Lihuania, Negara Kecil di Teluk Balkan


Travelovers, kali ini Tim Travelxism akan mampir ke Eropa dan kita akan singgah sebentar di Lithuania. Negara yang terletak di kawasan Eropa Timur ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari ketinggian, travelovers bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan. Ditambah dengan arsitektur bangunan dan tata kota yang menarik serta hutan dan sungai yang menambah asri negara ini.


Negara yang dikenal dengan daratan burung bangau ini juga menjadi salah satu negara yang direkomendasikan sebagai destinasi liburan di eropa. Hal ini karena biaya untuk liburan di Lithuania tergolong murah, sehingga semua orang bisa merasakan liburan ke Benua Eropa. Sebelum kalian merencanakan liburan ke Lithuania, Travelxism akan berbagi enam fakta unik dan menarik seputar Lithuania.


Dua Kali Merayakan Kemerdekaan


Lithuania

foto: Google Content

Travelovers tahu ngga sih kalau ternyata Lithuania ini dulunya merupakan negara persemakmuran yang bernama Uni Polandia-Lithuania lho. Karena gempuran dari negara lain, maka negara persemakmuran ini berpisah pada abad ke-17. Sempat merdeka sesaat, Lithuania kembali diduduki Jerman dan Uni Soviet pada sekitaran tahun 1941 – 1945. Pada tahun 1992 barulah Lithuania kembali merdeka. Itu kenapa mereka merayakan dua hari kemerdekaan, yang pertama adalah pada tanggal 16 Februari dan yang kedua adalah Hari Perbaikan (Restorasi) Kemerdekaan pada tanggal 11 Maret.


Sepertiga Daratan adalah Hutan


Nampak Pepohonan di Hutan Lithuania

foto: Ehef

Jika dilihat dari ketinggian, warna dominan yang akan terlihat dari negara ini adalah hijau dan merah. Namun lebih dominan hijau, karena kurang lebih sepertiga daratan Lithuania terdiri dari hutan. Itu termasuk wilayah daratan dan taman nasional yang dilindungi. Salah satunya Taman Nasional Aukštaitija yang 70% dari areanya ditutupi oleh hutan. 80% dari hutannya terdiri dari pohon pinus, yang diantaranya ada yang sudah berusia 200 tahun .Wah kadar oksigen di Lithuania tidak perlu diragukan lagi kesegarannya ya travelovers.


Memiliki Banyak Sungai dan Danau


Salah satu sungai di Lithuania

foto: Lithuania Travel

Selain kaya akan hutan, Lithuainia juga kaya akan air. Bukan karena dekat laut ya travelovers, tapi karena negara ini memiliki sekitar 816 sungai dan 6000 danau. Tidak heran kalau Lithuania memiliki banyak danau travelovers, di Taman Nasional Aukštaitija saja ada sekitar 126 danau sendiri, itu belum termasuk wilayah lain. Cukup banyak juga ya kalau mau dihafal. Nah, danau terbesar di Lithuania adalah danau Druksiai (44,5 km2), sedangkan danau terpanjangnya adalah danau Asveja (21,9 km), dan danau terdalamnya adalah Tauragnas (65,5 m).


Banyak Balon Udara


Pemandangan Balon Udara

foto: Lithuania Travel

Saat melihat Lithuania, tentu kalian akan melihat banyak balon udara. Hal ini karena Lithuania adalah negara pertama yang memiliki banyak balon udara dari setiap penduduknya. Vilnius, Ibu Kota Lithuania adalah dimana orang bisa terbang dengan balon udara. Maka jangan heran kalau banyak balon udara warna-warni di Lithuania.


Vilnius, Kota Tua-nya Lithuania


Bangunan Tua di Vilnius

foto: Lithuania Travel

Vilnius merupakan ibu kota Lithuania yang memiliki arsitektur bangaunan bersejarah yang masih dipertahankan. Vilnius adalah salah satu kota tua peninggalan zaman pertangahan terbesar yang masih bertahan di Eropa Utara. Pada tahun 1994 kota Tua Vilnius terdaftar dalam UNESCO World Heritage. Selain itu di Vilnius juga terdapat Gate of Dawn (Gerbang Senja). Gerbang tersebut merupakan salah satu monument keagamaan bersejarah di Lithuania.


Kastil di Tengah Danau


Kastil di Danau Trakai

foto: Explore Trakai

Taman Nasional Bersejarah Trakai adalah taman nasional di Lithuania yang dibangun pada 1992. Taman ini dibangun untuk mengenang kota bersejarah Trakai. Uniknya nih travelovers, di taman nasional ini terdpat sebuah kastil yang terletak di sebuah pulau di Danau Galve kota Trakai. Wah, menarik bukan? Travelovers bisa berkeliling danau sambil melihat kastil. Alternatif lainnya adalah jika berkesempatan, mampir sebentar di kastil. Nah, letak taman nasional ini juga tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 25 km ke sebelah barat kota Vilnius.


Nah travelovers, itu dia enam fakta menarik tentang Lithuania. Yah hitung-hitung menambah pengetahuan travelovers tentang Lithuania sebelum berlibur ke sana. Sebelum explore Lithuania tidak ada salahnya kan kalau tahu sedikit informasi umum tentang negara tersebut. Segera siapkan paspor dan terbang ke Lithuania ya Travelovers. Selamat berkeliling! /Ajeng/



#Lithuania #Trakai #Danau #Vilnius #Kotatua #Eropa #Leisure #Balonudara #Wisataeropa #liburankeeropa #DanauLithuania #TrakaiLithuania #Kastil #Kastilditengahdanau #Teluk #TelukBalkan #WisataLithuania #Heritage #Merdekduakali #TravelLithunia #TravelEropa #Travelingkeeropa #Bacpakereropa #Wisataalameropa #UnescoHeritage #Eropatimur #Traveling #Travelxism #Infotravelxism #Infotraveling #Travelxismdotcom #Hutan #Sungai #Liburaneropa #KelilingLithuania #WisataLithuania #DestinationinLithuania #Liburanseru #TravelEurope

384 views