Beichuan yang Ditinggalkan Begitu Saja!



Bencana alam memang tidak ada yang tahu kapan dan bagaimana datangnya ya travelovers. Indonesia pernah diguncang tsunami hebat pada tahun 2004. Dua tahun setelah itu, gempa hebat kembali datang mengguncang pada 2006. Dua tahun lagi setelah itu gempa bumi dahsyat kembali mengguncang, namun kali ini bukan di Indonesia melainkan di China.

Gempa tersebut mengguncang wilayah Chengdu, China dan membuat sebuah Bandar ternama di kawasan tersebut porak-poranda. Adalah wilayah Beichuan, Chengdu, China, yang terpaksa harus menerima bencana alam tersebut. Banyak korban jiwa yang di timbulkan dari musibah tersebut. Pasca kejadian naas itu Beichuan langsung ditinggalkan tanpa rehabilitasi. Namun, kini menjadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi nih traveovers. Penasaran? Berikut uasan TRAVELXISM.


Gempa Terdasyat Cina dalam 30 Tahun


Pada tahun 2008, China sempat diguncang oleh gempa yang memporak-porandakan wilayah Chengdu. Salah satu wilayah yang dekat dengan titik gempa dalah Beichuan. Sebuah Bandar yang sangat terkenal di China. Gempa berkekuatan 7.9 skala magnitude itu tiba-tiba mengguncang wilayah Beichuan dan menewaskan banyak korban. Setidaknya sekitar 1300 siswa meninggal di tengah pelajaran yang berlangsung karena tertimpa bangunan sekolah. Sekitar 8600 penduduk Beichuan meninggal dan selebinya adalah wisatawan dan orang yang kebetulan singgah. Jika di total ada sekitar 90.000 orang yang kehiangan nyawa akibat bencana alam ini. Bencana ini merupakan bencana terbesar di China selama 30 tahun terakhir.


Tidak Disentuh Pasca Gempa


Pasca gempa tersebut, evakuasi sempat dilakukan. Namun karena kendala biaya dan keamanan, evakuasi terpaksa dihentikan. Beberapa bangunan di Beichuan memiliki faktor membahayakan jika evakuasi terus dilakukan. Selain pemberhentian evakuasi, Pemerintah China juga tidak akan merevitaslisasi wilayah Beichuan. Hal ini menimbang bancana yang sama bisa terulang di wilayah tersebut. Oleh karena banyaknya resiko, pemerintah memerintahkan untuk membiarkan begitu saja wilayah Beichuan. Sementara penduduk Beichuan yang selamat mereka telah dipindahkan sejauh 18 km dari Beichuan.


Kota Mati Modern


Sejak ditingalkan, Beichuan menjadi kota yang sepi. Matinya segala aktivitas di sana menjadikan kota ini sebagai kota mati di era modern. Banyaknya bangunan bertingkat, mobil, dan rumah-rumah modern membuat Beichuan berbeda dengan kota mati lainnya. Bahkan bangunannya pun masih dibiarkan berwarna sehingga kesan kota mati sebenarnya sangat jauh dari Beichuan.


Museum Terbuka


Beberapa saat usai mengumumkan tidak akan merenovasi Beichuan, pemerintah China juga mengumumkan kawasan ini sebagai Museum Terbuka. Awalnya Beichuan hanya dijadikan sebuah memorial untuk mengenang gempa terdahsyat yang menimpa China serta memberikan pengetahuan bagi generasi mendatang. Namun, pada akhirnya pemerintah mulai sedikit melakukan pengamanan dengan menopang bangunan yang bisa di pertahankan dan membuka kawasan ini sebagai kawasan Museum Terbuka Beichuan. Terdapat sekitar 20 pemandu yang akan menghantarkan para wisatawan mengelilingi kota Beichuan. Tentu saja tidak semua kawasan dapat dilewati ya travelovers.


Bencana memang tidak selamanya membawa duka ya traveovers, namun juga pelajaran dan pembelajaran. Beichuan adalah salah satu contoh duka yang bisa menjadi kenangan bahwa di wilayah ini pernah terjadi sebuah bencana hebat yang menewaskan banyak korban. Semoga saat berkunjung ke Beichuan travelovers semua bisa memetik pelajaran bahwa bencana itu tidak ada yang tahu kapan datangnya, jadi kita harus selalu siap dan waspada. Selamat Berkeliling!


#Travelinng #Destination #Travelovers #Travelxism #TravelxismDotCom #InfoTravelxism #beichuan #China #RRC #TheDeathCity #MuseumChina #MuseumBeichuan #EarthquakeBeichuan #China #Cina #VisitChina #Historicaltourism #WisataSejarah #TravelingChina #TourismChina #travelovers #travelingram #traveltheworld #travelphotography #travelblogging #travelvlog #travelvlogger #traveling #traveller

78 views