Menakjubkan! 7 Kota Terlantar di Dunia namun Mempesona

Bagi beberapa wisatawan, pelancongan ke tempat wisata yang ramai pasti sudah biasa nih. Tapi bagaimana jika lokasi pelancongannya ke tempat yang sepi, bahkan tidak berpenghuni seperti kota mati? Wah pasti aneh banget awalnya, tapi serasa punya sendiri yak arena tidak ada penghuni lain.

Nah, tahukah travelovers kalau di dunia ini tidak hanya kota romantis dan menawan yang ramai dikunjungi. Beberapa kota mati yang terlatar juga mulai memiliki daya tarik tersendiri lho. Seperti kota-kota di bawah ini:


Pripyat, Ukraina


Kota Pripyat di Ukraina terpaksa ditinggalkan lantaran bencana ledakan di reactor nuklir Chernobyl. Ledakan tersebut menyebabkan radiasi yang sangat tinggi, sehingga seluruh warga kota harus dipindahkan. Akibat ledakan tersebut Pripyat tidak akan bisa lagi dihuni setidaknya selama 20.000 tahun mendatang. Namun, terdapat beberapa titik dengan tingkat radiasi dalam zona pengecualian. Sehingga ini membuat beberapa tempat cukup aman untuk dikunjungi oleh wisatawan. Meski tidak terawatt, masih ada sisa bangunan dengan gaya arsitektur Uni Soviet lama yang menawan.


Pulau Hashima, Jepang


Pulau berbentuk kapal perang ini berda di laut lepas Nagasaki. Pulau ini dulunya merupakan tambang batu bara dibawah perusahaan Mitsubishi. Namun pada tahun 1974, karena sumber batu bara sudah habis, maka para penduduk mulai meninggalkan pulau ini. Beberapa bangunan seperti aparteman, rumah tinggal, rumah sakit, sekolah, bahkan kuil Shinto masih berdiri di pulau tersebut. Namun karena termakan usia kondisi bangunannya pun menjadi rapuh. Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan Pulau Hashima sebagai salah satu warisan dunia lho travelovers. Kabarnya pulau ini menjadi salah satu wisata uji nyali lho travelovers. Masih tertarik?


Kayakoy, Turki


Sebelum terlantar kota Kayakoy pernah dihuni oleh orang Yunani. Saat perang Yunani-Turki pecah, sekitar 6500 diusir keluar dari kawasan ini sehingga kota Kayakoy menjadi tidak berpenghuni. Usai pengusiran tersebut kota ini diguncang gempa. Hebatnya, beberapa rumah-rumah batu, toko-toko dan gereja-gereja Yunani Ortodoks masih tetap bertahan meski sebagian banguna telah kehilangan atap dan jendela. Sekarang Kayakoy dilestarikan sebagai monumen bersejarah yang dapat dikunjungi wisatawan. Di sana kalian bisa melihat sisa bangunan Yunani travelovers.


Merv, Turkmenistan


Merv adalah salah satu kota besar di Turkmenistan. Kota ini adalah Jalur Sutra di mana tempat seperti perpustakaan, kuil, kebun, dan taman hijau berada. Merv juga menyimpan banyak kekayaan, sehingga kota ini sempat diserang orang Mongolia. Penyerangan tersebut membuat kota berantakan dan para warga melarikan diri. Sekarang kalau travelovers berkunjung ke kota ini, kalian bisa melihat sisa sisa kejayaan Merv. Reruntuhan tembok Benteng Kiz Kala, stupa-stupa yang rusak, gereja lama dan tembok-tembok pasir adalah pemandangan utama di sana.


Beichuan, China


Pada tahun 2005, China sempat diguncang gempa bumi dahsyat berkekuatan 7.9 skala magnitude. Gempa tersebut mengguncang Beichuan, salah satu kota Bandar di China. Karena pemerintah China tidak ingin kejadian yang sama terulang kembali, maka seluruh warga dipindahkan sejauh 18 kilometer dari Beichuan. Sejak tahun 2005 juga pemerintah China menetapkan Beichuan sebagai kawasan Museum Terbuka. Kota ini adalah kota mati modern. Kalian bisa menemukan banyak bangunan baru dengan arsitektur modern di sini travelovers.


Centralia, Pennsylvania, Amerika Serikat


Kota Centralia mulai ditinggalkan karena lapisan batu bara di bawah kota ini terbakar pada 1962. Keadaan tersebut membuat jalanan menjadi berabu, mengeluarkan uap beracun, dan menyebabkan lubang pembuangan raksasa. Centralia menjadi tidak nyaman untuk ditinggali sehingga perlahan warga mulai pindah. Sekarang kota ini menjadi museum graffiti terbuka yang luas dan besar. Kalian juga bisa melihat gedung-gedung Amerika gaya 1960-an di beberapa tempat. Asik bukan?


Akarmara, Abkhazia


Akarmara berdekatan dengan Laut Hitam nih travelovers, tepatnya bagian barat daya. Kota yang berada di kaki bukit Pegunungan Kaukasus ini dulu merupakan kota pertambangan yang ramai. Sekitar 5.000 orang tinggal di sini. Namun, saat perang Uni Soviet-Abkhazia pecah, penduduk mulai meninggalkan kota ini. Akarmara pun menjadi porak poranda karena perang. Mobil-mobil berkarat, jalan-jalan yang hancur, dan blok-blok apartemen terlihat terlantar di kota ini. Pemandangan ini bagus sebagai latar belakang pemandangan akhir dunia. Terlihat dramatis sekali travelovers. Menarik.


Nah travelovers, itu dia 7 kota terlantar yang memiliki pesona luar biasa. Tidak hanya menjual pesona saja, namun tujuh kota tersebut juga memiliki kisah yang menarik dibalik ketelantarannya. Jangan lupa masukkan ke list liburan akhir tahun ini ya travelovers. Tetap jaga keselamatan dan hati-hati saat berkunjung ya. Selamat Berlibur!


#KotaTerlantar #Pripyat #Ukraina #UniSoviet #PulauHashima #JepangNagasaki

#perusahaanMitsubishi #kuilShinto #UNESCO #Kayakoy #Turki #Yunani #Turki #YunaniOrtodoks #Merv #Turkmenistan #Mongolia #China #KotaCentralia #Pennsylvania #AmerikaSerikat #Akarmara #Abkhazia #LautHitam #PegununganKaukasus #Travel #Destination #Travelovers #Travelxism #TravelxismDotCom #InfoTravelxism #beichuan #China #RRC #TheDeathCity #MuseumChina #MuseumBeichuan #EarthquakeBeichuan

0 views