Lembah Bada, Situs Megalitikum yang Penuh Misteri


Taman Nasional Lore Lindu yang berada di Poso, Sulawesi Tengah terdapat sebuah peninggalan situs sejarah megaitikum, tepatnya berada di Lembah yang bernama Lembah Bada. Berjarak sekitar 145 km dari Kota Poso atau sekitar lima jam perjalanan darat melalui pegunungan di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, destinasi ini akan membuat Travelovers takjub akan keindahan lanskapnya sekaligus dibuat penasaran akan peninggalan sejarahnya. Patung-patung yang berukuran besar yang tersebar di wilayah Lembah Bada ini dan hingga saat ini patung-patung yang tersebar ini masih menjadi misteri. Kok bisa? Ayo kita telusuri bersama-sama dengan Tim TRAVELXISM misteri apa yang ada di situs megalitikum Lembah Bada ini,



a. Kegunaannya Masih Menjadi Misteri?

Kruyet, seorang antropolog berkebangsaan Belanda pada tahun 1898 merupakan orang pertama yang menemukan situs peninggalan sejarah ini yang oleh warga sekitar disebut Patung Palindo. Akan Tetapi hingga saat ini, para peneliti belum banyak mengetahui mengetahui alasan di balik proses pembuatan Patung Palindo, tujuan dan juga kegunaan dari situs peninggalan ini. Ada banyak spekulasi yang bertebaran mulai dari masyarakat lokal yang percaya bahwa tujuan batu-batu tersebut dulunya digunakan untuk melakukan pemujaan terhadap leluhur sampai ada juga dugaan oleh peneliti bahwa batu itu dibuat oleh budaya yang masih berhubungan dengan budaya megalitikum di Laos, Kamboja, dan beberapa wilayah di Indonesia. Namun, sampai saat ini masih juga belum ada yang bisa menentukan ada apa sebenarnya dengan situs megalitikum tersebut. Wah misterius sekali ya Travelovers!



b. Bukan Patung Saja yang ada di Lembah itu

Di Lembah Bada situs megalitikum ini bukan hanya berupa patung megalitikum berupa arca polinesia saja, tapi ada juga sarkofagus atau kalamba, tempayan kubur, lumpang batu, batu dakon, rumah tambi dan buho (lumbung), umpak batu, batu lesung, menhir (batu tegak), dan peti kubur kayu (Polumua). Patung-patung yang tersebar pun sangatlah unik bentukknya. Yang berbentuk wajah manusia biasanya memiliki kepala besar dengan mata bulat dengan garis tunggal yang merepresentasikan alis, pipi, dan dagu, dan biasanya tubuh patung tersebut tanpa lekukan serta tanpa kaki.




c. Bentuknya pun bahkan Masih Menjadi Misteri

Sepertiya segala sesuatu yang berhubungan dengan Patung Palindo ini memiliki berbagai misteri. Bahkan bentuknya pun menjadi sebuah misteri. Banyak yang berkata bahwa patung yang berasal dari rentang usia 1.000 hingga 5.000 tahun ini menyerupai sosok aneh dan tidak seperti manusia pada umumnya. Bahkan ada yang bilang bentuk patung ini menyurapi astronot dari dunia lain. Ada-ada saja kan Travelovers? Sejauh ini Arkeolog bisa membedakan antara patung pria dan wanita dari representasi alat kelamin dan wajah, seperti rambut panjang pada wanita. Patunng-patung ini juga mewakili bentuk binatang, selain mewakili bentuk manusia.




Bagaimana Travelovers? Tertarik untuk mengunjungi situs peninggalan megalitikum ini atau mungkin tertarik untuk meneliti patung ini? Mungkin saja Travelovers bisa menemukan fakta baru yang hingga berabad-abad masih belum bisa ditemukan. Apapun alasannya, TRAVELXISM mendukung Travelovers untuk mengunjungi situs bersejarah yang misterius ini! Semakin misterius, semakin menarik!


#LembahBada #PatungPalindo #Poso #SulawesiTengah #SitusSejarahMegalitikum #Megalitikum #wisataMegalitikum #Misterius #PeninggalanSejarah #sarkofagus #kalamba #tempayankubur #lumpangbatu #batudakon #rumahtambi #buho #lumbung #umpakbatu #batulesung #menhir #petikuburkayu #wisatasejarahposo #budayamegalitikum #Travel #Traveller #Travelkebengkulu #Travelingkebengkulu #Travelblogger #Travelxism #Infotravelxism #Travelxismdotcom #Infotravel #Travelingseru #KelilingIndonesia #NapakTilasSejarah #NapaktilassejarahdiPoso #LiburankePoso #Liburanseru #SejarahIndonesia #WisatasejarahIndonesia

307 views