Kamu termasuk tipe Turis atau Traveller? Ini perbedaan karakternya!



Bepergian bukan lagi menjadi hobi baru bagi setiap orang. Travelling atau berwisata sudah menjadi hal wajib bagi orang-orang di jaman yang sudah dengan mudah dan murah mendapatkan tiket perjalanan baik domestik maupun internasional. Apalagi dengan munculnya bermacam social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path yang membuat kita lebih termotivasi untuk travelling dan mengunggahnya di media social. Akan tetapi, apakah kamu tau ada perbedaan tipe wisatawan yakni tourist dan traveller.

Apakah kamu termasuk tipe tourist atau traveller? Yuk, cari tahu perbedaannya!

1. Similar destination but different spot!

Walaupun terdapat kesamaan pada destinasi yang dituju, biasanya turis mencari spot-spot wisata yang terkenal dan mainstream. Sedangkan, traveller lebih memilih tempat-tempat yang less touristic seperti menjelajah wisata alam, mendaki gunung, menelusuri dan mempelajari budaya lokal, dan mengunjungi tempat-tempat anti-mainstream namun tetap instagrammable!

2. Belajar Bahasa Setempat!

Kebanyakan para turis lebih suka tetap berada pada zona nyamannya seperti tetap menggunakan Bahasa Inggris dibandingkan mempelajari sedikit Bahasa Lokal untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat. Akan tetapi, traveller akan mempelajari sedikit kosakata bahkan sebelum pergi ke destinasi yang dituju agar dapat menggunakan kosakata tersebut untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal!

3. Taksi vs Public Transport

Dalam hal ini, turis lebih memilih moda transportasi yang cukup nyaman dan tidak rumit, biasanya taksi. Sedangkan traveller lebih suka mencoba tantangan baru dengan menaiki moda transportasi masal seperti bus kota dan kereta api. Bahkan tidak sedikit yang lebih memilih menyewa kendaraan selama beberapa hari, mengendarainya sendiri. Mereka tidak takut untuk tersesat, bahkan mereka sangat menikmatinya jika tersesat. Ya! Mereka lebih menyukai tantangan seperti ini! Akan tetapi bagi siapapun baik turis maupun traveller jangan sekali-kali mencoba untuk hitch hiking atau menumpang kendaraan orang asing/tidak dikenal karena dapat mengancam keselamatan kita selama travelling. Please travel safe!

4. Koper vs Backpack

Selain para backpacker, ternyata para traveller kebanyakan juga lebih suka membawa barang bawaan mereka menggunakan backpack atau tas ransel dibandingkan koper. Alasannya sederhana, yakni lebih handy di segala medan! Sedangkan turis kebanyakan ternyata lebih senang membawa koper.

5. Perbedaan Tingkat Fleksibilitas Itinerary!

Jika dilihat dari itinerary dan fleksibilitasnya, seorang traveller ternyata memiliki tingkat fleksibilitas perjalanan yang lebih tinggi daripada turis! Seorang traveller lebih mudah memutuskan untuk mengganti jadwal secara tiba-tiba, sedangkan turis biasanya terbentur dengar jadwal yang kebanyakan sudah diatur oleh agen perjalanan.

Nah, kamu termasuk tipe yang mana? Tipe tourist atau traveller? Sebetulnya, apapun tipe kamu, bukanlah masalah karena setiap orang memiliki karakter dan tujuan masing-masing dalam berwisata. Yang terpenting disini adalah tetaplah berwisata karena berwisata dapat mengurangi stress dan membuat pikiran dan jiwamu lebih santai dan fresh. (Redaksi Travelxism)

#turis #traveller #bahasa #backpacker