Hanya Ada di Jogjakarta, 5 Jajanan Pasar Enak, Murah Meriah!

Jogjakarta, kota wisata yang selalu membuat siapa saja yang pernah berkunjung merasa “kangen” alias pengen dan pengen terus kembali datang dan berkunjung memang selalu menarik untuk dibahas ya Travelovers. Mulai dari membahas lokasi-lokasi wisatanya yang semakin banyak dan menarik, tradisi dan kebudayaannya yang tetap indah hingga makanan-makanan khas yang nagih banget buat menemani wisata kita.



Nahhh ngomong-ngomong soal makanan khas Jogjakarta nih Travelovers, Tim Travelxism mau berbagi rekomendasi lima jajanan pasar yang wajib banget kalian coba saat kalian berkunjung ke Jogjakarta. Soalnya nih semua makanan ini cuma ada di Jogjakarta dan lokasinya ada di pasar-pasar Jogjakarta aja. Kira-kira ada jajanan apa aja ya? Jangan sampai kelewatan! Yuk langsung kita simak!


1. Sate Kere, Pasar Beringharjo


Jalan-jalan ke Pasar Beringharjo, selain belanja batik dan oleh-oleh khas Jogjakarta, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi kuliner khasnya. Salah satu jajanan yang Tim Travelxism rekomendasikan untuk wajib banget Travelovers cicipi saat berada di Pasar Beringharjo adalah Sate Kere.


Sate Kere terbuat dari bahan baku gajih atau lemak sapi kemudian dipadu dengan bumbu seperti ketumbar, bawang putih, dan bawang merah. Bahan baku gajih membuat sate ini akan menghasilkan banyak asap dan juga aroma yang menggoda selera ketika dibakar.


Untuk Travelovers yang pengen banget mencicipi rasa sate kere yang gurih dan cenderung manis, namun tidak ngendal di tenggorokan ini, kalian bisa menemui banyak pedagang sate kere di emperan Pasar Beringharjo. Harga pertusuknya sekitar Rp 3.000 – Rp 4.000. Sate kere bisa dinikmati dengan lontong atau tanpa lontong, yang tentunya tidak akan mengubah kenikmatan dari sate kere.


2. Jenang, Pasar Lempuyangan


Datang ke Jogjakarta, jika melalui stasiun Lempuyangan, jangan lewatkan kesempatan Travelovers untuk mampir ke Pasar Lempuyangan dan mencicipi jenang legendaris yang menjadi favorit keluarga Kraton Jogjakarta, yaitu jenang olahan Bu Gesti.


Jenang atau kudapan manis khas Jogjakarta ini adalah olahan bubur kental yang terbuat dari tepung beras dan tepung kanji, yang umumnya disajikan dengan kuah santan atau kuah dari gula jawa. Jenang olahan Bu Gesti ini terdapat berbagai jenis, mulai dari jenang sumsum, jenang candil, jenang mutiara, jenang gempol dan beberapa varian lainnya.

Jenang ini akan di sajikan menggunakan daun pisang dilapisi kertas minyak dan dibentuk ala pincuk. Kalau Travelovers ingin mencicipi jenang olahan Bu Gesti, bisa datang ke Pasar Lempuyangan mulai dari pukul 08.00 WIB. Usahakan datang lebih awal ya Travelovers, karena jenangnya cepet banget habis!


3. Kipo, Pasar Kota Gede


Kota Gede ternyata tidak hanya terkenal dengan kerajinan perak nya saja, di sana ada jajanan tradisional murah meriah yang enak banget bernama Kipo. Nama kue ini terdengar lucu, kipo ternyata diambil dari banyaknya orang yang hendak membeli kue tersebut dan bertanya iki opo? (ini apa).


Kipo adalah makanan khas Kota Gede yang terbuat dari bahan ketan yang diisi dengan adonan nangka, kelapa dan gula merah. Adonan kipo dibentuk seukuran ibu jari kemudian dipanggang di atas loyang atau cobek hingga menghasilkan rasa yang manis dan gurih.


Makanan yang bentuk dan warnanya menyerupai petai ini ternyata saat ini sudah cukup sulit untuk ditemui lho Travelovers. Untuk itu, Travelovers, wajib banget mencoba jajanan ini sekaligus untuk melestarikannya ya, harganya juga sangat murah hanya sekitar Rp 2.000 untuk tiga buah kipo lezat. Selamat mencoba!


