Mengenang Kejayaan Masa Lalu di Brest, Prancis

Updated: Jan 21



Prancis tidak hanya terkenal dengan romantisme Menara Eiffel. Jauh dari hingar bingar kota Paris, terdapat sebuah kota yang sangat tenang dan penuh sejarah. Adalah Brest, kota pelabuhan, yang terletak di sebelah barat laut dari Prancis. Brest merupakan kota tua yang menjadi saksi sejarah kebesaran armada laut Prancis.


Brest merupakan pelabuhan kolosal yang langsung menghadap ke Samudera Atlantik. Keberadaannya membuat beberapa penelitian tentang kelautan atau kemiliteran banyak dilakukan di sini. Sekitar 60% penelitian Eropa tentang laut bahkan dilakukan dari pelabuhan ini. Dulu, Brest memiliki banyak kastil dan bangunan kolosal yang menarik, namun sejak perang dunia kedua tidak banyak yang tersisa dari kota ini selain pelabuhan dan beberapa peninggalan lainnya. Tapi tenang travelovers, TRAVELXISM punya beberapa list aktivitas yang tetap bisa dilakukan di kota pelabuhan ini. Berikut daftarnya ala Tim TRAVELXISM:


Berkeliling Océanopolis



Mengingat sebagian besar wilayah Brest merupakan wilayah perairan, maka tidak heran jika banyak spesies laut hidup di sana. Nah kalau travelovers ingin melihat lengkap keberadaan ikan-ikan atau biota laut lainnya tapi tidak bisa menyelam, kalian bisa berkunjung ke Océanopolis. Tempat tersebut merupakan pusat sains dan budaya yang berorientasi pada ekosistem samudra. Setidaknya terdapat 50 tangki akuarium yang berbeda isinya. Yang terbesar tentunya tangki milik penguasa laut seperti tangki hiu.


Pada tahun 2000, sejak dilakukan peremajaan pada Océanopolis, kini pameran spesies samudera itu telah dibagi menjadi tiga paviliun. Ada pavilium wilayah Kutub, wilayah beriklim dan wilayah tropis. Kalau boleh disamakan, Océanopolis ini mirip dengan Sea World di Taman Wisata Jaya Ancol travelovers.


Pelabuhan Brest



Selalu ingat bahwa Brest adalah pelabuhan militer yang cukup besar dan megah ya travelovers. Sampai sekarang pun Brest tetap menjadi pelabuhan yang ramai dengan kapal bersandar dan burung-burung laut yang silih berganti terbang di udara. Salah satu kegiatan yang bisa kalian lakukan di pelabuhan selain mengamati hilir mudik kapal adalah bersantai. Berjalan-jalan di sepanjang Quai Commandant Malbert dan melihat galangan kapal mungkin bisa menjadi salah satu pilihan perjalanan yang menarik.


Dari kejauhan kalian masih bisa melihat betapa kokoh dan kuatnya pelabuhan tersebut nih travelovers. Meski termakan zaman, namun kegiatan di pelabuhan tersebut masih terus berlangsung dengan sangat sibuk. Menarik bukan?


Musée National de la Marine



Setelah datang ke pelabuhan, kurang lengkap rasanya kalau belum datang ke Museum Angkatan Laut Brest yang berada di Château de Brest. Kalian bisa menyaksikan sejarah Angkatan Laut Brest di dalam lambung kastil tua yang masih sangat terawatt sekali. Bangunan ini merupakan bangunan tertua di kota. Bangunan museum ini sudah ada sejak abad ke-3. Kemudian beberapa kali mengalami alih fungsi hingga sekarang menjadi museum.


Di dalam museum tersebut kalian akan benar-benar merasakan atmosfer zaman dari pasukan dan suasana angkatan laut. Ditambah dengan beberapa set boneka kayu dari kapal perang, kapal model bersejarah, patung, dan lukisan yang menyampaikan perkembangan pelabuhan di abad ke-17 dan ke-18, sensasi sejarahnya akan sangat terasa lho travelovers. Selain itu kalian juga bisa melihat panel perintah penghancur Perang Dunia Kedua dan kapal selam cebol Seehund yang masih terawat dengan sangat baik.


Melihat Brest dari Tour Tanguy



Setelah masuk ke Museum Angkatan Laut, kalian bisa juga masuk ke Tour Tanguy. Bangunan kastil bulat besar ini merupakan menara pengawas yang dulu difungsikan untuk mengamati pergerakan perairan Brest. Menara ini tidak terlalu tinggi, dan sama dengan Museum Angkatan Laut, menara ini merupakan bangunan tua berbentuk seperti kastil.

Dari dalam menara kalian bisa melihat gemerlap lampu kota Brest. Jendela menara ini langsung menembak laut dan pelabuhan sebagai pemandangan utama. Keindahan pelabuhan dan Kota Brest akan nampak jelas dari kastil ini.


Conservatoire Botanique du Vallon du Stang-Alar



Nah, konservasi di Brest ini tidak hanya dilakukan diwilayah perairan saja travelovers. Terdapat juga konservasi bagi botani langka atau yang terancam punah. Kalau travelovers bosan dengan wisata perairan, kalian bisa singgah ke taman ini untuk merasakan sejuknya pepohonan dan tanaman lain di sana. Taman seluas 22 hektar ini memiliki lembah kecil, air terjun, tempat bersantai dan koleksi tanaman yang tentunya dibuka untuk umum.


Waktu terbaik untuk berkunjung ke taman ini adalah pada bulan Juli dan Agustus ketika rumah kaca yang ada di dalam terbuka untuk umum.Terdapat dua rumah kaca di sana. Saat bulan-bulan tersebut para ahli botani di taman tersebut akan menciptakan hutan hujan, gunung tropis, iklim kering tropis dan subtropis, dan fitur tanaman yang mungkin tidak akan kalian temukan di tempat lain Travelovers.


Gimana travelovers? Jadi kalau ke Prancis jangan hanya ke Paris saja travelovers. Brest juga bisa menjadi pilihan wisata. Kota tua ini memiliki keindahan yang sangat mengagumkan. Jadi, mari berlayar ke Brest!/Ajeng/



#Brest #France #Prancis #TravelBrest #VisitBrest #VisitFrance #AmazingBrest #BrestHarbour #BrestOceanapolis #BrestMuseum #BrestBotanicConservation #EnjoyBrest #TraveltoFrance #BrestDestination #Destination #Tour #EuropeTourism #EuropeDestination #BrestDestination #BrestTourism #Travelling #Travellers #Travelovers #Travelxism #TravelxismDotCom #InfoTravelxism

46 views