Khas! Kampung Raja Prailiu yang Memukau!

Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam dan Travelovers tidak ada pernah merasa kehabisan utuk menikmati keindahaan tradisi dan kebudayaan Indonesia. Travelxism akan memebahas mengenai pesona sebuah kampung di Nusa Tengara Timur tepatnya di Kabupaten Sumba Timur. Kampung itu adalah Kampung Raja Pariliu. Kampung yang masih kental akan tradisi dan kebudayaannya dan pas banget untuk Travelovers masukkan ke dalam daftar tempat yang harus Travelovers kunjungi saat liburan. Mari kita jelajahi apa saja yang ada di Kampung Raja Prailiu ini.


1. Sebuah Kerajaan

Kampung Raja Prailiu ini merupakan sebuah ibukota Kerajaan Lewa Kambera yang saat ini belum memiliki raja baru setelah Umbu Djaka yang merupakan raja terakhir wafat pada tahun 2008. Walaupun begitu, keturunan langsung dari Raja Lewa masih menetap di Kampung Raja Prailiu ini yaitu Bapak Tamu Umbu Pingi Ai dan Adiknya Tamu Umbu Nggaba Rihi Eti. Kampung Raja Prailiu ini akan menunjukkan Travelovers Jejak-jejak kerajaan yang merupakan keaslian eksotika kampung adat ini.


foto: id.pinterest.com

2. Rumat Adat yang Masih Megah

Rumah adat dengan atap berbentuk limas dari material yang ada di alam ini yang dikenal sebagai Uma Mbatang atau Uma Hori oleh warga sekitar masih ada dan masih digunakan untuk tempat hunian lho Travelovers. Rumah adat di kampung ini memiliki arsitektur yang bermakna lho, dibuat dengan 3 bagian yaitu atas bawah dan tengah, rumah adat ini mewakili kosmologi lokal, yaitu ruang bawah tanahnya merupakan rumah bagi orang-orang yang sudah meninggal, bagian tengah untuk yang masih hidup, sementara atap sebagai rumah para dewa. Di rumah adat milik Raja Prailiu juga terdapat benda lawas yang masih disimpan, bahkan dari rumah Raja juga bisa melihat pohon yang terdapat banyak tengkorak hewan dan ukiran-ukiran lainnya yang memiliki arti dan sejarahnya. Menarik banget deh Travelovers!


foto: sukita.info


3. Kuburan Batu yang masih Ada

Travelovers bukan hanya disajikan rumah adat yang masih berdiri megah tapi juga disajikan makam batu yang masih ada hingga saat ini. Salah satu makam yang Travelovers bisa lihat adalah makam batu milik Raja Tamu Umbu Djaka yang meninggal pada tahun 2008 lalu. Makam yang berupa kuburan batu dengan berat 40 ton ini selama pemakamnya mengeluarkan dana yang banyak banget loh untuk menyajikan hewan seperti babi dan 100 lembar kain tenun. Travelovers juga bisa melihat hiasan-hiasan yang ada di kubur batu berbentuk rusa, kuda, buaya, dan penyu.


foto: itjeher.com


4. Kain Khas yang Indah

Di Kampung Raja Prailiu Travelovers bisa melihat Kain tenun khas Sumba Timur, Travelovers juga bisa melihat dari pembuatannya yang terbilang sangatlah rumit. Menenun kain merupakan hal yang masih dilakukan oleh masyarakat terutama wanita di Kampung Raja Prailiu. Ini dikarenakan sebagaian besar mata perekonomian mereka dihasilkan dari menjual hasil dari kerajinan tangan berupa kain tenun ikat dimana kain tenun menjadi salah satu komponen yang penting dalam upacara Marapu upacra yang masih sangat tradisional yang ada di Kampung Raja Prailiu.


foto: travelinkmagz.com


Nah Travelovers, Nusa Tenggara Timur sepertinya bisa dimasukkan ke dalam wishlist Travelover nih! Jangan lupa untuk merasakan secara langsung Kampung Raja Prailiu, adat dan Istiadatnya, tradisi, kebudayaan, peninggalan sejarahnya, semua masih bisa Travelovers rasakan secara langsung di sana. Yuk siapkan backpack kalian!


#KampungWisata #SumbaTimur #NusaTengaraTimur #KampungRajaPrailiu #KainTenunSumbaTimur #KuburanBatu #DestinasiWisata #Sustainabletourims #Destinasiwisataberkelanjutan #VisitSumba #VisitSumbaTimur #VisitNTT #VisitNusaTenggaraTimur #VisitIndonesia #ExploreSumbaTimur #JalanJalanSolo #KampungUnik #KampungWisataUnik #KampungWisataMenarik #ObjekwisataSumbaTimur #TempatWisataSumba #PariwisataSumba #Traveling #TravelingSolo #Solotraveler #VisitIndonesia #PesonaIndonesia #WonderfulInfonesia #infowisatasolo #infowisata #infopariwisataindonesia #Traveler #Travelxism #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

264 views