GO DIGITAL BERSAMA DESA NGLINGGO BARAT


Travelovers, berwisata ke Jogja tidak melulu bisa ke Malioboro, Kraton, atau Gunung Kidul lho. Sekarang kalian bisa juga jalan-jalan ke Kulon Progo. Salah satu wilayah Yogyakarta yang berada di sebelah utara ini ternyata menyimpan sejuta keindahan alam. Salah satu yang paling terkenal adalah Desa Nglinggo Barat yang beberapa waktu lalu menjadi pusat perhatian karena terobosan yang dilakukan. Penasaran? Tenang TRAVELXISM akan mengupas tuntas apa yang membuat Desa Nglinggo Barat ini patut untuk dikunjungi. Berikut hasil penelusuran Tim TRAVELXISM.


Layanan Digital


Kode QR yang dipasang di beberapa sudut Desa Nglinggo

foto: Jogja News

Melihat potensi wisata yang menjamur di Desa Nglinggo Barat maka beberapa waktu lalu Asosiasi Tur dan Agen Perjalanan Indonesia (ASITA) Yogyakarta bersama dengan masyarakat setempat berusaha melakukan digitalisasi terhadap potensi wisata yang ada. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah wisatawan yang datang ke Desa Nglinggo Barat. Digitalisasi dilakukan dengan cara memasang kode QR di beberapa titik. Dengan memindai kode tersebut wisatawan bisa mendapatkan informasi seputar wisata di Desa Nglinggo Barat. Kegiatan layanan digital ini akan sangat memudahkan wisatawan dan penduduk desa.


Nglinggo Barat sendiri memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa ditawarkan ke wisatawan, namun tidak semua orang tahu dan sadar bahwa di desa kecil tersebut terdapat surga wisata. Olah karenanya, digitalisasi ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Desa Nglinggo Barat.


Pariwisata Berbasis Masyarakat


Pertunjukan tari oleh masyarakat desa setempat dalam event Nglinggo Uniquely 2018

foto: Dinpar Kulon Progo

Sampai di Desa Nglinggo Barat, travelovers tidak perlu khawatir akan penginapan dan pemandu wisata. Penduduk desa siap memberikan tempat yang nyaman untuk berteduh dan siap mengantar travelovers kemanapun kalian ingin pergi berkunjung. Selain wisata alam, desa ini juga mengkonsepkan pariwisata berbasis masyarakat. Sehingga wisatawan bisa turut tinggal dan bebaur dalam kehidupan masyarakat Desa Nglinggo. Para wisatawan juga bisa ikut dalam keseharian masyarakat seperti dalam melakukan aktivitas perkebunan, membuat gula aren, atau menyaksikan latihan tari di sanggar tari lokal. Bagi warga desa, pariwisata turut menyumbangkan penghasilan tambahan, namun warga tidak menggantungkan hidup hanya pada sektor pariwisata saja. Karena pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Desa Ngelingo Barat ini, maka sangat cocok rasanya jika desa ini kita kategorikan sebagai salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau suatainable tourism. Betul ngga travelovers?


Paket Wisata Lengkap


Wisata off-road di Desa Wisata Nglinggo

foto: President Post

Sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism, Desa Nglinggo Barat ini juga menyediakan paket wisata lengkap. Selain dapat berwisata dengan warga, kalian juga bisa berwisata alam atau mengikuti paket wisata off-road. Wisata senang-senang ada, wisata yang menantang juga ada. Lengkap bukan? Bosan berwisata dengan warga di keseharian, kalian bisa pergi ke kebun teh dan kopi atau menikmati matahari terbit di Bukit Ngisis. Lengkap sudah perjalanan wisata di Desa Nglinggo ini bukan travelovers?


Nah travelovers, sebagai salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism Desa Nglinggo Barat ini juga tidak lupa selalu menjaga alam. Meski banyak wisatawan yang datang berkunjung, sebisa mungkin mereka tidak merusak alam. Sehingga wisata tetap jalan dan alam juga tetap asri. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo berkunjung ke Desa wisata Nglinggo Barat! /Ajeng/


#Desawisata #DesaWisataJogjakarta #DesaWisataNglinggo #DesaNglinggoBarat #DesaNglinggo #Samigaluh #KulonProgo #Yogyakarta #Jogja #Indonesia #WisataPetikTehNglinggo #WisataPetikTeh #OffroadNglinggo #Offroad #DesaWisataDigital #VisitIndonesia #VisitJogja #ExploreKulonProgo #ExploreJogja #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #KementrianPariwisata #Sustainabletourism #Destinasipariwisataberkelanjutan #Pariwisataberkelanjutan #Infowisata #Infowisataindonesia #Infowisataalamindonesia #Travelxism #Travelxismdotcom #Infotravelxism #Travel #Traveldestination #Travelindonesia #Traveling


324 views