Blue Fire Primadona di Kawah Ijen



Banyuwangi memang tidak habis-habisnya menunjukkan keindahannya. Selain berbagai festival yang rutin diadakan setiap tahun, keindahan alam Banyuwangi juga tidak pernah mengecewakan. Salah satunya adalah Kawah Ijen yang menjadi destinasi favorit kalau ke Banyuwangi.


Kawah Ijen ini merupakan salah satu bagian dari Gunung Ijen, salah satu gunung merapi yang masih aktif di Indonesia. Pegunungan ini terlatak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Kawah ijen ini sangat terkenal tidak hanya di Indonesia saja lho travelovers, tapi juga di mancanegara. Sebenarnya ada apa sih di Kawah Ijen ini? Berikut hasil penelusuran TRAVELXISM untuk Travelovers!


Kaldera Terbesar di Jawa


Kaldera Kawah Ijen

Foto: Indonesia Kaya


Kaldera Kawah Ijen pertama kali ditemukan pada 1941. Kaldera ini terbentk akibat letusan yang terjadi berpuluh-puluh tahun silam sehingga membentuk cekungan yang cukup besar di kawasan Gunung Ijen. Sekarang Kaldera Ijen menjadi kaldera terluas di Jawa dengan kedalaman hampir 200 meter dan luas 20 kilometer.


Nah, Kawah Ijen ini berada di dalam kaldera ini travelovers. Letaknya berada di kedalaman lebih dari 300 meter dari dinding kaldera bawah. Yang menarik dari Kaldera di Kawah Ijen ini adalah warna air di dalamnya. Saat travelovers berkunjung ke sana kalian akan melihat air di dalam kaldera yang berwarna hijau tosca. Ini merupakan campuran dari belerang dan air panas yang melebur menjadi warna yang cantik.


Danau Asam terbesar


Danau Asam Ijen

Foto: Indonesia Kaya


Selain memiliki kaldera yang paling luas, Kawah Ijen ini juga memiliki danau terbesar lho travelovers. Tapi bukan danau air seperti pada umumnya, melainkan danau asam. Kandungan asam yang tinggi dalam danau tosca tersebut membuat danau tersebut bisa melarutkan apa saja termasuk manusia. Menurut beberapa penelitian, tingkat keasaman air dalam danau tersebut mencapai 0. Wah harus ekstra hati-hati saat melihat keindahan danau yang satu ini ya travelovers supaya tidak terpeleset dan jatuh ke dalam danau.


Satu Dari Dua Blue Fire di Dunia


Fenomena Blue Fire Kawah Ijen

Foto: Pesona Travel


Salah satu hal yang paling dinanti dan diburu para pendaki Kawah Ijen adalah Fenomena Gas Biru atau Blue Fire yang mendunia. Blue Fire ini merupakan fenomena gas belerang menyembur dari celah-celah bebatuan. Suhu dari gas ini sekitar 600 derajat celcius dan bertemu dengan udara sekitar sehingga membuatnya berwarna biru. Karena bentuknya gas bertekanan tinggi, maka saat dilihat akan terlihat seperti api yang menyembur. Jadi jelas ini bukan api ya travelovers.


Nah, primadona ijen ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, tapi juga dunia. Hal ini karena fenomena Blue Fire ini hanya ada dua di dunia. Blue Fire di Islandia dan Kawah Ijen Indonesia. Jadi tidak heran kalau banyak yang ingin menyaksikan fenomena luar biasa ini.


Tambang Belerang Tradisional


Penambang belerang tradisional

Foto: Indonesia Kaya


Nah Travelovers, semakin malam kecantikan Kawah Ijen biasanya makin terpancar dan suasana di sana akan ramai oleh pendaki. Namun, saat siang hari kesibukan juga melanda kawasan ini. Kawah Ijen ini erat kaitanya dengan belerang yang akhirnya membuat masyarakat sekitar menjadi penambang belerang. Oleh karenanya di Kawah Ijen ini juga ramai dengan aktivitas pertambangan tradisional.


Setidaknya ada 200 penambang tradisional belerang yang hampir setiap hari masih memangkul lempengan belerang menggunakan alat seadanya di kawasan ini. Mereka naik turun dan menyebrang Kawah Ijen hanya untuk mengambil belerang. Jadi, pemandangan para penambang belerang ini akan sering kalian hampiri saat mendaki Kawah Ijen. Tenang, mereka sangat ramah dan baik kok.


Nah, itulah Kawah Ijen, gunung aktif setinggi 2.444 mdpl yang menjadi primadona para pendaki karena Blue Fire yang dimiliki. Untuk menikmati keindahan Kawah Ijen ini kalian perlu mendaki sekitar 2 sampai 3 jam. Jadi, kesiapan fisik dan stamina sangat penting ya. Selamat Mendaki bersama Tim TRAVELXISM! /Ajeng/



#Banyuwangi #JawaTimur #EastJava #AyokeBanyuwangi #BlueFire #NaturalBluefire #KawahIjen #Ijen #IjenMauntain #GunungIjen #VisitBanyuwangi #AmzingBanyuwangi #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaTravel #BanyuwangiTourism #BanyuwangiBlueFire #TravelBanyuwangi #Primadona #KawahIjenPrimadona #Travel #Travelovers #Travellers #InfoBanyuwangi #WistaBanyuwangi #MariMendaki #TravelingYuk #MendakiYuk #Hiking #TourdeBanyuwangi #TraveltoBanyuwangi #Travelovers #Travelism #InfoWisataBanyuwangi #InfoWisata #BanyuwangiHits #FestivalKebudayaanBanyuwangi #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

179 views