, dan makanan berat yang semuanya enak. Forodhani Market ini adalah pilihan terbaik untuk menutup kunjungan kalian di Stone Town Travelovers.


Mencari Matahari Tenggelam di Kendwa Beach


Selain menghasilkan rempah, Zanzibar juga identik dengan merah matahari terbenam. Beberapa tempat bahkan menawarkan keindahan matahari terbenam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Nungwi dan Kendwa.

Kedua pantai ini pas langsung menghadap ke Barat lho travelovers. Sehingga tidak heran banyak wisatawan yang datang ke pantai ini saat sore menjelang. Kalian dengan mudah menangkap matahari terbenam di seluruh sudut pantai. Atau kalau kalian ingin merasakan suasana yang lebih, kalian bisa menyewa perahu dan berlayar sambil menikmati matahari terbenam. Layak dicoba nih Travelovers!


Palace Museum


Istana kerajaan ini bisa jadi bangunan yang paling bersejarah di Zanzibar. Istana ini berada di Stone Town dan terletak di tepi pantai. Bangunan istana kerajaan ini langsung menghadap ke laut, dan dibangun pada abad ke-19 sebagai rumah bagi Sultan dan keluarganya. Setelah revolusi pada tahun 1964, situs ini digunakan sebagai bangunan pemerintahan dan dinamai Istana Rakyat. Kemudian saat ini bangunan ini berfungsi sebagai museum yang menampilkan peninggalan keluarga Sultan masa lalu.


Spice Tour


Sudah dikatakan di awal bahwa Zanzibar juga terkenal dengan komoditas rempahnya, hampir mirip dengan Maluku. Rempah-rempah masih menjadi komoditas utama dan industri lokal wilayah ini, sehingga banyak orang yang tertarik dengan itu, sehingga dibuatlah paket tur rempah-rempah. Di sini wisatawan bisa langsung melihat sejarah rempah, para petani, dan pengolahan rempah. Mirip seperti ecotourismdan edutourism rempah ya travelovers.


The Rock of Zanzibar


Batuan Zanzibar ini merupakan sebuah batuan menjulang yang kini difungsikan sebagai restoran. Restoran ini mawarkan pemandangan pulau yang menakjubkan. Terletak di atas batu, restoran ini juga menyajikan pemandangan utama berupa kota Zanzimbar. Di sini pengunjung tidak hanya datang untuk melihat pemandangan, mereka juga menunggu beberapa makanan laut terbaik yang ditawarkan Zanzibar.


Giant Turtles on Prison Island


Terakhir tapi bukan yang paling akhir, ada Prison Island atau Pulau Tahanan. Di sini kalian bisa menemukan banyak terumbu karang di sekitar pulau. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengunjung Museum Perdagangan Manusia dan kura-kura raksasa. Beberapa kura-kura di pulau ini bahkan sudah berusia ratusan tahun. Sehingga pengunjung harus berhati-hati jika bertemu dengan kura-kura raksasa ini.


Nah, itu dia beberapa hal yang bisa travelovers lakukan di Zanzibar. Wilayah Zanzibar termasuk wilayah tropis, jadi banyak aktifitas utamanya yang berhubungan dengan pantai yang bisa dilakukan di sana. Tunggu apa lagi, ayo list jadwal liburan ke Zanzibar. Selamat Berlibur Travelovers!


#ZanzibarIsland #FredyMercury #Queen #Tropisisland #GiantTurle #PrisonIsland #TheRock #SpiceTourZanzibar #ecotourismdanedutourism #StoneTown #PantaiNungwi #PantaiKendwa #NungwiBeach #KendwaBeach #PalaceMuseum #SunriseZanzibar #ForodaniMarket #HouseofWonder #Rumahbudak #OldFordArabianoldTown #RepublikTanzania #Afrikatimur #KepulauanZanzibar #PulauUngaja #PembaIsland #Lathamisland #MafiaIsland #Travelinng #Destination #Travelovers #Travelxism #TravelxismDotCom #InfoTravelxism #AfricaTravel #AfricaDestination


64 views