Fakta Desa Mawlynnong India! Satu dari 3 Desa Terbersih Di Dunia



Beberapa waktu lalu TRAVELXISM sempat mengulas tentang tiga desa terbersih di dunia. Sebelum itu, TRAVELXISM juga sudah mengulas lebih dalam tentang desa terbersih pertama dan ketiga, yakni Desa Giethoorn Belanda dan Desa Panglipuran Bali. Nah travelovers, top three desa terbersih di dunia ini tidak akan lengkap tanpa ulasan tentang Desa Mawlynnong India. Maka mari kita kupas tuntas desa terbersih kedua ini.


Sudah menjadi perbincangan umum bahwa India selalu mendapatkan stereotype sebagai desa yang kotor dan kumuh. Namun sepertinya statement tersebut akan terpatahkan ketika travelovers melihat Desa Mawlynnong, salah satu desa di bagian timur India. Sebenarnya desa ini tidak ada bedanya dengan desa lain di India, hanya desa ini sangat amat bersih sekali.


Desa Terbersih Kedua di Dunia


Papan Selamat Datang Desa Mawlynnong

Foto: Tampang

Predikat terbersih kedua memang sepertinya layak disandang oleh desa ini. Bagaimana tidak travelovers, setiap mata memandang tidak ada sampah yang mengotori desa. Sepanjang jalan setapak desa hanya ada deretan taman bunga yang tumbuh rimbun. Selain itu, desa yang dihuni oleh sekitar 600 Suku Khasi ini melarang keras warganya untuk membuang sampah sembarangan, dan aturan itu sudah menjadi pegangan sejak 130 tahun lalu. Wah sudah turun temurun nih travelovers.


Upaya Mengentikan Wabah Kolera


Warga Desa Mawlynnong rajin kerjabakti

Foto: The Better India

Nah travelovers, usut punya usut rutinitas bersih-bersih berawal dari inisiator seorang pendeta yang berpesan kepada masyarakat untuk hidup bersih agar terhindar dari wabah kolera. Konon wabah kolera di Mawlynnong India ini sangat parah. pengobatan dan bantuan tim medis pun sangat minim dan tidak memadai. Kemudian ditengah wabah, seorang pendeta berpesan untuk selalu menjaga kesehatan badan, makanan, rumah, dan lingkungan agar terhindar dari penyakit kolera.


Seketika warga pun menuruti perkataan pendeta tersebut dan memulai hidup bersih. Dengan segenap kemampuan dan harapan sembuh dari wabah, warga pun membersihkan lingkungan dan rumah mereka. Lama kelamaan kegiatan tersebut menjadi budaya dan sudah turun temurun dilakukan sejak 130 tahun yang lalu. Wah, luar biasa berdampak ya travelovers. Ternyata sebuah musibah bisa berubah menjadi berkah ya.


Kebersihan Adalah Misi Utama


Tempat sampah di setiap sudut desa

Foto: Daily News For Traveler

Menyandang gelar desa terbersih, maka misi utama mereka tentu menjaga kebersihan. Hal ini bahkan dilakukan tidak hanya oleh orang tua. Penduduk desa, baik yang muda, lansia, dan anak-anak selalu bahu membahu menjaga kebersihan desa. Bahkan beberapa relawan juga turut membersihkan desa secara berkala. Memang bersih-bersih adalah budaya dan sepertinya sudah mendarah daging ya travelovers.


Melarang Kegiatan Wisata


Senyum bahagia anak-anak Desa Mawlynnong

Foto: Flickr

Travelovers tahu ngga sih, awalnya desa ini tidak mau membuka diri terhadap wisatawan lho. Karena menurut mereka kedatangan wisatawan hanya akan merusak desa yang sudah mereka rawat sejak lama ini. Namun, pada tahun 2003 Desa Mawlynnong India mulai membuka diri dengan kedatangan wisatawan. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 250 wisatawan selalu berdatangan setiap hari, sehingga tidak lama setelah pembukaan desa untuk wisata, desa ini menjadi terkenal.


Tapi, saking banyaknya wisatawan yang datang, agaknya warga mulai merasa terganggu ya travelovers. Seorang mantan pejabat Forum Pengembangan Wisata Meghalaya, Deepak Laloo mengatakan bahwa warga merasa bising dengan kedatangan wisatawan yang banyak. Mereka juga merasa privasi mereka agak terganggu. Sehingga Deepak Laloo berharap kedtangan wisatawan bisa dibatasi demi kenyamanan warga. Memang segala sesuatu yang terlalu banyak itu tidak baik ya travelovers.


Itu dia fakta desa terbersih kedua di dunia. Kebersihan adalah kunci keberhasilan desa ini travelovers. Mungkin bagi warga Desa Mawlynnong ini kebersihan merupakan warisan dan tradisi turun temurun yang harus selalu lestari. Jadi, tunggu apalagi? Mari berkunjung ke sisi lain India sebelum wisatawan di Desa Mawlynnong dibatasi. Selamat mengatur jadwal liburan! /Ajeng/


#DesaMawlynnong #MawlynnongVillage #India #ClenestVillageIndia #VisitIndia #AmazingIndia #desaterbersih #desabersihIndia #Mawlynnong #VisitMawlynnong #travelxism #travelxismdotcom #traveler #travelersnotebook #travelovers #travelingram #traveltheworld #travelphotography #travelblogging #travelvlog #travelvlogger #traveling #travelling #traveller #travelers #travellers #instatravel #instatraveling #instatraveler #instatravelgram #instatravelblogger #travelbloggers #travelblog #travel #Infowisata #WisataIndia #Indiatourism #InfowisataIndia #WonderfulIndia #TourisminIndia #WisataDesa #DesaWisataIndia #TravelinIndia #TourimsaroundIndia

0 views