Keliling Sehari Selesai! 5 Negera Terkecil di Dunia


Travelovers pernah membayangkan nggak keliling negara dalam satu hari? Pasti impossible ya rasanya. Tapi hal itu bisa jadi mungkin kalau kalian berkeliling di negara-negara berikut yang wilayahnya tidak lebih besar dari sebuah kota. Wah kebayang nggak sih rasanya jalan di sana travelovers? Mungkin satu jam saja pasti sudah sampai ya.


Selain negara-negara raksasa seperti Amerika, Rusia, dan Kanada, WorldAtlas juga membuat daftar negara terkecil. Sebenarnya ada banyak negara kecil menurut WorldAtlas, tapi menurut TRAVELXISM ada lima yang paling kecil dan sepertinya memiliki potensi wisata untuk dikunjungi. Siapa saja lima negara tersebut, ini dia ulasan TRAVELXISM tentang lima negera terkecil di dunia.


Vatikan


Salah satu sudut kota Vatikan dan Gereja St. Peter's Basilica

Foto: Super Adventure

Posisi pertama negara terkecil di dunia ditempati oleh Vatikan. Pusat dari peradaban Katholik dunia ini memiliki luas hanya 0.44 kilometer persegi. Kebayang kan sekecil apa negara ini travelovers? Seharian berputar-putar disini pun kita masih bisa bersantai.


Vatikan ini merupakan destinasi wisata religi yang sangat terkenal di kalangan umat katholik di dunia. Tapi banyak juga yang berwisata ke sana karena tertarik dengan peninggalan abad pertengahan yang kebanyakan berada di sana. Di negara ini juga terdapat gereja katholik terbesar yakni St. Peter’s Basillica. Selain itu juga dipajang karya seni abad pertengahan seperti The Pieta dan The Creation of Adam. Karena bersebelahan dengan Italia, maka tidak heran kalau bentuk bangunan dua negara ini sama-sama klasik dan bagus dibuat foto.


Monaco


Pemandangan alam dan kapal pesiar di salah satu sudut Monaco

Foto: iExplore

Posisi kedua ditempati oleh Monaco dengan luas negara hanya 2.02 kilometer persegi, seukuran Ancol ya travelovers. Negara tempat langganan Grand Prix F1 ini merupakan negara kecil dengan pemandangan alam yang luar biasa cantik travelovers. Terletak salah satu sisi Laut Mediterania semakin membuat Monaco cantik dengan pemandangan lautnya yang biru.


Konon katanya nih travelovers, Monaco ini merupakan negara bagi para milyader. Hal itu bisa dilihat dari deretan kapal pesiar yang parkir rapi di beberapa sudut Monaco. Selain itu Monaco juga terkenal dengan judi yang illegal dan bisnis barang mewah. Tidak heran banyak orang kaya dan terkenal sering bermain ke Monaco, seperti Leonardo deCaprio dan Paris Hilton. Keren kan!


Nauru


Pemandangan alam Nauru

Foto: World for Travel

Negara yang satu ini memang tidak sepopuler Monaco dan Vatikan, tapi dulu negara ini merupakan negara yang kaya raya. Nauru ini merupakan salah satu negara kepulauan terkecil. Luasnya hanya 21 kilometer persegi saja travelovers.


Dulu, Nauru merupakan negara yang sangat kaya raya berkat fosfor yang dimiliki. Namun, pada 2017 Nauru masuk dafar negara termiskin di dunia. Fosfor yang habis, kasus pencucian uang, pencemaran lingkungan, dan kejahatan lain yang terjadi di sana membuat Nauru seketika kehilangan kejayaan dan tidak layak huni. Sebanyak 90 persen penduduk di sana adalah penganguran dan Nauru menjadi negara kedua populasi diabetes terbanyak di dunia dengan prosentasi sebanyak 40 persen.


Namun, meski kacau balau, Nauru merupakan negara kepualauan dengan laut yang sangat memukau. Beberapa destinasi wisata seperti Pantai Anibare, Laguna Buana, Gua Moqua dan Command Ridge sayang untuk ditinggalkan. Namun sayang, karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan akses untuk berwisata ke sana menjadi sulit.


Tuvalu


Tuvalu negara kecil yang dikelilingi air

Foto: NzGeo

Dikenal sebagai Ellice Island, Tuvalu merupakan kepulauan yang cukup indah. Negara ini hanya memiliki luas 26 kilometer persegi dan dihuni oleh 10.000 orang saja. Tuvalu terletak di perbatasan antara Australia dan Hawai, jadi masih termasuk dalam kawasan Samudera Pasific ya. Jadi pantainya masih bisa untuk dikunjungi.


Tuvalu merupakan negara kecil yang hanya memiliki satu rumah sakit utama dan jalan sepanjang 8 kilometer saja. Gimana travelovers, pelancongan di Tuvalu sepertinya tidak membutuhkan waktu seharian ya.


San Marino


Kastil di Puncak San Marino

Foto: State Goverment

San Marino ini seperti negara di dalam negara travelovers. Sebab negara dengan luas 61 kilometer persegi ini sepenuhnya dikelilingi oleh Itali. Meski terbilang kecil negara yang satu ini memiliki banyak destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa bangunan tua seperti kasti dan Gunung Titano dengan tiga menaranya, sangat sayang kalau dilewatkan.


San Marino ini katanya merupakan negara republik tertua lho travelovers. Negara ini termasuk salah satu negara kecil yang kaya dan makmur. Hal ini dilihat dari jumlah penduduknya yang menganggur. Dari 30.000 penduduk San Marino, hanya sedikit dari mereka yang menganggur. Ini karena lapangan pekerjaan di negara ini cukup memadai untuk warganya.


Gimana travelovers? Siap keliling satu negara dalam sehari? Kalian bisa pilih di antara lima negara di atas untuk mencoba one day vacation. Nah, sebagai peringatan, TRAVELXISM mau mengingatkan, meski tergolong negara kecil, biaya untuk berlibur dan terbang ke sana tidak kecil ya travelovers. Jadi segera susun itinerary kalian dan selamat menabung! /Ajeng/


#Vatikan #SanMarino #Monaco #Tuvali #Nauru #SmallestCountry #WorldAtlasRank #WorldAtlasRankforSmallestCountry #VisitVatikan #VisitSanMarino #VisitMonaco #VisitTuvali #VisitNauru #OnedayTrip #OnedayTour #KelilingSehariSelesai #Wisataseharian #Negaraterkecildidunia #negarakecil #ExploreVatikan #ExploreMonaco #ExploreSanMarino #ExploreTuvali #ExploreNauru #AmazingVatikan #AmazingSanMarino #AmazingMonaco #AmazingNauru #AmazingTuvali #Travelovers #Solotravel #Traveloneday #Travelbloger #Traveling #Travelling #Traveller #Traveler #Backpacker #Backpacklovers #Travelovers #Travelxism #Infowisata #TourismInformation #Tourism #Destination #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

0 views