HEMAT!! Lakukan Ini Saat Berlibur Ke Kepulauan Togean


Foto: Marischa Pridence

Setelah mendaki gunung, wisata budaya, dan jalan-jalan ke luar negeri, ada satu lagi nih travelovers yang belum kita lakukan, yaitu liburan ke pantai. Wahh sepertinya seru. Kali ini Travelxism akan mengajak travelovers untuk menikmati surga di atas perairan Sulawesi, khususnya Sulawesi Tengah. Travelxism akan mengajak Travelovers berkunjung ke Taman Nasional Kepulauan Togean.


Taman Nasional Kepulauan Togean ini merupakan salah satu keajaiban laut yang dimiliki Indonesia lho. Taman ini terletak di Teluk Tomini dan termasuk di dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Gugusan pulau dan keindahan laut yang ditawarkan membuat ingin berkunjung. Hamparan pasir putih, beningnya air laut, terumbu karang dan kehidupan bawah air sudah menyihir banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dijamin travelovers akan ketagihan kalau berkunjung ke tempat ini.


Rute Ke Pulau Togean


Beningnya Laut Togean

Foto: Ferry Rusli

Umumnya perjalanan ke kepualauan ini dilakukan dengan dua pilihan nih travelovers. Kalian bisa lewat Palu atau Gorontalo. Kalau lewat palu kalian harus melakukan perjalanan darat yang cukup menguras kantong dan tenaga. Kalau lewat Gorontalo kalian cukup sekali perjalanan darat dan setelah itu naik kapal.


Nah untuk mengehemat budget, Travelxism sih lebih menyarankan untuk lewat Gorontalo travelovers. Untuk rutenya juga cukup mudah. Dari Bandara Bandara Jalaluddin Gorontalo, travelovers harus menyewa kendaraan untuk sampai ke Pelabuhan Gorontalo yang memakan waktu hanya sekitar satu jam.


Nah, dari pelabuhan, selanjutnya travelovers masih harus melanjutkan perjalanan dengan Kapal Feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean. Menurut jadwal kapal ini hanya berangkat pada Selasa dan Jumat sekitar pukul 18.00 WITA dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 12 jam. Ini termasuk rute yang cukup murah karena untuk naik kapal tersebut travelovers hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 300.000 rupiah saja.


Menginap di Pulau Katupat


Jembatan Papan di Pulau Papan

Foto: Togean Island

Dari segi pemandangan, Kepulauan Togean memang sangat mewah. Tapi travelovers tidak perlu khawatir kalau penginapannya masih cukup affordable kok travelovers. Di beberapa pulau masih terdapat penginapan yang murah dengan fasilitas yang memadai pastinya. Salah satunya di Pulau Katupat. Di sana travelovers masih bisa menemukan penginapan dengan harga 200-250 rupiah permalam. Sudah termasuk makan tiga kali dan fasilitas kamar yang cukup lengkap.


Beberapa penginapan di Pulau Katupat biasanya terletak di tepi pantai, jadi sudah murah, travelovers juga dapat bonus tambahan berupa pemandangan. Selain itu Pulau Ketupat ini hanya 30 menit dari Wakai, jadi akses untuk ke manapun cukup mudah. Sedikit tambahan juga travelovers, penginapan di Kepualauan Togean rata-rata dihitung perkepala ya.


Atau kalau travelovers ingin lebih hemat lagi, kalian bisa menginap di Pulau Poyalisa. Harga penginapannya hanya sekitar 150-200 ribu. Harga tersebut sudah lengkap dengan paket snorkeling lho. Murah sekali kan travelovers.


Keliling Kepualaun Togean


Nampak Atas Pulau Papan

Foto: Like Sulteng

Nah, karena akomodasi perjalanan dan penginapan sudah ditekan, maka uang yang tersisa bisa dialokasikan untuk mengeksplore Kepulauan Togean dalam berbagai kegiatan. Kegiatan yang bisa di lakukan di sana cukup banyak travelovers. Layaknya kegiatan pantai lainnya, kalian bisa snorkeling, diving, atau canoeing. Bagi yang suka dengan pemandangan alam bawah laut, datang ke Pulau Togean adalah pilihan yang tepat. Di dasar laut kalian bisa melihat 262 spesies karang, 596 spesies ikan, dan puluhan jenis binatang laut lainnya yang bisa memanjakan mata.


California Reef di Laut Togean

Foto: Togean Journey

Untuk yang suka dengan suasana yang intimate dengan alam sekitar, kalian bisa menyewa cano. Atau, travelovers bisa menyewa perahu untuk berkeliling pulau. Biasanya terdapat perahu milik warga sekitar yang disewakan. Tarifnya pun cukup murah. Travelovers cukup membayar Rp. 550.000 untuk satu hari sewa perahu dengan kapasitas delapan orang. Lumayan kan travelovers harganya bisa dibagi delapan orang. Nah, rutenya ke mana? Kalian akan diajak berkeliling melompat dari Pulau Kadidiri, ke Pulau Katupat, Pulau Malenge, dan Pulau Waleakodi. Kalau travelovers ingin melihat gunung api di Togean, kalian bisa memperpanjang rute ke Pulau Una-una dengan menambah bayar sekitar 200 ribu.


Nah travelovers, seperti yang sudah Travelxism tulis, namanya juga kepualauan ya, pasti ada beberapa pulau yang bisa dikunjungi. Kalau di Togean sendiri ada beberapa pulau yang sering dikunjungi wisatawan, seperti Pulau Papan, Pulau Ketupat, Pulau Melange, dan Pulau Kadidiri. Tapi beberapa pulau yang ada juga tidak kalah menakjubkan. Pokoknya kalau travelovers mau eksplore Togean, jangan pergi sendiri ya, yuk ajak teman-teman atau saudara supaya lebih hemat. Selamat berlibur. /Ajeng/



#PulauTogean #TogeanIsland #Sulawesi #SulawesiTengah #TelukTomini #WisataLaut #SurgaTersembunyi #Indonesia #Asia #PulauKatupat #PulauKadidiri #PulauMalenge #PulauPapan #PulauUnaUna #PulauWaleakodi #KepulauanTogean #WisataPantai #WisataAir #WonderfulIndonesia #PariwistaIndonesia #LiburanHemat #Dinaspariwisata #Travelingseru #Travelbloger #Traveler #Traveling #Solotravel #Naikperahu #Travelxism #InfoTravelxism #Travelxismdotcom #Snorkeling #Diving #Berenang #Laut #LautIndonesia #Canoning #Spotterumbukarang #Terumbukarang #LiburanSeru #LiburandiPalu #Palu #LiburandiGorontalo #Gorontalo