BalKonDes Mengangkat Perekonomian Desa!


Berawal dari sebuah program Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahan yang berada di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), program Balai Ekonomi Desa atau yang kerap disebut BalkonDes kini menjelma menjadi etalase perekonomian desa. Menyasar desa yang memiliki potensi wisata, BalkonDes diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar borobudur dan menjadi penginapan pilihan wisatawan asing. Program ini langsung diinisiasi langsung oleh Rini Soemarno selaku Menteri BUMN. Sejak dicanangkan pada 2016, sebanyak 20 BalkonDes sudah berhasil dibentuk oleh BUMN.


Program ini berawal dari kunjungan Menteri Rini ke kawasan Borobudur. Beliau melihat realitas bahwa meski berada di jantung pariwisata, beberapa desa di Borobudur masih memiliki pendapatan yang rendah. Oleh sebab itu, keberadaan BalKonDes ini diharapkan dapat memberikan segudang manfaat utamanya dalam meningkatkan taraf perekonomian warga di kawasan wisata sehingga terciptalah kawasan destinasi pariwisata yang berkelanjutan atau sustainable tourism. Nah, berikut ini ada beberapa alasan bagaimana bisa Balkondes dapat mengangkat taraf perekonomian versi TRAVELXISM:


Memaksimalkan Potensi


BalkonDes Bigaran

Foto: BalkonDes Borobudur


Travelovers, BalkonDes ini bukan hanya sekedar program saja ya, tapi ada wujudnya berupa bangunan penginapan atau villa dengan konsep tradisional. Bangunannya pun sederhana layaknya sebuah balai. Di BalkonDes ini, para pengunjung tidak hanya bisa menginap, namun juga turut menikmati fasilitas lokal yang sudah disediakan seperti menikmati kuliner tradisional, permainan tradisional, hingga pemandangan alam yang luar biasa.


Pembangunan BalkonDes ini tentu tidak sembarangan. Setiap BalkonDes yang ada memiliki kekhasan yang digali berdasarkan potensi wilayahnya. Seperti misalnya Balkondes Bigaran yang didukung oleh Angkasa Pura I. Bigaran merupakan kawasan yang terkenal dengan perkebunan cokelatnya, maka yang dikembangkan di BalkonDes ini adalah tanaman Kakao. Para pengunjung tidak hanya bisa menginap di BalkonDes Bigaran, namun mereka juga bisa melihat para petani kakao beraktifitas atau melihat pengolahan kakao.


Memberikan Kesempatan Berwirausaha


Berbagai kerajinan lokal yang dipajang di ArtShop BalkonDes Desa Borobudur

Foto: BalkonDes Borobudur


Seperti yang sudah TRAVELXISM singgung di atas, bahwa keberadaan BalkonDes ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan warga sekitar Borobudur. Salah satunya adalah dengan memberikan kesempatan berwirausaha. Kegiatan yang bisa dilakukan di BalkonDes selain menginap adalah berkeliling desa, yang mana di harapkan saat para wisatawan berkeliling penduduk sekitar juga berkenan memasarkan produknya. Jika potensinya adalah gerabah bisa didisplay hasil gerabahnya di depan rumah, atau jika produknya adalah cokelat maka bisa dipasarkan juga. Nah, selain itu, pihak masyarakat juga bisa menitipkan hasil usahanya di kawasan BalkonDes. Sehingga produk mereka bisa dikenal luas.

Membeli produk langsung dari tangan pengrajin pasti memiliki nilai lebih selain harganya yang juga miring kan Travelovers?


Lapangan Kerja Baru


Warga setempat yang menjadi pegawai BalkonDes

Foto: BalkonDes Borobudur


Sampai saat ini beberapa BalkonDes masih dikelola oleh pihak BUMN. Namun, hal itu tidak lama, sebab nantinya seluruh BalkonDes akan diserahkan dan dikelola langsung oleh warga. Ini bisa menjadi ladang pekerjaan baru bagi masyarakat setempat. Mereka bisa belajar untuk mengelola penginapan dan belajar melayani tamu sesuai standar yang ada. Dengan begitu, jika warga sudah memiliki kemampuan yang mumpuni mereka bisa membuka penginapannya sendiri di sana mengingat jumlah wisatawan yang datang setiap tahun selalu bertambah bukan malah berkurang.


Konsisten Tingkatkan Ekonomi


Suasana di BalkonDes

Foto: BalkonDes Borobudur


Mengingat manfaat yang sudah dirasakan, BUMN dengan program BalkonDes ini akan senantiasa terus berkomitmen untuk memperbaiki perekonomian desa dekat kawasan wisata. Dari BalkonDes ini saja mereka bisa cukup meningkatkan pendapatan desa sampai 50 juta perbulan. Bahkan BalkonDes Bigaran sampai bisa mengekspor coklat ke luar negeri berkat pemberdayaan yang dilakukan BalkonDes. Nah, mengingat akan sejumlah manfaat yang ditimbulkan, maka BUMN beserta jajarannya selalu berusaha meningkatkan kualitas layanan sebagai bentuk pertanggung jawaban sosial terhadap masyarakat.


Jadi gimana travelovers? Tertarik menginap di BalkonDes? Kalau tertarik tidak perlu berpikir panjang, langsung saja datang di BalkonDes di seluruh kawasan di Borobudur. Hitung-hitung, dengan kalian menginap di sana, kalian bisa membantu memperlancar BalkonDes sebagai salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Selamat Menginap! /Ajeng/


#WisataBorobudur #PenginapanBorobudur #DesaBorobudur #Balkondes #Balai #Ekonomi #Desa #BalaiEkonomiDesa #Jogja #Borobudur #BUMN #SustainableTourism #SustainableHomestay #Wisataberkelanjutan #WonderfulIndonesia #PesonaIndonesia #LiburanYuk #MainYuk #NginapYuk #BacktoNature #DesaWisata #KembalikeDesa #AyokeDesa #InfoWisataJogja #InfoWisataMagelang #InfoPenginapanJogja #InfoPenginapanMagelang #PenginapanBerkelanjutan #Asri #PenginapanTradisional #Pemberdayaanmasyarakat #PemberdayaanWisata #PotensiPenginapan #PotensiAlam #Magelang #Travelxism #TravelxismDotCom #InfoTravelxism

116 views