8 Tips Ampuh Perjalanan Panjang Naik Pesawat dengan Anak


Traveling membawa anak-anak fun namun challenging

Foto: @riskielkori


Beberapa tahun belakangan ini banyak sekali keluarga yang melakukan perjalanan liburannya sendiri. Namun tidak jarang, menurut Travelxism banyak orang tua yang merasa khawatir ketika membawa anak balita, apalagi untuk perjalanan jauh menggunakan pesawat. Umumnya para orang tua takut anak balitanya akan rewel dan tidak bisa menikmati penerbangan. Namun jangan khawatir. Para orang tua dapat mengikuti 8 tips ampuh dari TRAVELXISM ini agar anak nyaman selama di penerbangan yang panjang.


1. Beli tiket pesawat dengan transit.


Jika anda ingin melakukan perjalanan panjang dengan pesawat lebih dari 5 jam usahakan beli tiket dengan penerbangan transit. Bagi Travelovers sebagai orang dewasa, pesawat direct (langsung) memang sangat nyaman agar tidak banyak menghabiskan waktu. Namun lain hal dengan anak-anak. Mereka akan bosan yang diakhiri dengan tantrum alias ngambek. Ketika di negara transit, biar kan anak main sepuasnya, lari-lari atau sekedar ngemil beli snack. Lalu setelah lelah dan harus melanjutkan perjalanan, dia akan beristirahat di pesawat.


2. Perjalanan malam hari untuk pesawat langsung (direct flight) bisa menjadi pilihan


Jika anda tetap memilih perjalanan langsung, anda bisa menyiasatinya dengan ambil perjalanan malam dan biarkan mereka tidur semalaman seperti biasa. Hal ini karena tubuh kita sebagai manusia akan beristirahat di malam hari sehingga tidur kita dan anak-anak pun tidak akan terganggu.


3. Tiket dengan full service itu harus!



Inflight entertainment dapat membuat anak gembira

Foto: @riskielkori


Berdasarkan pengalaman kami, menonton film dan makan makanan kecil adalah hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Mereka senang sekali ketika menonton berbagai macam film, bahkan hanya ketika membuka plastik earphonenya! Begitu pula ketika pelayanan makan datang, mereka bisa pilih menu yang mereka inginkan. Belum lagi dessertnya yang kadang imut banget. Hal ini bisa menghilangkan bosan anak selama perjalanan. Bagi anak yang jarang mau makan dengan makanan yang sengaja dibekal, bisa jadi mereka bosan atau karena makanannya sudah dingin, jadi kurang berselera.


4. Istirahat cukup itu penting lho!.


Mood anak-anak biasanya tergantung kondisi tubuh mereka. Jika mereka lelah, tentu mood mereka akan sedikit terganggu dan akan mempengaruhi kenyamanan mereka selama penerbangan. Menurut TRAVELXISM, sebaiknya sehari sebelum pergi habiskan waktu dirumah saja dan beristirahat yang cukup, sehingga perjalanan akan lebih menyenangkan dan mereka akan lebih menikmati liburan ini.


5. Wajib Bawa Activity Book!


Snack dan mainan favorit memang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Akan tetapi, kita harus sadar terkadang membawa mainan bisa sangat merepotkan. Membawa activity book bisa sangat membantu anak untuk tetap “diam” dan menyibukkan diri mereka sampai lelah dan akhirnya tertidur.


6. Pilih kursi dekat jendela!


Kami dari TRAVELXISM sangat merekomendasikan untuk memilih kursi dekat dengan jendela. Selain memberikan ruang untuk main bagi anak, kita sebagai orang tua juga bisa menikmati pemandangan di luar jendela dan menjadi bahan pembicaraan untuk anak. Selain itu, biasanya anak-anak senang membongkar mainannya atau duduk dilantai. Berikan ruang, cukup awasi saja. Jika sudah selesai baru kita bereskan. Biarkan anak merasa fun sepanjang perjalanan selama tidak mengganggu penumpang lainnya karena mereka belum mengerti duduk diam dengan tenang.


7. Bawa Pakaian Berwarna Gelap!


Ketika anak makan atau selama main dipesawat biasanya ada saja ‘accident’ yang terjadi. Makanan tumpah, mainan jatuh dan bisa mengotori pakaian.

Tips dari TRAVELXISM adalah untuk mengakali agar pakaian tidak cepat terlihat kotor adalah dengan membawa pakaian berwarna gelap dan jacket.


8. Bergantian Menjaga Anak!


Bergantian menjaga anak itu penting

Foto: @riskielkori


Menurut tim TRAVELXISM Sebuah keluarga merupakan one tag team, jadi dalam hal menjaga anakpun bisa tag team atau bergantian. Hal yang paling penting ketika bergantian menjaga anak adalah jangan mengganggu pasangan kita yang sedang beristirahat karena sebagai orang tua penting juga untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup baik untuk menjaga kesehatan dan mood pasangan selama perjalanan.


Itu dia Travelovers 8 tips ampuh dari TRAVELXISM bagi Travelovers jika bepergian dengan anak-anak menggunakan pesawat terbang untuk penerbangan yang panjang, Pertama kali traveling bersama anak mungkin akan terasa sulit, namun anak maupun orang tua semakin hari akan semakin beradaptasi dan terbiasa. Jika ingin berpetualang di salah satu destinasi eksotis di Jogja, Travelovers bisa menghubungi tim TRAVELXISM. Semoga bermanfaat! /Risky/