• Travelxism

Host DifaTravelX: “Project Ini Memberikan Banyak Insight Baru bagi Kami!”


Pak Sugeng dan Pak Santo Bersama dengan Beberapa Teman-Teman Digital Travelxism

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Annyeong, Travelovers! Kamu pasti penasaran, kan, gimana dampak adanya project DifaTravelX terhadap para host-nya? Program ini memberikan berbagai manfaat bagi banyak orang. Terutama dampak positif terhadap kehidupan host-nya. For your information, proyek ini didanai oleh Pemerintah Australia melalui Australian Alumni Grant Scheme dan dikelola oleh Australia Awards di Indonesia, lho! Tentunya, project ini bukan hanya sekadar main-main saja, tetapi benar-benar serius dijalankan.

DifaTravelX sebagai kolaborasi antara DifaBike dan Travelxism adalah sebuah solusi bagi sektor pariwisata di era pandemi. Kerja sama ini memiliki nilai ‘plus’ dengan memberikan kesempatan bagi teman-teman difabel untuk membawakan program Virtual Tour dan Virtual Experience yang ada. Lalu, gimana, sih, pandangan para host Difa mengenai rangkaian kegiatan DifaTravelX ini? Oke, disini mimin mau mengajak Travelovers untuk berkenalan dengan beberapa host yang nantinya akan membawa kamu berkeliling ke destinasi-destinasi wisata yang menarik.


Pak Sugeng dan Pak Santo Bersama dengan Beberapa Teman-Teman dari Travelxism

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Sebagai salah satu host Virtual Tour dalam project DifaTravelX, Bapak Susanto atau yang akrab disapa Pak Santo, merasa bahwa program ini telah memberikan banyak manfaat bagi dirinya, lho, Travelovers. Adanya pelatihan-pelatihan, seperti: pelatihan bahasa Inggris, menulis (copywriting), fotografi, videografi, dan public speaking telah membuat pengetahuan, pengalaman atau wawasan dan pergaulan Pak Santo menjadi jauh lebih luas.

Tapi, disisi lain, Pak Santo mengatakan bahwa beliau mengalami beberapa kendala. Kendala itu antara lain: kemampuan bahasa Inggris Pak Santo yang masih belum bagus, sarana dan prasarana yang dimiliki juga kurang mumpuni, dan masalah terkait waktu karena beliau memiliki kegiatan lain. Akan tetapi, beliau tetap memiliki semangat tinggi untuk belajar dan mengikuti program Virtual Tour tersebut. Kamu bisa, nih, meniru semangat Pak Santo dalam melewati kesulitan yang menghadang, ya, Travelovers!


Potret Bu Aslimah di Ledok Sambi

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Berbeda dengan Pak Santo, Bu Aslimah memiliki cerita tersendiri terkait dampak DifaTravelX. Motivasi beliau bergabung dalam project ini, yaitu agar bisa merubah hidup dengan metode baru yang sebelumnya tidak pernah ia lakukan. Keren banget, kan, motivasi Bu Aslimah ini, Travelovers! Sejalan dengan harapan Bu Aslimah, beliau berhasil memperoleh insight dan pengalaman baru dalam banyak hal. “Saya berhasil menambah relasi, teman, saudara, ilmu yang baru, serta mampu mengembangkan diri dan berinteraksi di luar, hingga meningkatkan kepercayaan diri yang dimiliki dengan komunikasi yang lebih baik dan juga asik”, tutur Bu Aslimah dalam wawancara yang telah kami lakukan.



Potret Pak Santo (Kiri) dan Pak Sugeng (Kanan) di Kopi Aji, Embung Kaliaji

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Last but not least, nih, mimin mau mengajak kamu untuk berkenalan dengan Bapak Sugeng Rahayu. Pak Sugeng ini merupakan salah satu host Virtual Tour di Embung Kaliaji. Dari pelatihan-pelatihan yang didapat oleh Pak Sugeng selama mengikuti project ini, beliau memperoleh pengalaman serta pengetahuan di bidang pariwisata. “Saya banyak belajar tentang bahasa Inggris, yang mana itu bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan turis”, katanya. Sisi positif lainnya, setelah bergabung dengan DifaBike hingga mengikuti program DifaTravelX ini, Pak Sugeng merasakan perubahan dari segi ekonomi yang jadi lebih baik dari sebelumnya. Akan tetapi, sama seperti Pak Santo, Bapak Sugeng juga memiliki kendala terkait dengan waktu. “Kalau tidak ada ojek, ya, bantu-bantu di rumah jadi kadang tidak bisa ikut project DifaTravelX”, begitu ucap beliau.


Wah, ternyata banyak juga manfaat dari project DifaTravelX ini, ya, Travelovers! Mimin harap kamu bisa mencontoh semangat mereka untuk terus maju mempelajari hal-hal baru. Kamu harus ingat kata-kata ini, nih, “maju terus, pantang mundur!”. Semangat!!!



/Nisa Meilia Qur’ani - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Sebelas Maret/

94 views0 comments