Megahnya Rammang Rammang Maros Sulawesi Selatan



Travelovers pasti tidak asing dengan destinasi wisata Ha Long Bay di Vietnam yang memiliki ribuan karst raksasa bukan? Membayangkan serunya berlayar diantara batuan karst pasti sangat menyenangkan. Namun sering kali bayangan itu tiba-tiba hancur karena biaya ke Vietnam yang lumayan merogoh kocek ya Travelovers. Nah, kalian tidak usah khawatir. Sekarang untuk menikmati karst raksasa kalian tidak perlu jauh-jauh ke Vietnam karena di Indonesia juga ada. Namanya Rammang-Rammang Maros.


Terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, gugusan batuan karts raksasa berpadu dengan alam Indonesia menjadi surga yang dicari oleh wisatawan. Sejak dibuka untuk wisata pada tahun 2014, perkembangan objek wisata Rammang-Rammang selalu mengalami kenaikan pengunjung di tiap tahunnya. Nah,Tim TRAVELXISM sudah menyusun 4 alasan kenapa travelovers harus mengunjungi Remmang Remmang. Berikut 4 alasan tersebut versi Tim TRAVELXISM.


Karst Terbesar Ke Tiga


Kemegahan Rammang Rammang Maros

Foto: Visit Maros


Travelovers sudah sepatutnya bangga sebab Karts Rammang Rammang merupakan salah satu pegunungan karst terbesar ketiga setelah Tsingy di Madagaskar dan Shilin di Tiongkok. Untuk di tingkat lokal, Rammang Rammang merupakan satu-satunya Taman Hutan Batu Kapur yang terbesar, jadi wajib sekali untuk dikunjungi. Selain itu keindahan pegunungan karst ini juga tidak memukau dari Ha Long Bay Vietnam. Bedanya Rammang Rammang ini lebih bertemakan alam hijau Indonesia yang memukau.


Menyimpan Sejarah Manusia


Tulisan Tangan di Gua Desa Berua

Foto: Destin Asia


Melihat bentuk dan keadaan batuannya, Rammang Rammang ini memang sudah terbentuk sejak lama travelovers. Menurut penuturan ahli, pegunungan karst ini sudah terbentuk sejak 30 juta tahun yang lalu. Hanya kemudian baru dihuni manusia pada 40 ribu tahun yang lalu.

Mengingat sejarahnya yang panjang, Rammang Rammang ini pun masih menyimpan jejak sejarah masa lalu. Para wisatawan masih bisa menemukan jejak sejarah seperti tulisan tangan atau simbol-simbol yang dibuat manusia masa lalu di dinding-dinding gunung. Oleh karena itu, pegunungan ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sangat berharga.


Susur Sungai Pute


Sungai Pute di Rammang-Rammang Maros

Foto: Twitter Makasar Guide


Untuk menikmati keindahan pegunungan karst ini, kalian bisa melakukannya dengan menyusuri Sungai Pute menggunakan katingting atau perahu kecil yang disewakan warga lokal. Nanti dari dermaga Rammang Rammang kalian bisa menyewa perahu itu. Untuk tarif tidak usah khawatir, satu perahu bisa disewa dengan harga 250 ribu rupiah untuk empat orang. Sedangkan untuk 7 sampai 10 orang akan dikenakan 300 ribu rupiah.


Nah, dengan perahu tersebut kalian bisa menyusuri indah dan megahnya gugusan pegunungan karst di yang mengapit sungai pute. Kebayang kan bagaimana kerennnya. Serasa berada di dunia lain yang penuh bebatuan ya travelovers.


Berujung di Kampung Berua


Foto: My Day Pack


Nah, usai menyusuri Sungai Pute, kalian akan sampai di Kampung Berua. Sebuah perkampungan di mana penduduk setempat hidup bersama alam yang menakjubkan ini. Nah, dari Kampung Berua ini wisatawan bisa mulai melakukan trekking ke gunung kapur. Atau jika kalian hanya ingin mengagumi keindahannya, kalian bisa sekedar bersantai dan duduk menikmati hamparan hijau pesawahan dan kolam ikan yang berdampingan satu sama lain. Benar-benar suasana yang menyenangkan, hijau asri pegunungan dan hembus angin pedesaan benar-benar terasa di sini.


Nah travelovers, itu dia tadi Rammang Rammang, sebuah pegunungan kapur yang megah di Sulawesi Selatan. Bagi kalian yang punya rencana berkunjung ke sini, TRAVELXISM punya sedikit tips. Saat berkunjung jangan lupa kenakan pakaian berbahan katun yang nyaman, gunakan juga alas kaki yang nyaman untuk trekking, jangan lupa pakai sunblock dan topi juga yak karena di sana sangat panas. Tips terakhir adalah siapkan stamina dan fisik yang kuat karena kalian akan melalui perjalanan yang cukup jauh dan berat. Selamat Berlibur! /Ajeng/



#RammangRammang #Berus #BatuanKarst #SungaiPute #Makasar #SulawesiSelatan #Maros

#Wisataalam #VisitMakasar #WonderfulIndnesia #PesonaIndonesia #PesonaalamIndonesia #PesonaMakasar #VisitMaros #VisitRammangRammang #AmazingRammangRammang #WisataMakasar #AlamMakasar #TourDeMakasar #TourDeIndonesia #Travel #Travelovers #Travelxism #TravelIndonesia #Traveling #SoloTRavel #MakasarTravel #KunjungiMakasar #AyokeMaros #AyoKeMakasar #TravelingYuk #LiburanYuk #Travelxism #InfoTravelxism #TravelxismDotCom

152 views