BENGKULU, NAPAK TILAS SEJARAH DI BUMI RAFFLESIA



Travelovers, selain dikenal sebagai bumi Rafflesia, Kota Bengkulu juga dikenal sebagai salah satu kota bersejarah lho. Hal ini karena kota tersebut sempat dijadikan pembuangan dan pengasingan para aktivis kemerdekaan pada zaman kolonial Inggris. Mungin karena lokasinya yang berada di dekat laut kali ya travelovers, jadi aksesnya mudah.

Nah, untuk wisata kali ini, Travelxism akan mengajak travelovers untuk napak tilas tempat-tempat bersejarah di Bengkulu sekaligus berwisata sejarah. Travelxism punya beberapa destinasi wisata Bengkulu yang bisa kita jelajahi nih. Mari kita mulai menjelajah!


Benteng Terbesar di Asia


Gerbang Utama Benteng Marlborough

Foto: Good News from Indonesia

Lokasi pertama ada Benteng Marlborough nih travelovers. Dulu, pada saat zaman penjajahan Inggris, mereka sempat membangun benteng di Bengkulu nih travelovers. Benteng itu kemudian dikenal dengan nama Benteng Marlborough. Lokasi benteng ini sengaja dibangun di lokasi yang cukup strategis, berdekatan dengan pusat kota dan pantai. Layaknya benteng pada umumnya, travelovers akan disambut dengan jembatan kayu yang dibangun di atas parit begitu masuk ke pintu benteng. Nah, dari benteng ini travelovers bisa melihat pemandangan kota Bengkulu. Selain itu, benteng ini juga dinobatkan sebagai benteng terbesar di Asia lho travelovers. Benteng Marlborough memiliki luas 44,000 meter persegi, dengan ketinggian sekitar 8,5 meter di atas permukaan laut. Ukuran fisik benteng ini sekitar 240 x 170 m, dengan ketinggian dinding bervariasi dari 8 sampai 8.50 meter, dengan ketebalan 1.85 sampai 3 meter. Wahh luas dan besar ya travelovers. Untuk tiket masuk, travelovers cukup membayar 5000 rupiah saja. Murah kan


Senja di Pantai Tapak Paderi


Senja di Pantai Tapak Paderi

Foto: Wisata Kita

Nah, dua menit berjalan dari Benteng Marlborough, travelovers akan melihat hamparan air di Pantai Tapak Paderi. Konon, pantai ini merupakan sebuah dermaga tetua di Indonesia. Pada zaman penjajahan, pelabuhan ini sering digunakan sebagai pintu masuk perdagangan dan para prajurit Inggris. Tapi sekarang, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata di Bengkulu. Sisa-sisa reruntuhan bangunan pelabuhan yang masih tersisa menjadikan pantai ini sebagai salah satu spot foto vintage terbaik selain Benteng Marlborough. Apalagi ditambah dengan pemandangan senja di sore hari yang cantik. Pasti makin ciamik ya travelovers. Tidak ada tiket masuk untuk ke pantai ini travelovers, hanya saja kalian perlu membayar tiket parkir bagi yang membawa kendaraan sendiri baik roda dua maupun roda empat.


Rumah Pengasingan Soekarno


Foto: Mapio

Travelovers, siapa sih yang tak kenal Soekarno, bapak Proklamator kita. Ternyata presiden pertama kita, Soekarno, pernah diasingkan ke Bengkulu. Nah, kalau travelovers jalan-jalan ke Bengkulu, jangan lupa sempatkan untuk mampir ya. Rumah tersebut terletak di Jalan Soekarno-Hatta No. 8, Kota Bengkulu. Bangunanya masih berdiri dengan kokoh karena dijaga dengan baik. Masuk ke dalam rumah tersebut, travelovers akan melihat berbagai buku koleksi Soekarno dan berbagai pajangan foto. Di sana kalian bisa melihat bagaimana keseharian Soekarno dan istri keduanya, Inggrit Garnasih. Oh ya untuk menjaga kebersihan dan keaslian bangunan, saat masuk ke sana kalian harus melepas alas kaki ya travelovers.


Rumah Ibu Negara Pertama Fatmawati


Foto: Travel Detik

Kalau ini rumah ibu negara kita travelovers. Kalian tahu kan kalau Ibu Fatmawati besar di tanah Bengkulu? Pemilik nama asli Fatimah ini sejak kecil tinggal bersama keluarganya di Bengkulu travelovers. Rumah Fatmawati memiliki ciri khas rumah Sumatera, yakni rumah panggung. Rumah milik Farmawati hanya replika yang dibuat oleh Yayasan Fatmawati. Rumah ini dikondisikan sedemikian rupa supaya mirip aslinya. Rumah ini dibangun untuk menyimpan asset sejarah milik Fatmawati.


Mesin Jahit Fatmawati yang digunakan untuk menjahit bendera pertama Indonesia

Foto: Kompas

Nah, di dalam rumah ini kalian akan menemukan koleksi perabot rumah. Lemari, ranjang besi, meja rias, kursi dan lain sebagainya masih asli. Pakaian yang dipakai ibu Fatmawati pada masa itu pun masih terpajang dengan baik di rumah ini. Tapi travelovers, yang paling unik dan menyita perhatian adalah keberadaan mesin jahit di ruang tengah. Mesin jahit tersebut adalah mesin jahit yang digunakan untuk menjahit bendera pertama kita travelovers, Sang Saka Merah Putih. Wahhh menarik sekali ya.


Nah travelovers, itu dia wisata sejarah Travelxism di Kota Bengkulu. Banyak lagi yang bisa dijelajahi di Bengkulu sebenarnya. Tapi, lain waktu ya. Kita berwisata sambil belajar sejarah dulu kali ini. Selain berkunjung ke tempat wisata alam dan buatan, travelovers jangan lupa berkunjung juga ke wisata sejarah. Ingat kata Soekarno ya travelovers. JASMERAH, Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. Selamat berkunjung!


#Bengkulu #Indonesia #Wisatasejarah #PesonaIndonesia #SejarahBengkulu #BentengMalborough #FortMalborough #Wisatabentengsejarah #PeninggalanInggris #Bentengterbesar #BentengterbesardiAsia #Pantaitapakpaderi #SenjaPantaiTapakPaderi #SenjaPantai #SenjadiPantai #Dermagatertua #Spotfoto #Instagramable #Vintage #PantaiVintage #Sejarah #Rumahpengasingan #RumahpengasinganBungKarno #Soekarno #RumahFatmawati #RumahIbuNegaraPerama #MesinJahitMerahPutih #Benderapertama #ExploreBengkulu #wisatasejarahbengkulu #wisatabengkulu #Travel #Traveller #Travelkebengkulu #Travelingkebengkulu #Travelblogger #Travelxism #Infotravelxism #Travelxismdotcom #Infotravel #Travelingseru #KelilingIndonesia #NapakTilasSejarah #NapaktilassejarahdiBengkulu #LiburankeBengkulu #Liburanseru #SejarahIndonesia #WisatasejarahIndonesia

0 views