Kembali ke Jaman Batu di Stone Garden Geopark Citatah Padalarang


Sekarang berwisata ke Bandung Barat tidak hanya bisa ke Lembang lho travelovers. Ada satu lagi wisata menarik yang bisa dijadikan pilihan untuk bermain ke Bandung. Namanya Stone Garden Geopark atau bahasa lokalnya adalahTaman Batu. Nah, gimana ceritanya gelondongan batu bisa jadi menarik untuk dilihat? Eitss batu yang ada di Stone Garden Geopark ini bukan batu biasa Travelovers. Batunya lain daripada yang lain. Wih keren kan!


Terbentuk Secara Alami


Foto: Travel Promo

Terletak di Puncak Gunung Pawon, Kampung Giri Mulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalaran, Bandung Barat, Stone Garden Geopark ini merupakan salah satu wisata alam yang tidak boleh dilewatkan sebab di sini kalian tidak hanya melihat taman batu biasa, tapi taman batu yang luar biasa bagus dipandang mata. Gugusan bebatuan raksasa akan menyambut kalian ketika sampai di sana. Tidak hanya batu raksasa, hamparan batu kecil sampai tumpukan batu juga akan menjadi pemandangan selama di sana. Bentuk susunan batu yang artistik membuat bebatu di taman ini memiliki daya tarik tersendiri Travelovers. Formasi matematis dari bebatuan ini sangat menarik. Oh ya travelovers, jangan bayangkan batu di taman ini seperti kerikil ya, batuan di sini bentuknya seperti batuan Karst dan batuan tebing yang terjal dan besar. Pokonya taman batu ini recommended to visit deh travelovers.


Kawasan Cagar Budaya


Foto: Phinemo

Saking menarik dan uniknya, kawasan taman ini sampai dimasukkan dalam daftar cagar budaya lho travelovers. Demi menjaga keaslian dan keadaan taman ini, kawasan seluas dua hektar ini akhirnya dijadikan sebagai aset nasional travelovers. Tapi tenang, kalian masih bisa dengan bebas dan untuk berkunjung dan melihat fenomena alam yang luar biasa ini.


Hamparan Permadani Hijau


Foto: Glints

Stone Garden Geopark ini terletak di kawasan perbukitan di atas Gunung Pawon ya travelovers. Jadi untuk bisa sampai ke sana, dibutuhkan tenaga dan stamina yang kuat karena harus mendaki terlebih dahulu. Perbukitan ini tidak terlalu tinggi kok Travelovers, hanya sekitar 900 meter saja.


Sesampainya di puncak, rasa lelah yang dirasakan pasti terbayar. Tidak hanya dengan hamparan batu, tapi juga dengan hamparan hijau persawahan dan hutan yang luas membentang di sepanjang mata. Bentang persawahan dan rimbun pohon seolah menyelimuti lembah dan batuan besar yang ada. Jadi lelah akibat mendaki seolah hilang ditiup angina perbukitan. Ibarat pepatah, tidak apa bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.


Dikelola Warga Lokal


Foto: Phinemo

Nah, meski menjadi salah satu cagar budaya, namun Stone Garden Geopark ini tetap dikelola oleh penduduk setempat, tepatnya warga RW 08. Mulai dari kebersihan fasilitas dan ticketing semua dikerjakan oleh warga setempat, termasuk jasa pemandu juga ya travelovers. Jadi keberadaan taman ini secara tidak langsung juga turut memberdayakan dan menaikkan taraf perekonomian warga. Apalagi jika ada yang berkenan untuk melakukan pemotretan, shooting, kemah atau kegiatan lainnya, Wah pendapatan warga bisa naik dengan drastis seiring dengan sibuknya aktifitas yang dilakukan di Stone Garden Geopark ini.


Nah travelovers, itu dia Stone Garden Geopark Bandung yang sangat instagramable atau photoable ya. Untuk kalian yang mungkin penat dengan riuhnya pekerjaan dan bosan berwisata di tempat yang ramai, jalan-jalan ke Stone Garden Geopark bisa jadi solusi. Camping sehari semalam atau barang sekedar duduk menikmati angin perbukitan dan menunggu senja juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Selamat bersantai!/Ajeng/



#TamanBatu #StoneGardenGeopark #Citatah #Padalarang #Bandung #Indonesia #WisataBandung #AmazingIndonesia #VisitBandung #VisitIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #InfowisataBandung #TamanBatuBandung #InfoWisata #Infotravelxism #Infotravelxismdotcom #travelxism #travelxismdotcom #traveler #travelersnotebook #travelovers #travelovers #travelingram #travelingram #traveltheworld #travelphotography #travelblogging #travelvlog #travelvlogger #traveling #traveller #travelers #instatravel #instatraveling #instatraveler #instatravelgram #instatravelblogger #travelblog

0 views