• Travelxism

Mengenal Lebih Dekat Proyek “Travelxism X Butik Daur Ulang Project B Indonesia”

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Halo, Traverlovers. Tahu nggak sih kalo di Travelxism ada yang namanya Divisi Tourism Sociopreneur (Socio)? Divisi ini adalah divisi baru di STIP Batch 2 Travelxism yang berada dalam naungan dua mentor kece yaitu Risty Nurraisa, S.S., M. Sc. yang akrab disapa Mbak Risty. Beliau merupakan profesional di bidang Tourism Content & Development. Selanjutnya, juga ada Diyah Hayu Rahmitasari, S.I.P., M. Comms. atau yang biasa disapa Mbak Hayu. Beliau merupakan seorang ahli di bidang Writing, Media, & Communications.

Apa sih peran dan tugas Divisi Tourism Sociopreneur (Socio)? Jadi, Divisi Socio berperan sebagai business development yang bertugas untuk mengintegrasikan dan membuka kerja sama antara Travelxism dengan pemerintah daerah, destinasi, UMKM, maupun komunitas pariwisata yang ada di Yogyakarta. Pada Batch 2 ini Divisi Socio diarahkan untuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang bergerak di wisata ecoprint dan rendah jejak karbon. Bagaimana keseruan proyek Divisi Socio? Let’s check it out!

Pada 6 April 2022, salah satu kelompok Divisi Tourism Sociopreneur secara resmi membuka kerjasama dengan salah satu UMKM yang bergerak di kerajinan daur ulang yakni Butik Daur Ulang Project B Indonesia. Pada 2008, Butik Daur Ulang Project B Indonesia didirikan oleh Bapak Hijrah Purnama Putra bersama teman-temanya. Butik tersebut sudah melakukan kontribusi positif untuk mengurangi jumlah sampah plastik di wilayah Yogyakarta melalui pemilahan dan pengelolaan sampah plastik kemasan menjadi produk siap pakai dan bernilai jual tinggi.

Kontribusi positif ini selaras dengan upaya untuk mengurangi jejak karbon. Maka dari itu, kerjasama ini adalah tindak lanjut dari pengembangan untuk kemajuan wisata rendah jejak karbon di Yogyakarta. Tujuan dari kerjasama ini yakni untuk memberdayakan anggota UMKM, mengedukasi masyarakat mengenai produk dan wisata rendah jejak karbon, serta membantu komunitas lokal dalam pengurangan limbah terutama limbah plastik kemasan.

Agar dapat mewujudkan tujuan tersebut, maka Divisi Socio bersama Butik Daur Ulang Project B Indonesia menyepakati beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan, antara lain :


Pembuatan Video Branding

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Video branding ini terdiri dari Video Profil Butik Daur Ulang Project B Indonesia dan Video Edukasi terkait pemilahan dan pengelolaan sampah. Pembuatan video ini berlangsung pada 21 April 2022 di dua lokasi yakni Workshop Butik Daur Ulang (Jl. Banteng Baru Raya Utara No.I, Banteng, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Butik Daur Ulang Project B Indonesia (Jalan Sukoharjo No.132 A,Condong Catur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daera, Sleman, Gejayan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta).

Dalam proyek ini Divisi Socio bekerjasama dengan Divisi Digital untuk proses shooting hingga editing. Video-video yang sudah diproduksi tersebut nantinya akan disebarluaskan ke berbagai media sosial untuk memperkenalkan Butik Daur Ulang Project B Indonesia dan mengedukasi masyarakat.

Pelatihan Anggota Internal UMKM Butik Daur Ulang Project B Indonesia

Sumber: Dokumentasi Travelxism


Pelatihan tersebut meliputi pelatihan public speaking, tour guiding, dan digital branding. Kegiatan ini rencananya akan dilakukan pada awal bulan Mei. Dalam proyek ini Divisi Socio bekerjasama dengan Divisi CBT & Divisi Digital untuk penyampaian materi dan praktiknya. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat membangun kepercayaan diri seluruh anggota Butik Daur Ulang Project B Indonesia untuk memberikan pengarahan yang tepat kepada wisatawan yang akan datang berkunjung dan mengembangkan digitalisasi dengan pembuatan website.


Pelatihan Masyarakat

Pelatihan ini rencananya diberi nama Sekolah Sampah Yogyakarta dan akan diadakan akhir Mei. Dalam pelatihan ini, Travelxism bersama Butik Daur Ulang Project B Indonesia akan memberikan informasi dan edukasi terkait apa itu jejak karbon, cara-cara yang bisa diterapkan dalam mengelola sampah, dan aplikasi/praktik pengelolaan sampah khususnya sampah plastik kemasan kepada masyarakat. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan mampu mempengaruhi dan mendorong masyarakat agar mau berkontribusi dalam pemeliharaan lingkungan terutama di kawasan Yogyakarta.


Virtual Tour

Travelxism dan anggota internal Butik Daur Ulang Project B Indonesia akan mengajak serta membawa pengunjung berwisata dengan melihat proses pembuatan produk rendah jejak karbon mulai dari awal hingga akhir. Di sisi lain, hal ini guna mengedukasi masyarakat untuk bisa mengelola limbah yang mereka hasilkan. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung di akhir Mei atau awal Juni bersama divisi CBT.


Nah, sekarang kamu udah tau kan salah satu proyek di Divisi Tourism Sociopreneur (Socio). Jangan lupa yaaashare ke teman-teman sekitar sebagai bentuk partisipasi dan dukungan dalam kampanye rendah jejak karbon dan pemeliharaan lingkungan melalui pengelolaan sampah serta pemanfaatan produk daur ulang. Pantengin terus instagram @travelxism dan @projectbindonesia untuk melihat seluruh keseruan kegiatannya!!!!


/Nur Zahrun Al Jannah - Peserta STIP Batch 2 - Universitas Jember/


25 views0 comments

Recent Posts

See All