4. Es Roti Ndeso, Pasar Pundong


Usai jalan-jalan berwisata dengan cuaca yang cukup panas ala Jogjakarta, memang paling enak kalau diiringi dengan minum es. Bosan dengan es yang gitu-gitu aja, Travelovers patut untuk mencoba es roti ndeso yang ada di Pasar Pundong.


Es roti ndeso ini sebenarnya adalah jajanan yang sederhana. Isinya adalah kuah santan dengan rasa manis yang dipadu dengan roti tawar. Sangat sederhana tapi rasanya juara. Soal harga jangan ditanya Travelovers, hanya sekitar Rp 1.000 lho. Murah banget kan?


Walaupun lokasinya cukup jauh dari pusat Kota Jogjakarta yakni di Kecamatan Bantul, namun Pasar Pundong ini tetap jadi rekomendasi Tim Travelxism untuk berburu kuliner karena di sana terdapat banyak jajanan lain yang juga menarik untuk Travelovers coba selain es roti ndeso, ada alen-alen, mie pentil, hingga gethuk pink. Sangat menarik untuk dikunjungi kan?


5. Lupis


Yang terakhir nih, Tim Travelxism mau rekomendasiin jajanan pasar yang belum lama ini jadi semakin viral karena didatangi oleh artis Korea Selatan terkenal yaitu Lee Sung Gi , ya lupis olahan Mbah Satinem. Lokasinya memang tidak tepat berada di pasar, namun Lupis Mbah Satinem ini berada tidak jauh dari Pasar Kranggan.


Lupis adalah jajanan yang terbuat dari ketan dan disiram dengan gula jawa cair. Lupis Mbah Satinem sebelumnya sudah sangat terkenal karena menjadi salah satu kegemaran mantan Presiden ke-2 Indonesia yaitu Bapak Soeharto.



Harga lupis olahan Mbah Satinem satu porsinya berkisar antara Rp 5000 sampai Rp 10.000 saja. Untuk bisa mencicipinya Travelovers bisa datang mulai dari pukul 06.00 – 10.00 WIB. Usahakan datang lebih pagi ya Travelovers, karena antirnya pasti panjang banget, bahkan sampai menggunakan nomor antrian lho!/LISA/


*Travelxism adalah sebuah startup yang mendukung pariwisata berkelanjutan melalui consultant services berupa penyelenggaraan pelatihan, workshop, produksi media promosi (cetak dan digital), sustainable tour package, dan virtual tour*


SUMBER:

F Pertiwi, Ni Luh Made. 2016. Sate Kere, Kuliner Unik di Pasar Beringharjo. Diakses pada 22 Februari 2021 dalam

https://travel.kompas.com/read/2016/03/02/221421127/Sate.Kere.Kuliner.Unik.di.Pasar.Beringharjo

Isti. 2018. Kuliner Enak di Pasar Pundong Jogja, Ada Gethuk Berwarna Pink. Diakses pada 22 Februari 2021 dalam https://travelingyuk.com/kuliner-di-pasar-pundong/88852

Kumparan. 2020. Wisata Kuliner di Pasar Kotagede Yogyakarta, Wajib Coba 5 Jajanan Khasnya. Diakses pada tanggal 22 Februari 2021 dalam https://kumparan.com/kumparantravel/wisata-kuliner-di-pasar-kotagede-yogyakarta-wajib-coba-5-jajanan-khasnya-1uRdeHtEGx7

Lyliana, Lea. 2021. 15 Tempat Kuliner Sekitar Malioboro Yogyakarta, Harganya Mulai Rp 5000-an. Diakses pada 22 Februari 2021 dalam https://www.kompas.com/food/read/2021/01/24/201243175/15-tempat-kuliner-sekitar-malioboro-yogyakarta-harganya-mulai-rp-5000-an?page=all

Padmaratri, Lajeng. 2018. Kuliner Jogja: Mencicipi Jenang Pasar Lempuyangan Favorit Keluarga Kraton. Diakses pada 22 Februari 2021 dalam

https://wisata.harianjogja.com/read/2018/10/31/504/949291/kuliner-jogja-mencicipi-jenang-pasar-lempuyangan-favorit-keluarga-kraton