• Travelxism

Membangun Adrenalin, Wisata Adventure Hutan Pinus Pengger


Photo by: Aditya Prasetya Aji – Peserta STIP Travelxism – Universitas Sebelas Maret

Kota Jogja selalu menyimpan banyak sekali sejarah yang tidak semua terungkap. Banyak orang mengatakan, mengunjungi Yogyakarta memang tak pernah ada bosannya. Tempat wisata yang ragam dengan wisata, kuliner, budaya, dan juga orang-orang di dalamnya yang ramah. Tidaklah heran jika orang-orang yang telah mengunjungi kota Jogja ingin kembali lagi. Hutan Pinus Pengger, sebuah objek wisata yang berada di Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan Patuk-Dlingo km 4,5.



Area wisata Pinus Pengger mulai dibuka dari pukul 07.00 WIB dan tutup operasional pada pukul 21.00 WIB. Harga tiket masuknya pun cukup pas di kantong segala kalangan, travelovers dengan membayar Rp. 5.000 sudah dapat menikmati keindahan dari wisata ini. Pinus Pengger merupakan salah satu wisata berada di Desa Wisata Mangunan yang terkenal dengan ikon wisata Hutan Pinus.


Dalam konteks desa wisata sudah dipastikan akan selalu ada hal yang menjadi daya tarik untuk diberdayakan dan dikembangkan. Desa wisata juga merupakan aset kepariwisataan sebagai produk wisata untuk menarik wisatawan. Sesuai dengan Keputusan Menteri Kehutanan RI No: 687/Kpts II/1989 Bab I Ketentuan Umum, Pasal 1 ayat 1: bahwa hutan wisata adalah kawasan hutan diperuntukkan secara khusus, dibina, dan dipelihara guna kepentingan pariwisata dan wisata buru, yaitu hutan wisata yang memiliki keindahan alam dan ciri khas tersendiri sehingga dapat dimanfaatkan bagi kepentingan rekreasi dan budaya yang disebut Taman Wisata.


Desa Wisata Mangunan merupakan desa wisata yang bergerak atas dasar pemberdayaan masyarakat Kelompok Tani Hutan (KTH) yang dibentuk dan diarahkan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 2014. Desa Wisata Mangunan memiliki lembaga legalitas yang bernama Koperasi Noto Wono yang diketuai oleh Bapak Purwo Harsono atau yang biasa dikenal Pak Ipung, lembaga ini menjadi wadah dari masyarakat di Desa Mangunan untuk menjadi layanan terpadu merepresentasikan 10 Destinasi Wisata yang tersedia.


Kawasan Hutan Pinus selalu menarik wisatawan karena suasananya yang masih asri membuat area wisata sejuk dan menenangkan. Spot – spot yang ditawarkan pun juga mempunyai daya tarik sendiri. Suasananya sangat cocok untuk travelovers yang ingin berlibur dan rehat dari aktivitas yang ada. Area ini akan membawa travelovers beserta partner sangat menikmati karena semua fasilitas yang terwadahi. Terlihat pula pengelola sangat memperhatikan baik perawatan dan kebersihan yang ada pada setiap titik. Pinus Pengger ini mempunyai keunikan yang membuat pengunjung kerasan berada di area ini. Pinus Pengger lebih mengarah kepada wisata adventure. Travelovers dapat merasakan pengalaman jeep tour dan spot andalannya hammock area!


Jeep Tour

Travelovers sebelum memasuki area pinus pengger, di pintu masuk tepatnya di depan tulisan “Pinus Pengger Yogyakarta” pasti melihat terdapat banyak unit jeep yang terparkir rapi. Travelovers dapat merasakan asiknya mengelilingi area Desa Wisata Mangunan menggunakan Jeep. Dengan harga start from Rp 250.000 – Rp 1.000.000, travelovers dapat mengelilingi kampung mengitari Desa Mangunan. Satu jeep tour dapat muat untuk kapasitas 4 orang, paket jeep tour juga dapat menjadi alternatif travelovers untuk lebih hemat menikmati seluruh destinasi wisata Desa Wisata Mangunan dengan cara yang berbeda!

  1. Paket Fun

Paket fun ini travelovers hanya diajak mengelilingi Desa Wisata Mangunan dengan durasi 1 – 1,5 jam tetapi tanpa memasuki objek wisata. Travelovers cukup membayar dengan harga Rp 250.000 saja!

  1. Paket Short

Terdapat pula paket dengan harga Rp 350.000, travelovers dapat mengitari Desa Wisata Mangunan dan memilih 3 objek destinasi untuk dimasuki dan sudah include dengan tiket masuk.

  1. Paket Medium

Rute yang lebih jauh pula travelovers dapat memilih paket dengan harga Rp 500.000, durasi perjalanan kurang lebih 3 jam dengan pilihan 3 perjalanan yaitu rute pertama terdiri Hutan Pinus Pengger, Hutan Pinus Becici, Pintu Langit, dan Lintang Sewu. Sementara itu rute kedua, terdiri dari Bukit Panguk, Watu Mabur, Jelajah Sawah, dan Jurang Tembelan. Pilihan rute ketiga, terdiri dari Watu Goyang, Watu Mabur, Jelajah Sawah, dan Rumah Hobbit.

  1. Paket Long

Selanjutnya dengan paket Rp 750.000, durasi perjalanan 5 jam dan travelovers dapat mengelilingi Desa Wisata Mangunan serta berkunjung ke enam destinasi wisata. Travelovers dapat memilih kemana ingin berwisata dan sudah include dengan tiket masuk juga loh!

  1. Paket Hobi

Dan terakhir dengan range Rp 750.000 – Rp 1.000.000, travelovers dapat merasakan tantangan pada paket ini. Pasalnya, travelovers akan diajak dengan rute yang cukup ekstrem yaitu melewati Sungai Oyo. Paket ini memang lebih mahal daripada lainnya karena juga dapat di lihat dari trek perjalanan serta travelovers memerlukan waktu 7 jam untuk menghabiskan wisata di Desa Mangunan. Tapi, travelovers hanya dapat menikmati paket hobi ini saat kemarau saja pasalnya medan perjalanan yang ektrem terlalu resiko jika musim hujan.


Hammock Area


Hammock merupakan tempat tidur gantung yang memiliki bentuk layaknya ayunan. Hammock ini biasanya terpasang diantara dua pohon dan terlentang. Di Pinus Pengger, spot hammock sangatlah ikonik! Bagaimana tidak, pesona indah hutan pinus menjadi latar belakang kita dalam berfoto menggunakan hammock yang tidak semua destinasi di Desa Mangunan ini miliki. Travelovers dapat berfoto dengan partner formasi bertingkat dan sudah termasuk dengan fotografer dari pihak Pinus Pengger. Dengan membayar Rp 25.000 untuk personal dan bertingkat Rp 20.0000, travelovers dapat berfoto ria sepuasnya dan mendapatkan softfile dari fotografer.


Sudahkah travelovers merencakan ke Pinus Pengger? Jangan lewatkan paket - paket yang ditawarkan oleh pengelola juga ya! See you on the next experience travelovers!


/Zharifah Mutia Khansa – Peserta STIP Travelxism – Universitas Semarang/

41 views0 comments