Karangasem dan Bali’s Gate of Heaven!

Bali’s Gate of Heaven merupakan sebutan salah satu lokasi yang sedang hits saat ini di Bali. Berlokasi di sisi Bali Timur tepatnya di Kabupaten Karangasem, sepertinya Travelovers harus kembali menambah list perjalanan ketika ingin berkunjung ke Bali. Bukan hanya Denpasar yang identik dengan keindahan Bali, kawasan Karangasem juga memiliki segudang potensi alam yang tiada duanya. Jadi tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk menjelajahi tempat wisata di Karangasem. Selama perjalan kurang lebih 2 jam dari Denpasar ke Karangasem Travelovers juga disuguhkan pemandangan dan kesan yang tidak terlupakan, yuk kita lihat apa saja yang ada di Karangasem versi Tim TRAVELXISM!


1. Goa Lawah dengan Sensasi Religi

Jika Travelovers ingin berkunjung ke Karangasem mulai dari Bali Selatan, jangan lupa singgah ke salah satu Goa yang terkenal di Bali yaitu Goa Lawah. Di Goa Lawah ini Travelovers bisa merasakan sensasi religi umat Hindu dikarena memang terdapat Pura yang diyakini sebagai salah satu pilar dari pulau Bali lho. Selain itu yang menarik di Goa Lawah ini adalah goanya dipenuhi oleh kelelawar dan terdapat pantai yang bisa Travelovers jelajahi atau sekedar menikmati desiran angin dan indahnya pemandangan.


foto: kintamani.id


2. Desa Tenganan dan Tradisi Uniknya

Desa yang telah lama berada di Bali dan dikatakan sebagai tempat menetapnya masyarakat asli Bali ini terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Di sini Travelovers akan merasakan masa lampau Bali dengan suasana pedesaan yang tenang dan jauh dari kebisingan dan pemandangan akan keunikan bangunan penduduk Tenganan yang masih sangat tradisional. Bukan hanya itu di desa ini juga ada tradisi yang sangat unik seperti tradisi mageret pandan (perang pandan), tradisi di mana sepasang pemuda desa yang menginjak remaja akan berperang saling sayat menggunakan duri – duri dari daun pandan. Mageret Pandan hanya dilakukan sekali dalam setahun bersamaan dengan digelarnya upacara Sasih Sembah. Selama upacara ini Travelovers akan melihat para pria menggunakan pakaian adat madya bali, dan wanita menggunakan pakaian khas tenganan yaitu kain tenun Pegeringsingan yang mulai langka ditemukan sekarang ini. Eitss ketika Datang ke desa ini, Travelovers jangan melakukan hal-hal dengan sembarangan ya karena desa ini karena desa ini masih memegang teguh mempertahankan aturan desa (awig-awig) yang diwariskan leluhur mereka.


foto: wisata-bali.com


3. Virgin Beach yang tersembunyi

Didominasi dengan pantai berpasir hitam, virgin beach menjadi sebuah pantai satu-satunya yang memiliki pasir di kawasan Bali Timur, tepatnya di Karangasem. Pantai yang tersembunyi dibalik bukit ini, sepertinya wajib untuk dikunjugi, selain pantainya yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan dan masih asri. Air lautnya yang berwarna biru jernih juga akan mengundang Travelovers untuk berenang dan snorkeling.


foto: infopublik.id


4. Istana Air Bali Timur

Istana yang sering dikenal dengan Tirta Gangga ini wajib untuk dikunjungi ketika anda berada di kawasan Bali Timur. Istana air ini merupakan istana yang dimiliki dan dibangun oleh oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung, sebagai penghormatan kepada masyarakat umat Hindu. Istana ini memiliki tata letak dan pemandangan yang sangat menakjubkan, terdapat kolam yang terdapat patung-patung yang berbaris rapid an juga Travelovers dalam menyusuri kolam dengan jalan setapak di tengah kolam dan juga terdapat menara air yang berundak-undak dengan ketinggian 10 meter yang airnya langsung dari sumber mata air yang juga dianggap suci oleh warga sekitar. Disini Travelovers juga dapat berenang lho. Apalagi ditambah dengan kesejukan udaranya dan keasrianya, Travelxism yakin nih kalau Travelovers akan merasa nyaman dan betah berlama-lama.


foto: depositphotos.com


5. Bali’s Gate of Heaven

Terakhir yang menjadi destinasi utama yaitu Pura Lempuyang, Pura yang disebut oleh wisata Bali’s Gate of Heaven ini memberikan panorama yang sangat menakjubkan, Pura Penataran Agung Lempuyang ini memiliki gapura yang berlatar belakang langsung dengan Gunung Agung yang memukau dan inilah asal mula sebutan Bali’s Gate of Heaven diberikan. Ketika Cuasa sedang cerah maka para pencari spot instagramble harus segera mengunjungi pura ini. Salah satu pura tertua di Bali Timur ini berlokasi di lereng Gunung Suci Lempuyang, dan berarti Travelovers yang menyukai trekking sangat disarankan untuk berkunjung, apalagi ditambah dengan udara sejuk ciri khas dataran tinggi.


foto: getyourguide.com


Gimana Travelovers? Bali Timur patut untuk dipertimbangkan untuk menjadi destinasi wisata utama saat mengunjungi Bali lho. Ditunggu kabar menyenangkan dari Bali Timur ya! Ayo berkunjung!/Amorita/


#GoaLawah #Karangasem #Bali #BaliTimur #SensasiReligi #BaliTourism #WIsataBali #DesaTenganan #KaliTempoDoloe #MageretPandan #PerangPandan #Awigawig #VirginBeach #PantaiPasirPutih #Snorkeling #OlahragaLaut #IstanaAir #TirtaGangga #BaliGateOfHeaven #PuraLempuyang #LerengGunungSuciLempuyang #TradisionalBali #kekayaanbudayaBali #WisataReligi #Bali #Indonesia #Asia #DesaAdatBali #PariwisataIndonesia #TravelIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #PariwisataIndonesia #Travelxism #InfoTravelxism #Travelxismdotcom #Wisataalamindonesia #BackpackerIndonesia #WisataAlamIndonesia #Infotravelindonesia #PariwisataBerkelanjutan #Sustainabletourism

0 views