FAKTA BITUNG, Surga Wisata Selam dan Hutan



Setelah kemarin Travelxism mampir ke Banjarmasin untuk makan, Travelxism kembali melanjutkan perjalanan keliling Indonesia nih travelovers. Dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Travelxism akan singgah sebentar di Sulawesi Utara, tepatnya di Bitung. Kota Bitung ini adalah pemegang kunci perdagangan laut di Sulawesi Utara lho travelovers. Lokasinya yang langsung menghadap samudera, membuat pelabuhan Bitung kerap dijadikan sebagai sandaran kapal lintas negara. Maka, tidak heran kalau pelabuhan terbesar se-Sulawesi Utara itu akhirnya menjadi pelabuhan Internasioanal travelovers.


Nah, ada pelabuhan, berarti ada laut dengan segala kekayaan di dalamnya dong. Bagi travelovers yang gemar dengan wisata air, Travelxism sangat merekomendasikan Bitung untuk masuk bucket list perjalanan kalian. Bahkan tidak hanya laut yang ditawarkan, Bitung juga menawarkan wisata alam pegunungan dan hutan. Wah, lengkap kan travelovers. Bosan ke laut, kita lari ke gunung!


Hilir Mudik Kapal di Pelabuhan Bitung


Sebuah Kapal Pesiar Terlihat Bersandar di Pelabuhan

foto: Pesona Travel

Tiba di Pelabuhan Bitung, travelovers akan segera dimanjakan dengan birunya air laut. Hilir mudik kapal menjadi pemandangan pasti di atas permukaan laut Bitung. Terhubung langsung dengan samudera Pasifik membuat pelabuhan tersebut selalu sibuk. Berbagai jenis kapal sering bersandar di pelabuhan. Barisan kapal sandar tidak jarang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatwan yang datang. Perpaduan antara sinar matahari yang cerah dengan deretan kapal akan menjadi jepretan yang ciamik nih travelovers. Cocok sekali untuk para pecinta fotografi! Dari pelabuhan, kita melangkah ke Selat Lembeh.


Menyelami Indahnya Selat Lembeh


Hasil jepretan biota bawah Selat Lembeh

foto: Manado Baswara

Memisahkan dataran Sulawesi dan Pulau Lembeh, selat ini menjadi salah satu destinasi menyelam favorit para diver lho travelovers. Selat sepanjang 16 kilometer ini memiliki hampir 95 titik selam yang diburu oleh para pecinta alam bawah laut. Tidak hanya anemon, ikan warna-warni dan batu karang yang ditemukan di selat tersebut. Konon selat ini juga terkenal sebagai surga fotografi bawah laut. Sebab di bawah selat ini akan ditemukan banyak dijumpai biota langka yang berukuran kecil seperti ikan Mimic Octopus.


Festival Selat Lembeh


Pawai Festival Selat Lembeh 2016

foto: Suara Sulut News

Selain kaya akan biota laut, Selat Lembeh juga terkenal dengan Festival Selat Lembehnya. Terhitung sudah tiga tahun berjalan dan festival tersebut selalu mendapatkan banyak perhatian. Banyak wisatawan yang datang untuk meramaiakan festival tersebut. Berbagai kegiatan kelautan seperti sailing pass, coral plantation, festival kuliner laut diselenggarakan di sana. Tentunya masih banyak kegiatan lain yang juga tidak kalah seru di sana. Nah, tahun ini, recananya Festival Selat Lembeh akan dilaksanakan di Satkamla, Kecamatan Aertembaga Kota Bitung. Acaranya akan digelar selama tiga hari yakni mulai 6 sampai 10 Oktober 2019. Jangan lupa catat tanggalnya dan segera pesan tiket yuk travelovers.


Hutan Taman Wisata Alam Batu Putih


Penghuni Hutan Taman Wisata Alam Batu Putih

foto: Sepasang Sapatu Hidup

Bosan ke hutan? Kita lari ke gunung dulu yuk travelovers. Berada di ketinggian 200 mdpl, Hutan Taman Wisata Alam Batu Putih sering menjadi sasaran wisatawan lokal maupun mancanegara. Hutan ini masih berada satu kawasan dengan Taman Nasional Tangkoko travelovers, jadi kawasan ini sangat amat luas.


Akses ke sana juga cukup mudah, dari pusat kota Manado travelovers bisa menyewa mobil. Jaraknya hanya 60 km atau sekitar 2,5 jam saja. Nah, selain dijadikan sebagai tempat pendakian, hutan yang satu ini juga sering didatangi oleh peneliti untuk melihat vegetasi flora dan faunanya. Bahkan beberapa peneliti asing juga sempat datang untuk melihat migrasi burung dari Australia. Jika travelovers beruntung, kalian juga bisa menyaksikan fenomena alam tersebut. Pasti keren kan travelovers.


Dan itu dia beberapa keindahan yang bisa di jelajahi di Bitung. Sebagai bagian dari wisata bahari Bitung memang terkenal dengan kekayaan perairannya travelovers. Tapi di sana juga terdapat gunung, hutan, monument, dan pelabuhan yang bisa di-explore lebih dalam. Kalau travelovers berencana ke sana, Travelxism menyarankan untuk ke sana pada bulan Oktober. Karena waktu terbaik berkujung ke Bitung adalah saat bebarengan dengan Festival Selat Lembeh. Jadi, catat tanggalnya dan selamat berlayar. /Ajeng/



#Bitung #SulawesiUtara #Indonesia #Asia #InternationalPort #PelabuhanBitung #SelatLembeh #Selat #Diving #BiotaLaut #Festival #FestivalSelat #FestivalSelatLembeh #FAKTABITUNG #SurgaWisataSelamdanHutan #FAKTABITUNGSurgaWisataSelamdanHutan #Selam #Hutan #TamanNasionalTangkoko #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #AlamIndonesia #WisataalamIndonesia #Fotogrfer #BiotaLaut #Biota #Flora #Fauna #Berlayar #SailorBitung #Travelxism #Travelovers #Infotravelxism #Travelxismdotcom #TravelIndonesia #Traveler #Travelbloger #VisitBitung #Visitndonesia #VisitSulawesiUtara #BerlayarkeBitung #MenyelamdiBitung #SurgaDiving #SurgaSelam #SurgaSelamIndonesia

0 views