• Travelxism

Kamu Anak Rantau dan Mau Mudik? Yuk, Simak Tips-Tips di Bawah Ini!

Hola, Travelovers! Sebelum lanjut baca artikel ini, coba jawab pertanyaan Mimin dulu. Kerjaan menjelang cuti lebaran udah selesai semua belum? Tugas kuliahnya apa kabar? Mimin tanya kayak gitu karena sebenarnya pikiran Mimin udah ada di kampung halaman, tapi kerjaan belum kelar. Sedih banget nggak, sih.

Nah, Mimin nggak mau kejadian tahun lalu menimpa kalian juga. Yaps! Tahun lalu Mimin mudik sambil revisian pas Hari Raya :(. Jadi, berdasarkan pengalaman, tips mudik yang pertama dari Mimin, kamu harus beresin kerjaan dulu sebelum pulang kampung. Selain kelarin kerjaan, kamu juga perlu melakukan beberapa hal lain sebelum mudik. “Apa aja itu, Min?” Nih, mimin kasih tips mudik lebaran buat kamu anak rantau. Biar tau tips-tips lainnya, yuk, simak artikel ini sampai tuntas!


1. Jagalah Kesehatan Tubuhmu!

Sumber: bobo.grid.id


Tips berikutnya dari Mimin adalah jaga kesehatan tubuh. Jauh-jauh hari sebelum pulang kampung, kamu harus menjaga kondisi badan agar tetap bugar. Kamu nggak mau kan, mudik tapi malah membawa ‘oleh-oleh’ penyakit buat orang rumah? Apalagi di era pandemi Covid-19 seperti saat ini. Kondisi tubuh merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan, lho, Travelovers. Untuk menjaga kesehatan tubuhmu, kamu bisa mulai dengan menjaga pola makan (konsumsi buah dan sayur, perbanyak minum air putih serta suplemen vitamin jika perlu), tidur yang cukup, menjaga kebersihan, dan melakukan olahraga secara teratur.


2. Pesanlah Tiket Jauh-Jauh Hari Jika Perlu Naik Transportasi Umum

Sumber: kompasiana.com


Siapa disini yang sukanya melakukan sesuatu itu dadakan? Udah kayak tahu bulat digoreng dadakan aja nggak, tuh, hahaha. Buat kamu anak rantau yang berasal dari luar kota dan perlu naik kendaraan umum, Mimin saranin untuk beli tiket dari jauh-jauh hari. “Kenapa gitu, Min?” Karena biasanya, harga tiket transportasi umum akan melambung tinggi jika sudah mendekati liburan Hari Raya. Selain itu, banyaknya orang yang akan melakukan mudik juga bisa membuat kamu kehabisan tiket yang kamu butuhkan. Maka dari itu, ada baiknya kamu membeli tiket transportasi umum (pesawat, kereta, bus, dan lain-lain) dari jauh-jauh hari.


3. Bawalah Pulang Barang-Barang Berharga

Sumber: kibrispdr.org


Walaupun kamu merasa bahwa tempat tinggalmu atau kost-an kamu aman, akan lebih baik jika barang-barang berharga seperti: laptop dan kamera tetap dibawa pulang. Mungkin, sebagian dari kamu merasa jika membawa benda-benda seperti itu ribet dan memberatkan. Tapi, kita tidak tahu kan, kapan suatu kejahatan itu bisa terjadi. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka ada baiknya kamu mengambil langkah untuk menghindarinya. Satu nasihat dari mimin buat kamu, nih, ‘Jangan lengah, kamu harus selalu waspada, ya, Travelovers’!


4. Bersihkan dan Rapikanlah Kamar Kost Kamu

Sumber: rencanamu.id


Sebelum kamu pulang kampung, hal penting yang perlu Travelovers lakukan adalah mengecek dan memastikan kost dalam keadaan ‘oke’. Maksud dari kata ‘oke’ disini adalah kamu perlu membersihkan kost terlebih dahulu sebelum dibiarkan kosong selama berhari-hari. Jangan sampai ada sampah atau makanan, terutama makanan basah yang kamu tinggalkan di dalam kamar. Selain itu, kamu juga perlu mengosongkan air di dalam ember maupun bak untuk menghindari tumbuhnya lumut dan berkembang biaknya nyamuk. Jangan lupa, nih, Travelovers juga perlu memastikan bahwa tidak ada aliran listrik yang menyala.


5. Bawalah Obat-Obatan Pribadi yang Kamu Butuhkan

Sumber: istockphoto.com


Satu hal penting yang sering banget dilupain, nih. Yup! obat-obatan pribadi. Ketika mudik, apalagi naik kendaraan umum, perlu, lho, kamu membawa obat-obatan pribadimu. Walaupun memang ketika berangkat kondisi badan kamu benar-benar bugar, tapi kita tidak tahu apa yang bisa saja terjadi selama di perjalanan. Bisa saja secara tiba-tiba kamu merasa pusing atau mengalami mabuk kendaraan. Jangan sampai ketika kamu tiba-tiba merasa sakit, kamu jadi kebingungan sendiri karena tidak membawa obat-obatan pribadi yang kamu butuhkan. Ingat, Travelovers, ‘sedia payung sebelum hujan’, oke?!


6. Terakhir dan Tidak Boleh Terlupa, Vaksin Booster Diri Kita!

Sumber: suara.com


Kamu nggak lupa kan, kalau bahaya Covid masih mengintai dimana-mana? Kita masih perlu menerapkan 5M, nih, Travelovers. “Lho, bukannya 3M ya, Min?” Nggak dong, sekarang kita harus selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, ditambah dengan menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas. Nah, dikarenakan poin 4 dan 5 dari peraturan 5M sulit diterapkan dalam mudik lebaran, maka pemerintah mewajibkan Vaksin Booster sebagai syarat mudik 2022. Kamu mau mudik tapi belum vaksin? Saran Mimin, segera vaksin, deh. Kamu bisa, nih, datang ke fasilitas kesehatan terdekat, seperti: rumah sakit, puskesmas, dan klinik untuk menanyakan informasi terkait pelaksanaan Vaksin Booster itu.


Nah, itu tadi tips mudik dari Mimin buat kamu anak rantau yang ingin pulang kampung. Mimin doakan semoga kamu diberi keselamatan dan kelancaran selama perjalanan menuju rumah. Oh iya, jangan lupa bawa oleh-oleh buat Mimin ketika balik, ya, Travelovers! Hehehe.



/Nisa Meilia Qur’ani - Peserta STIP Travelxism Batch 2 - Universitas Sebelas Maret/


31 views0 comments

Recent Posts

See All