• Travelxism

Akhirnya Liburan ke Jogja, Ini 6 Tips Ikut Virtual Tour DifaTravelX


Sumber: https://www.vecteezy.com/vector-art/297043-time-to-travel-template


Travelovers, pernah nggak sih kamu kepo dengan wisata-wisata yang ada di Jogja? Atau pengen ke Jogja tapi budget belum cukup? Nah, kalau masalah yang kamu alami seperti itu, gampang banget, lho, solusinya. Ada inovasi baru dari para pelaku bisnis dalam industri pariwisata, Virtual Tour namanya. Kalau kamu belum pernah ikut Virtual Tour, coba simak dulu 6 tips dari Mimin di bawah ini supaya nggak salah pilih, ya!


1. Pilih Operator Wisata yang Kredibel

Nggak cuma baca berita aja yang sumbernya harus kredibel, lho. Dalam hal memilih operator wisata juga harus betul-betul diperhatikan. Kenapa begitu? Ya, karena sejak pandemi banyak pelaku bisnis yang mencoba peruntungannya melalui Virtual Tour. Nah, jangan sampai kamu salah pilih dan berujung nggak dapat pengetahuan baru. Meskipun Virtual Tour ini sifatnya untuk hiburan saat stress melanda, namun biasanya semakin kredibel operator wisata yang kamu pilih maka kualitas Virtual Tour-nya juga akan semakin bagus. Dari mana, sih, kita bisa lihat kualitasnya bagus? Tentu saja dari tour guide-nya, Travelovers! Kalau operatornya kredibel, sudah pasti tour guide-nya telah dibekali pemahaman mendalam terkait destinasi wisata tersebut.


2. Tour Guide Langsung di Lokasi atau Cuma dari Rumah?

Seperti halnya liburan langsung, kamu juga harus memperhatikan tour guide yang akan memandu Virtual Tour yang kamu ikuti. Hal ini dikarenakan ada dua jenis tour guide yaitu memandu dari rumah dan ada pula yang memandu secara live di lokasi wisata. Keduanya tentu memiliki perbedaan yang signifikan. Jika tour guide memandu dari rumah, maka penjelasan Virtual Tour tersebut hanya melalui foto, Google Maps, Google Street View, dan YouTube. Namun, jika tour guide melakukannya secara live maka kamu juga akan mendapatkan informasi secara on site, on track, dan on time. Dengan begitu kamu akan mendapatkan gambaran suasana dan informasi terbaru di lokasi wisata secara langsung. Nah, kalau di DifaTravelX tentu saja tour guide-nya live on location dan interaksinya riil dari kondisi di lokasi wisata saat itu juga.


3. Pilih Jadwal Tour yang Nggak Tabrakan Sama Kegiatanmu

Konsepnya memang liburan dari rumah biar hemat waktu, tapi kamu juga harus cek jadwalmu, lho. Jangan sampai menganut work-life balance, tapi kegiatan yang lain jadi terbengkalai. Hehehe. Jangan sampai niatnya buat hilangin stress malah berujung makin stress karena harus multitasking. So, cek jadwalmu dulu ya sebelum ikut Virtual Tour.


4. Camilan!

Nah, kalau ini, sih, Mimin setuju banget! Sama seperti nonton bioskop, kalau nggak ada popcorn rasanya pasti kurang seru. Apalagi, durasi Virtual Tour dan film di bioskop itu nggak beda jauh. Selain itu, adanya camilan juga membuat kamu merasakan seolah-olah itu bukan liburan online. Jangan lupa beli camilan dan minum dulu, ya, Travelovers.


5. Bikin notes

Kok malah kayak lagi kuliah? Eitssss… Nggak gitu konsepnya. Mengingat Virtual Tour ini sifatnya online, jadi suatu saat akan berguna kalau sudah memiliki budget untuk liburan langsung! Nah, Mimin spill dikit, ya. Biasanya saat Virtual Tour selalu ada kuis yang diberikan oleh tour guide-nya, lho. So, kalau kamu sudah punya catatan kecil, ya, sudah pasti akan memudahkan saat menjawab kuis.


6. Aktif bertanya

Hayoooo… Di sini siapa yang kuliahnya sering off camera dan dosennya ditinggal tidur? Please, jangan lakuin itu kalau kalian lagi ikut Virtual Tour. Selain karena akan membuang uangmu secara cuma-cuma, kamu juga akan kehilangan banyak benefit yang seharusnya bisa kamu dapatkan saat itu. Hadeh… Sayang banget kalau kamu ikut Virtual Tour, tapi nggak berhasil menggali banyak informasi dari tour guide-nya.


Nah, itu tadi 6 tips dari Mimin kalau kamu tertarik ikut Virtual Tour. Gimana? Sudah siap ikut Virtual Tour dari DifaTravelX belum? Operatornya kredibel, tour guide-nya live on location, kamu juga bisa aktif bertanya dengan tour guide, lho. Pokoknya jangan diragukan lagi kredibilitas dari project yang didanai oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme (AGS) ini, ya.



/Alfiatu Rohima - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Ahmad Dahlan/


2 views0 comments