Kamu Harus Tahu: Cantiknya Bunga Sakura Di Indonesia


Bunga sakura di kawasan jalan cibodas

Masih seputar bunga sakura nih travelovers. Setelah beberapa waktu lalu Travelxism menulis hanami di kastil. Nah, sekarang bagi ravelovers yang ingin menikmati indahnya bunga sakura tapi terhalang padatnya kesibukan, tidak usah khawatir. Karena menikmati bunga sakura tidak harus terbang ke Jepang. Travelxism akan mengajak travelovers untuk menikmati di negara sendiri. Indonesia juga punya beberapa spot yang bisa dijadikan sebagai referensi menikmati Hanami lho travelovers. Berikut tempat menikmati mekarnya bunga sakura di Indonesia menurut Travelxism:


Piknik di Taman Sakura Cibodas, Cianjur


Travelovers, tempat pertama yang menurut Travelxism pas untuk melakukan hanami di Indonesia adalah Taman Sakura di Kebun Raya Cibodas. Taman ini terletak di Jalan Raya Cibodas, Cinajur, Jawa Barat. Di taman ini terdapat sekitar 400 pohon yang terdiri dari tujuh jenis pohon bunga sakura. Bunga sakura di sini mekar sekitar Januari – Februari, Juli - Agustus. Saat musim mekar bunga sakura, pemandangan kelopak bunga merah jambu tersebut sangat indah. Nah travelovers, Kebun Raya Cibodas ini ternyata merupakan tempat pertama di Indonesia yang ditanami bibit bunga sakura lho. Bahkan, budidaya dan perawatannya sudah dilakukan sejak 1953. Wah sudah sangat lama ya travelovers, pantas kebun sakura di Kebun Raya Cibodas ini cukup luas.


Selain itu, Udara, suhu, dan ketinggian di daerah Jawa Barat ini sangat cocok dengan tanaman bunga sakura, sehingga bunga tersebut tumbuh dengan baik. Untuk masuk ke Kebun Raya Cibodas ini, travelovers cukup merogoh kocek sekitar Rp. 16.500 saja. Di kebun ini travelovers juga diperbolehkan membawa bekal. Jadi travelovers bisa menikmati indahnya bunga sakura sambil piknik di bawah pohonnya langsung. Wah benar-benar seperti Hanami sungguhan ya travelovers.


Sakura di Sabana Sumba


Karakter tanah sumba yang kering sejatinya tidak cocok dengan bunga sakura. Tapi, siapa sangka bahwa bunga musim semi ini bisa tumbuh di tanah sumba travelovers. Tidak tanggung-tanggung, dengan cuaca yang cukup panas, bunga sakura di tanah sumba bahkan bisa berbunga sampai dua bulan lho. Nah, travelovers, bunga sakura memiliki nama lokal juga di Sumba. Orang Sumba biasanya menyebut bunga ini dengan nama bunga Konjil. Konon, bunga ini tumbuh liar di sekitar area timur sumba, namun ada pula yang mengatakan bahwa bunga sakura ini dibawa oleh tentara jepang yang singgah di Indonesia.


Travelovers, umumnya, bunga sakura akan tumbuh pada musim beraingin dengan suhu yang sejuk mendekati dingin kan? tapi bunga sakura sumba ini sebaliknya. Dia akan tumbuh subur di musim panas travelovers. Bahkan pada saat puncak musim panas yakni sekitar Agustus – Oktober, bunga sakura akan mekar dengan sempurna. Unik ya travelovers.


Merona, Sakura di Perumahan Batam



Kalau bunga sakura di Sumba dikatakan tumbuh liar, di wilayah yang berbatasan langsung dengan Singapura ini bunga sakura sengaja di tanam untuk mempercantik sebuah kompleks perumahan travelovers. Kompleks perumahan Industri Batamindo di Batam ini memang sengaja ditanami bunga asal jepang tersebut area kompleks semakin terlihat cantik dan indah. Musim mekar bunga sakura di batam ini tidak beda dengan yang di Jepang, yakni sekitar Maret sampai Mei. Jadi ingin pindah ke perumahan tersebut ya travelovers, berkunjung ke tetangga sebelah bisa sambil melakukan hanami.


Wisata di Taman Sakura Ternate


Bunga sakura di taman ini memang sengja di tanam untuk mempercantik taman dan menarik wisatawan travelovers. Kalau travelovers kebetulan sedang singgah di Maluku, Taman Sakura ini mungkin bisa dijadikan salah satu pilihan tujuan. Berbeda dengan taman lain yang ada, taman ini dikelola oleh perseorangan travelovers. Taman ini dibangun untuk mengakomodir para wisatawan Ternate yang ingin menyaksikan bunga asal jepang tersebut. Saat musim mekar, yakni sekitar bulan Februari hingga Maret, taman ini banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal atau mancanegara. Lokasinya yang dekat dengan pantai tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.


Nah, travelovers, itu dia beberapa tempat yang bisa kalian jadikan referensi untuk melakukan hanami di negara sendiri. Sebenarnya Travelxism masih ada dua tempat lagi yang juga bisa dijadikan referensi, tapi karena masih tergolong baru dan dalam tahap perwatan, keindahan tempat tersebut masih belum terpancarkan. Harap sabar dan menanti ya. Sembari menunggu, travelovers bisa kok jalan dulu ke tiga destinasi di atas. Mumpung dekat libur paskah kan travelovers, ajak kelurga atau sahabat berlibur sepertinya pilihan yang tepat. Selamat berlibur!/Ajeng/



#Bungasakura #Indonesia #Jawabarat #Cibodas #Cianjur #Sumba #Batam #Ternate #Travelxism #Infotravexism #Travelxismdotcom #Wisataindonesia #WonderfulIndonesia #Piknik #Hanami #Travel #Wisatabunga #Tamansakura #PariwisataIndonesia

520 views