Selain Potensi Pariwisata, Ini Dia 5 Daerah Penghasil Mutiara Terbaik di Indonesia!

Indonesia merupakan negara dengan laut yang luas, kekayaan alam baharinya bukan hanya seputar ikan lautnya saja, tetapi mutiara yang dijadikan perhiasan sangat banyak juga dihasilkan dari perairan Indonesia. Indonesia menjadi penghasil mutiara terbesar dan terbaik di dunia tidak bisa dipungkiri betapa kayanya kekayaan alam bahari Indonesia. Travelxism akan membahas mengenai daerah-daerah penghasil mutiara terbaik di Indonesia yang telah diakui kualitasnya oleh dunia, daerah-daerah ini bukan hanya sebagai penghasil mutiara terbaik tetapi juga memiliki destinasi wisata yang cantik.


1. Provinsi Papua Barat

Papua memang benar-benar permata dan mutiara bagi Indonesia. Tepatnya di Raja Ampat, Papua Barat, disinilah salah satu mutiara dibudayakan. Bukan hanya keindahan alamnya yang luar biasa apalagi dengan lautnya yang sudah dikagumi oleh dunia. Raja empat bukan hanya menghasilkan tempat destinasi wisata terbaik tetapi juga menghasilkan hasil laut yang terbaik juga. Mutiara laut selatan atau south sea pearl merupakan mutiara yang dihasilkan di Raja Ampat. Travelovers harus tahu lho kalau mutiara ini merupakan mutiara termahal di dunia. Jadi bukan hanya keindahan akan lautnya saja, Raja Ampat juga kaya akan mutiaranya!


foto: ozip.com.au


2. Nusa Tenggara Barat

Dua pulau terbesar di NTB yaitu pulau Lombok dan pulau Sumbawa merupakan pulau-pulau penghasil mutiara laut selatan yang juga sudah teruji kualitasnya. Saat Travelovers merencanakan liburan ke NTB, dengan destinasi wisata menakjubkan yang dimiliki, Travelovers sepertinya harus menyisipkan rencana liburan untuk mengunjungi tempat pembuatan dan pengembangbiakan mutiara di NTB. Salah satunya Travelovers bisa mendatangi kantor LIPI yang dekat dengan kawasatan wisata Gili trawangan. Bila datang di musim panen, wisatawan dapat ikut mempratikkan langsung cara membuka kerang. Travelovers juga bisa datang ke kampung Sekarbela yang berada 4 Kilometer dari pusat Kota Mataram, di Kelurahan Karang Pule. Disini Travelovers bisa melihat banyak pengerajin perhiasan dan menyaksikkan mereka, dan Travelovers juga bisa membeli dan memesan lho.

foto : travel.kompas.com


3. Buleleng, Bali

Salah satu kabupaten yang terluas di Bali, yaitu kabupaten Buleleng, rupanya menjadi salah satu produsen mutiara dengan kualitas yang terbaik di Indonesia. Buleleng mungkin bukan wilayah pariwisata yang sering terdengar oleh para Travelovers, tapi jangan salah walupun tidak terlalu menggaung destinasi wisatanya tidak kalah dengan Bali Utara. Jika Travelovers ke Taman Nasional Bali Barat, maka travelovers pasti tidak akan mau pulang deh, saking terpesona akan indahnya. Bukan hanya keindahan bawah lautnya saja yang bagus untuk diamati di Buleleng, Buleleng sebelah barat tepatnya di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak ada sentra pembudidayaan mutiara lho Travelovers.


foto: bulelengkab.go.id

Kecamatan Gerogak

4. NTT

Wah, saat ini wisata di NTT sedang tren karena eksotisme pemandangan yang ditawarkan sangat luar biasa. NTT memiliki nilai tambah lagi dengan adanya fakta bahwa NTT merupakan salah satu daerah penghasil mutara laut selatan. Bukan hanya objek wisata yang menarik, tetapi hasil lautnya juga sangat menggoda. Di Nusa Tenggara Timur, budidaya mutiara terdapat di beberapa kota, di antaranya Maumere, Alor, Kupang, dan Labuan Bajo. Nah terlihat kan betapa NTT sangat berpotensi untuk memajukan Indonesia.


foto: news.kkp.go.id


5. Maluku Selatan

Provinsi Maluku Selatan, tepatnya berada di wilayah Aru, Seram, dan daerah Banda merupakan daerah pengahsil mutiara terbaik di Indonesia. Salah satu wilayah yang terkenal adalah Kepulauan Aru. Kepulauan Aru bahkan memiliki sebutan “Nusa Mutiara” lho Travelovers. Istilah ini bukan tanpa alasan. Istilah ini diberikan karena kepulauan Aru merupakan salah satu wilayah penghasil mutiara terbaik di Indonesia, bahkan dahulu di Kepulauan Aru untuk mencari mutiara hanya tinggal menyelam ke dalam laut loh. Selain itu, hasil mutiara di Kepulauan Aru bukan hanya dikenal di Indonesia tetapi juga di luar negeri.


foto: mongabay.co.id


Travelovers harus bangga sama Indonesia, Negara dengan berbagai macam kejutan di dalamnya. Lima destinasi yang dijabarkan bukan hanya pemandangannya yang super indah dengan berjuta pesona, tetapi rupaya juga menghasilkan sesuatu yang bisa membanganggakan Indonesia di luar negeri dan juga membantu perekonomian masyarakat setempat. Mutiara! Ayo kita koleksi mutiara!


#PapuaBarat #RajaAmpat #NusaTenggaraBarat #Lombok #KOtaMataram #GiliTrawangan #Buleleng #Bali #Gerogak #NusaTenggaraTimur #Maumere #Alor #Kupang #LabuanBajo #MalukuSelatan #KepulauanAru #Seram #Banda #PenghasilMutiara #MutiaraLautSelatan ##southseapearl #Traveling #Travell #TravelIndonesia #TravelingIndonesia #Travelbloger #TravelInstagram #TravelingIndonesia #AroundIndonesia #KelilingIndonesia #Travelxism #InfoTravel #InfoTraveling #InfoTravelingIndonesia #IndonesianSea #BlueOceanIndonesia #Travelovers #TravelxismDotCom #PesonaLautIndonesia #PesonaIndonesia #VisitIndonesia #WonderfulIndonesia

0 views