MARITIM Sokong Sukses Pariwisata Desa Bontagula, Bontang

Aloha travelovers, Travelxism kembali lagi menemani perjalanan wisata kalian semua nih. Setelah kemarin Tim Travelovers sudah keliling Flores, sekarang kita akan melihat pantai di Kalimantan Timur. Jangan salah ya travelovers, di Kalimantan juga banyak pantai yang Indah lho. Pantai yang beneran pantai ya ini, bukan hanya kubangan air di bekas galian tambang.


Nah kali ini ke mana kita? Kita akan ke Desa Bontagula di Kabupaten Bontang, Kalimantan Timur. Terlalu lama di tanah Flores membuat rindu dengan air laut juga nih travelovers. Dan kebetulan Desa Bontagula ini punya panorama laut yang luar biasa indah. Penasaran bagaimana bisa Desa Bontagula menang? Travelxism akan berbagai rahasia mereka. Ini dia rahasia Desa Bontagula versi TRAVELXISM.


Pantai Yang Sangat Bersih



Memiliki letak geografis yang diapit oleh laut, menjadikan desa ini memiliki pemandangan laut yang tiada dua pastinya. Sejauh mata memandang hanya hamparan biru yang memenuhi mata. Air pantai Desa Bontagula indah jernih. Mungkin ini salah satu alasan kenapa Desa Bontagula menang penghargaan dari Menteri Desa ya travelovers.


Nah, travelovers, masyarakat Desa Bontagula ini sangat menghargai dan menjaga pantai mereka dari sampah travelovers. Jadi tidak heran kalau air pantai ini bersih sekali. Selain itu, karena kebanyakan masyarakat menggantungkan hidup dari hasil laut, maka mereka tidak ingin mencemari laut, walaupun dalam kegiatan berburu sekalipun. Jadi saat berburu mereka tetap menggunakan bahan dan cara tradisional lho karena mereka mempunyai komitmen kuat untuk tidak mau laut dan ekosistem di dalamnya.


Pemenang Desa Wisata Terbaik



Sama dengan desa-desa sebelumnya yang ditulis TRAVELXISM, Desa Wisata Bontagula ini juga menerima penghargaan dari Menteri Desa sebagai Desa Wisata Terbaik dalam kategori Maritim. Berkat potensi laut yang luar biasa ini, masyarakat akhirnya menjadikan desa ini sebagai salah satu destinasi pariwisata bagi wisatawan. Mereka akhirnya membuka diri dan menerima wisatawan. Bahkan dengan meningkatnya perekonomian masyarakat setempat, desa wisata satu ini juga bisa dikategorikan sebagai salah satu destinasi pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism lho travelovers. Desa Bontagula ini tidak hanya turut menjaga keseimbangan alam tapi juga mulai memberdayakan masyarakat setempat dalam bidang pariwisata.


Wisata Berbasis Masyarakat



Wisata yang ditawarkan di desa ini tentu berhubungan dengan laut ya travelovers. Namun, konsep wisata di desa wisata ini tetap berbasis pada masyarakatnya. Jadi, selain menjual alam, mereka juga menjual keramahan masyarakatnya. Kalau travelovers berkunjung ke sana, sempatkan untuk menginap di rumah-rumah warga yang sebagian dibangun di atas air laut. Dan, semuanya terbuat dari kayu, termasuk jembatan penghubung. Menarik bukan?


Nah, kalau sudah di sana jangan hanya melihat laut. Coba ikut berbaur dengan keseharian warga, seperti ikut mencari ikan dengan cara tradisional dan menggunakan penangkap ikan yang ramah lingkungan. Pasti akan semakin seru travelovers! Duduk di atas kapal di tengah hamparan laut luas sambil menunggu uman di makan ikan. TRAVELXIM sih sudah bisa membayangkan bagaimana keseruannya. Kalau kalian bagaimana?


Para pengunjung setempat juga ramah, mereka semua baik-baik lho travelovers. Mereka akan menerima keberadaan kalian dengan hangat khas penduduk pedesaan. Mereka benar-benar mengaplikasikan konsep destinasi pariwisata berkelanjutan ya travelovers.


Kalau travelovers tidak berkesempatan bergabung dengan warga, maka sudah tersedia beberapa penginapan kok di sana, jadi tidak usah khawatir. Tapi jangan lupa kalau ke sana tetap bersosialisasi dengan warga setempat ya, supaya sensasi liburannya lebih terasa. Sekali-kali mencari ikan dengan warga setempat dan perahu tradisional tidak ada ruginya juga lho, justru pasti akan menyenangkan. Jadi, selamat berlayar!




#Bontagula #DesaBontagula #DesawisataBontagula #Bontang #KalimantanTimur #Indonesia #Asia #LautBontang #PesonaLautIndonesia #PesonaIndonesia #VisitIndonesia #WonderfulIndonesia #destinasipariwisataberkalnjutan #pariwisataberkelanjutan #sustainabletourism #DesaWisataMaritim #DesaWisataMaritimTerbaik #DesaWisataTerbaik #Traveling #Travell #TravelIndonesia #TravelingIndonesia #Travelbloger #TravelInstagram #TravelingIndonesia #AroundIndonesia #KelilingIndonesia #Travelxism #InfoTravel #InfoTraveling #InfoTravelingIndonesia #IndonesianSea #BlueOceanIndonesia #Travelovers #TravelxismDotCom

0 views