Mengenal Tugu 0 Kilometer di Sabang dan Merauke


Travelovers, di Indonesia ini memang banyak sekali tugu ya. Di antaranya yang terkenal ada Tugu Monas di Jakarta, Tugu Pahlawan di Surabaya, dan Tugu Jogja di Jogjakarta. Travelovers pasti familiar kan dengan ketiga tugu tersebut?


Nah, baru-baru ini ada tugu yang juga menarik untuk dikunjungi nih travelovers. Adalah Tugu 0 Kilometer Sabang-Merauke. Pada tahun September 1997 Tugu ini diresmikan oleh Wakil Presiden Try Sutrisno. Sebenarnya tugu ini sudah lama dibangun hanya saja tidak terlalu populer untk dikunjungi. Padahal di sekitar tugu ini terdapat panrama alam yang luar biasa indah lho travelovers. Mari kita intip bersama tugu ini bersama TRAVELXISM.


Berawal Dari Sebuah Lagu


Lirik lagu yang menjadi inspirasi dibangunnya tugu persatuan

Foto: Mabelakita

Travelovers tahu lagu dari Sabang sampai Merauke? Kalau teman-teman tahu lagu tersebut, nah itulah lagu yang menjadi isnpirasi dari berdirinya tugu-tugu ini. Dulu, katanya lirik lagu karya R. Surarjo tersebut sempat dirombak ulang lho. Awalnya lirik lagu tersebut adalah ‘dari Barat sampai ke Timur’, namun kemudian Irian Barat bersatu dengan Indonesia, liriknya kemudian digubah menjadi ‘Dari Sabang sampai Merauke’. Sebab akibat dari penyatuan itu adalah daerah paling Barat di Indonesia menjadi Sabang, dan paling timur adalah Merauke.


Tugu di Sabang


Lebih dekat dengan Tugu 0 Kilometer Sabang

Foto: Pesona Travel

Lirik pertama, Dari Sabang. Nah, Tugu Nol Kilometer Sabang ini terletak di Desa Iboih Ujong Ba’U, tepatnya 5 kilometer dari Pantai Iboih. Tugu di Sabang ini berwarna putih dan berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 50 sentimeter dan tinggi 22.5 meter. Bagian puncak tugu ini terdapat patung seekor burung garuda yang juga sekaligus menjadi lambang negara Indonesia. Selain melambangkan persatuan, tugu ini juga memiliki panorama yang luar biasa. Berada di tugu ini travelovers bisa melihat hamparan lautan dan pemandangan di Sabang sejauh mata memandang. Keren kan?


Nah, untuk mengunjungi tugu ini hanya dibutuhkan hingga 40 menit perjalanan dari pusat kota. Katanya kalau travelovers sudah mengunjungi tugu ini akan ada sertifikat sebagai bukti bahwa kalian pernah menginjakkan kaki di titik nol kilometer Indonesia ini. Menarik ya!


Tugu di Merauke


Tugu 0 Km Marauke

Foto: Mister Aladin

Melangkah ke tugu selanjutnya ada Tugu Nol Kilometer di Merauke. Letak pastinya ada di Sota yang berjarak kurang lebih 75 kilometer dari pusat kota Merauke. Bentuk arsitektur tugu ini tidak semegah Tugu 0 KM yang di Sabang. Hanya ada tulisan 0 Kilometer dengan perlambangan 0 yang besar dengan cat merah putih. Dan di bawahnya terdapat tulisan Sabang-Merauke. Mungkin supaya selalu ingat kalau wilayah Indonesia ini dari Sabang sampai Merauke ya travelovers.


Tugu ini pertama kali diinisiasi oleh komunitas penggemar sekuter. Tugu ini dibangun sebagai penanda bahwa travelovers telah berada di wilayah paling timur Indonesia.


Lambang Persatuan


Potret persatuan dalam keberagaman di Indonesia

Foto: Setkab

Nah, travelovers, kedua tugu tersebut dibangun bukan hanya karena ada lagu Dari Sabang Sampai Merauke lho, tapi tugu ini juga dibangun sebagai lambang persatuan dan kesatuan Indonesia. Tugu ini merupakan penanda geografis sekaligus menjadi makna kesatuan rakyat Indonesia. Oleh sebab itu hanya ada dua tugu yaitu di Sabang dan Merauke agar terkesan seperti merangkul wilayah Indonesia baik yang dari timur atau yang dari barat. Menarik sekali kan travelovers.


Itulah Tugu 0 Kilometer yang menjadi perlambang persatuan Indonesia dan tentunya ikon dua kota yakni Sabang dan Merauke. Penasaran dengan wujud dari bangunan tugu ini? Ayo kita ke sana dan dapatkan sertifikatnya!/Ajeng/




#Tugu #TuguIndonesia #Tugu0KM #Tugu0KMIndonesia #Tugu0KMSabang #Tugu0KMMerauke #VisitSabang #VisitMerauke #VisitIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaIndonesia #PesonaIndonesiaBarat #PesonaIndonesiaTimur #Infowisata #Indonesiantourism #Tourism #TuguPersatuan #TuguLambangPersatuan #TuguPersatuanIndonesia #travelxism #travelxism #travelxismdotcom #travelxismdotcom #traveler #traveler #travelersnotebook #travelovers #travelovers #travelingram #travelingram #traveltheworld #traveltheworld #travelphotography #travelblogging #travelvlog #travelvlog #travelvlogger #travelvlogger #traveling #traveling #travelling #traveller #travelers #travelers #travellers #travellers #instatravel #instatravel #instatraveling #instatraveler #instatravelgram #instatravelgram #instatravelblogger #instatravelblogger #travelbloggers #travelbloggers #travelblog #travelblog #travel #Travelovers

191 views