Keindahan Pulau Adonara yang tak pernah Bersandiwara


Gugusan kepulauan di daerah timur wilayah Indonesia tidak pernah berhenti menghembuskan pesonanya yang luar biasa. Di Flores terdapat Pulau Adonara yang selalu memanjakan para Travelovers dengan pulau dan pantainya yang indah. Pulau Adonara ini terletak di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Dulunya Adonara yang memiliki luas wilaya sekitar 509 kilomerter persegi ini merupakan kerajaan yang berdiri pada tahun 1650. Pada masa itu, pulau Adonara dan sekitarnya dibagi diantara dua kategori penduduk. Mereka adalah Paji yaitu penduduk yang tinggal di pesisir, dan Demon yakni penduduk yang tinggal disekitar pegunungan. Kerajaan-kerajaan ini lalu dihaous oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1962.


photo source

Pulau Adonara sendiri terdiri dari 8 kecamatan, dan kecamatan Adonara Timur Waewerang merupakan kecamatan yang paling ramai dikunjungi karena memiliki lebih banyak tempat wisata. Travelovers dapat berkunjung ke Gereja Tua. Gereja tua ini merupakan gereja pertama di Adonara yang dibangun pada tahun 1950an. Selain itu, Travelovers dapat menyeberang ke Pulau Pasir dimana kita bisa melihat pulau Batubara yang tak berpenghuni. Hal ini disebabkan terdapat gunung berapi yang sering bererupsi di pulau tersebut. Travelovers pun dapat tinggal di rumah-rumah penduduk yang terkenal dengan keramahannya. Travelovers juga berkesempatan menyicipi jagung titi yaitu jagung yang digoreng kering dan kemudian ditumbuk tipis.

Warga Adonara sendiri mayoritas beragama katolik, namun ada juga masyarakat yang beragama Islam. Mereka semua hidup harmonis dan saling bergotong-royong. Hal ini dapat dilihat ketika umat katolik merayakan hari Natal dan Paskah, umat Muslim bahu membahu membantu. Begitupun sebaliknya! ketika hari raya Idul Fitri dan Idul Adha tiba, umat non-Muslim juga bergotong-royong membantu.

Untuk pergi ke Pulau Adonara, Travelovers dapat transit di dua tempat, yakni Kupang atau Maumere. Namun, kami menyarankan untuk transit di Kupang karena waktu jarak tempuh yang lebih singkat dibandingkan jika Travelovers transit di Maumere. Dari Kupang, Travelovers dapat menggunakan pesawat Transnusa atau Susi Air ke Larantuka dana kemudian menyeberang ke Pulau Adonara. Jika tidak keberatan untuk menghabiskan waktu perjalanan yang lebih lama, Travelovers dapat transit di Maumere terlebih dahulu, lalu melanjutkan perjalanan ke Larantuka. Perjalanan dari Maumere ke Larantuka ini dapat memakan waktu sekitar empat jam.


Photo source

Pemerintah setempat pun telah berupaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang dengan pembangunan akses menuju Pulau Adonara. Salah satunya rencana untuk membangun jembatan yang bernama jembatan Pancasila Palmerah. Dikutip oleh tim Travelxism dari Pos Kupang, jembatan Palmerah ini akan menghubungkan Larantuka dengan Pulau Adonara. Hal yang menarik dari jembatan ini adalah dibangunya turbin pembangkit listrik dibawah jembatan yang pembangunannya dibiayai oleh Belanda ini. Turbin ini juga dapat menghasilkan 100 megawatt dan bahkan dapat melayani kebutuhan listrik di seluruh pulau. Menurut Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya, yang dikutip tim Travelxism dari Pos Kupang, jembatan ini akan menjadi ikon nasioanal dan dapat menjadi contoh sebuah jembatan yang dibangun disertai dengan pembangkit listrik.

Jadi, tunggu apa lagi Travelovers! Book your ticket, siapkan traveling pack mu dan nikmati Pulau Adonara yang masih perawan ini! /Gilang Fauzi/

#Adonara #maumere #NusaTenggaraTimur #Indonesia #Flores

67 views