Bikin Rileks! 5 Pemandian Air Panas di Indonesia



Keberadaan air panas nampaknya sudah menjadi kebutuhan ya travelovers. Setiap berpergian dan menginap di penginapan, biasanya yang dicari adalah air panas untuk mandi. Memang tidak dipungkiri bahwa keberadaan air panas dapat meregangkan otot dan memberikan sensasi rileks bagi tubuh yang lelah setelah berkeliling.


Berendam air panas di bathtub mungkin sudah menjadi sesuatu yang biasa ya travelovers. Tapi bagaimana dengan berendam di air panas alami dengan alam sebagai pemandangan utama? Wah kebayang kan sensasi rileksnya gimana? Nah, Indonesia punya nih travelovers tempat pemandian air panas alami yang luar biasa. Apa saja? Berikut TRAVELXISM kasih daftar pemandian yang wajib travelovers kunjungi.


Hot Spring Banjar Bali


Hot Spring Bali berpadu dengan tenangnya alam

Foto: Villa Bossi Bali

Selain berkunjung ke pantai, travelovers juga tidak boleh melewatkan berkunjung ke Hot Spring Banjar. Terletak di Banjar, Buleleng, Bali mata air panas ini memberikan akan memberikan sensasi rekreasi tidak terlupakan. Kandungan sulfur sebanyak 26% memberikan pengalaman terapi yang luar biasa menenangkan.


Memasuki gerbang utama, sensasi alam dan pedesaan akan sangat terasa. Sebuah jembatan dengan sungai akan menyambut saat kaki memijakkan kaki di gerbang ini. Masuk lebih jauh, kalian akan melihat kolam-kolam air panas. Setelah melewati anak tangga, kolam-kolam kecil pertama dengan banyak pancuran dapat dilihat dengan mudah. Hot Spring banjar ini terdiri dari tiga bagian kolam renang utama, dengan yang terbesar berada di sebelah selatan.


Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Bogor


Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Bogor berada di ketinggian yang tenang

Foto: Blog Airyrooms

Selain Bandung, Jawa Barat juga memiliki destinasi pemandian yang terkenal dengan lukisan alamnya yang berada di Bogor. Dibangun pada tahun 1990, taman wisata ini menawarkan konsep wisata alam yang menghangatkan dengan membangun taman dan kolam air panas. Sumber air panas di sini disinyair berasal dari Bukit Kapur yang mengandung senyawa belerang yang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit. Wah, mkanya banyak wisatawan yang datang ya travelovers.


Oh iya, kolam pemandian di taman wisata ini terletak di atas bukit lho dan terdapat dua tipe, untuk umum dan VIP. Jadi untuk bisa sampai di kolam pemandian air panas, kalian harus berjalan naik terlebih dahulu. Pas banget ya travelovers, ibaratnya kolam di Taman Wisata Air Panas Tirta Sanita Bogor ini adalah solusi melepas penat saat naik bukit dengan bonus pemandangan.


Air Panas Ciater Subang


Suasana alami di Air Panas Ciater

Foto: Pergi Dulu

Masih di Jawa Barat ya travelovers. Sumber air panas selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai destinasi refleksi adalah Sumber Air Panas Sari Ater Ciater Subang. Sama dengan air panas di Tirta Sanita, kolam pemandian di sini juga dibagi menjadi dua, untuk umum dan privat. Bagi travelovers yang suka dengan pemandian ramai, maka kalian bisa masuk di kolam yang umum, tapi kalau kalian butuh ketenangan, maka pemadian privat rasanya cocok dengan itu. Kolam pemandian ini sudah agak sedikit modern, namun kalau kalian ingin merasakan refleksi dengan suasana yang tenang dan bonus pemandangan, kolam yang khusus agaknya lebih cocok.


Maribaya Hot Spring, Lembang


Isimewa, pemandian air panas Lembang Bandung

Foto: Traveling Yuk

Sepertinya Jawa Barat memang memiliki banyak kolam air panas ya travelovers. Masih berputar di Jawa Barat, tepatnya di Bandung, lokasi pemandian air panas selanjutnya adalah Maribaya Hot Spring.


Memasuki kawasan pemandian ini, kalian akan disambut dengan sejuknya suasana bandung, dipadu dengan rimbun dan hijaunya pepohonan hutan yang khas. Pemandian ini baru direnovasi sehingga menjadi lebih modern, namun tetap mempertahankan nuansa alami yang asli. Memasuki kolam pemandian, kalian seolah di bawa ke Jepang travelovers, sebab kolam pemandian ini mirip dengan Onsen di Jepang. Wah keren sekali bukan.


Air Panas Sipoholon Tapanuli Utara


Air Panas di alam Tapanuli

Foto: Pariwisata Sumut

Sumber air panas tidak hanya mendominasi Jawa ya travelovers. Tapanuli Utara juga punya sumber pemandian air panas yang katanya mirip dengan Pamukkale di Turki. Wah, penasaran ya sama indahnya.


Berada di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon, Tapanuli Utara, pemandian Air Panas Sipopholon konon merupakan hasil letusan Gunung Martimbang. Layaknya pemandian alami lainnya yang mengandung belerang, kandungan belerang pada pemandian ini katanya dapat mengatasi penyakit kulit dan menghaluskan kulit lho travelovers.


Dikelilingi perbukitan kapur berwarna putih, semakin menambah nilai keindahan, sehingga membuat nyaman. Apalagi ditambah dengan aliran air panasnya bersuhu sekitar 40-70 derajat celcius yang cocok untuk relaksasi, wahh jadi semakin nyaman nih travelovers.

Itu dia lima pemandian air panas yang bisa dijadikan referensi ya travelovers. Kesibukan kota kadang membuat otot jadi tegang kan ya. Jadi, melepas penat dengan berendam di air panas bisa jadi pilihan untuk refleksi dan meregangkan otot. Mari berendam! /Ajeng/


#Pemandian #Airpanas #PemandianAirpanas #Bandung #Subang #Bali #Tapanuli #HotSpringBanjarBali #TirtaSanitaBogor #MaribayaHotSpringLembang #Lembang #AirpanasSipoholonTapanuli #AirpanasCiaterSubang #PemandianIndonesia #IndonesianHotSpring #AmazingIndonesia #VisitIndonesia #VisitBandung #VisitBali #VisitLembang #PesonaalamIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #travelxism #travelxismdotcom #traveler #travelersnotebook #travelovers #travelingram #traveltheworld #travelphotography#travelblogging #travelvlog #travelvlogger #traveling #travelling#traveller #travelers #travellers #instatravel #instatraveling#instatraveler #instatravelgram #instatravelblogger #travelbloggers #travelblog #travel

157 views