Desa Giethoorn, Negeri Dongeng Ala Belanda


Siapa sih yang tidak ingin berkunjung ke negeri dongeng? Sebagian dari kita pasti memimpikannya ya travelovers waktu kecil. Nah, sekarang berkunjung ke negeri dongeng nampaknya bisa menjadi kenyataan. Travelovers tidak perlu sampai terbang ke negeri atas awan, cukup dengan terbang ke Belanda kalian bisa menemukan negeri dongeng impian.


Adalah Giethoorn, sebuah Desa di Provinsi Overijssel, Belanda. Giethoorn merupakan salah satu destinasi wisata yang mulai dilirik karena pesona alamnya. Tidak hanya cantik, desa ini juga sangat bersih. Bahkan desa ini sempat mendapatkan predikat sebagai desa terbersih di Dunia sebab tidak ada polusi di sini. Wah keren banget nggak sih travelovers? Penasaran kan dengan rupa dari desa ini? Tenang, segera pasang sabuk pengaman, karena TRAVELXISM akan mengajak kalian semua untuk terbang ke Belanda.


The Venice of The Netherlands


Kanal kecil di sepanjang desa yang mirip dengan Venice

Foto: Smith Sonian Mag

Dibangun pada tahun 1230, Giethoorn merupakan desa wisata di Belanda yang dijuluki Venice of Netherland. Julukan tersebut dikarenakan tidak ada akses darat di desa ini. Hanya kanal air bercabang dengan aliran sungai – sungai kecil yang mengitari seluruh desa. Jadi, yang bisa melintas hanya perahu atau gondola layaknya di Venice nih travelovers.


Konon, air yang mengelilingi desa itu berawal dari banjir besar pada tahun 1170. Setelah hancur karena banjir, pada tahun 1230 seorang buronan Mediterania datang untuk menetap di sini. Nah, pada saat itu desa ini mulai kembali dikembangkan travelovers. Mereka mulai membangun dan menata ulang desa kecil ini sehingga menjadi tempat layak huni dan indah, seperti sekarang.


Bak Negeri Dongeng


Perpaduan bunga yang berwarna-warni, rumah tradisional, dan cuaca yang indah seperti di negeri dongeng

Foto: Business Insider

Bukan tanpa alasan desa ini terlihat seperti negeri dongeng, pasalnya pesona asri, warna-warni bunga, dan bangunan-bangunan tua ala eropa yang menjadi pesona utama, akan segera tavelovers temui ketika memasuki desa. Di setiap kanan kiri kanal pasti terdapat warna-warni bunga yang memanjakan mata. Suasana romantis ketika memasuki desa ini akan begitu terasa. Apalagi jika ditambah dengan mengelilingi desa naik perahu diatas tenangnya air kanal dan indahnya bunga-bunga mekar. Wah kebayang nggak suasana romantisnya travelovers?


Tidak Ada Jalan Setapak


Jembatan-jembatan yang menjadi penghubung utama

Foto: Business Insider

Karena terdiri dari kanal-kanal air, maka tidak ada jalan setapak di desa ini travelovers. Tapi tenang, kalian tetap bisa menyeberang dari satu kompleks ke kompleks lain. Karena di sini ada sekitar 176 jembatan yang bisa digunakan untuk menyebrang. Jadi kalian tetap bisa menikmati indahnya dan sejuknya udara Desa Giethoorn dengan berjalan kaki.


Perahu Sebagai Transportasi Utama


Perahu sebagai transportasi utama

Foto: Holland

Selain menikmati desa dengan berjalan kaki, kalian juga bisa merasakan romantime berkeliling desa dengan menggunakan perahu kayu yang selalu siap siaga di tepi kanal. Karena dikellilingi air, maka perahu kayu menjadi sarana transportasi utama di desa. Jadi, untuk berkunjung dari kompleks satu ke kompleks lain warga hanya bisa menggunakan perahu kayu tersebut, pun halnya dengan wisatawan yang datang. Jadi, bagi para wisatawan yang membawa mobil, harus diparkir jauh di luar desa.


Winter River Skating


Keseruan di kanal Desa Giethoorn yang beku saat musim dingin

Foto: Business Insider

Saat musim semi, musim panas, dan musim gugur pemandangan di Desa Glethoorn ini tentu tidak perlu diragukan. Lantas bagaimana dengan musim dingin? Tentu tidak sewarna-warni saat musim yang lain ya travelovers, sebab bunga tidak bermekaran di musim dingin. Tapi, saat musim dingin datang kalian tetap bisa berkunjung ke desa ini. Karena setiap musim dingin tiba, kanal-kanal desa akan membeku dan menjadi arena ice sketing. Akan banyak wisatawan yang berkujung untuk menikmati asiknya bermain sketing di kanal beku travelovers. Dijamin seru pokoknya.


Gimana tertarik untuk berwisata ke sana? Desa Giethoorn ini memang salah satu kawasan di Belanda Timur yang cantik dan menawan. Jadi sayang untuk dilewatkan. Nah, kalau travelovers ingin lebih merasakan sensasi Netherland, kalian bisa mencoba menginap di beberapa rumah di desa ini. Kalian juga bisa merasakan kuliner Belanda di restoran yang dikelola oleh penduduk setempat. Lengkap bukan? Jadi tunggu apa lagi? Segera atur jadwal dan mari kita terbang ke Belanda! /Ajeng/


#Giethoorn #Overijssel #Holland #Belanda #Netherland #VisitGiethoorn #VisitHolland #VisitNetherland #NegeriDongengBelanda #Fairytaletourism #Fairytaletourisminholland #AmazingHolland #Flower #IcesketinginHoland #KanalBelanda #DesaGiethoornBelanda #Wisatanegeridongeng #Naikperahu #WisataPerahu #Wisatagondola #Veniceofnetherland #InfowisataBelanda #Travel #Traveller #Travelbloger #Travelblogger #Travellinglovers #TourinEurope #Tour #TourinHolland #onedayinGiethoorn #InfoTravelHolland #AmazingGiethoorn #TravelinginHolland #Travelling #ExploreGiethoorn #ExploreHolland #HollandTourism #GiethoornTourism #Travelxism #InfoTravelxism #InfoTravel #TravelxismDotCom

166 views