Menggiurkan! Harus Coba Kuliner Balikpapan ini!

Kuliner adalah salah satu aspek yang menjadi daya tarik sebuah destinasi, jadi ketika Travelovers berkunjung ke destinasi yang ada di dalam daftar perjalanan kalian, jangan lupa untuk mencicipi kuliner daerah tersebut. Sebut saja kota yang memiliki julukan “Kota minyak”, Balikpapan, jangan sampai lupa untuk mencicipi kuliner khas kota ini. Kota di pesisir Kalimantan Timur ini memiliki wisata kuliner yang sangat menggiurkan loh Travelxism. Terkenal akan kotanya yang maju, Balikpapan juga memiliki ragam kuliner khas yang menggoda selara Travelovers. Travelxism akan menunjukkan kuliner khas Balikpapan untuk bisa melengkapi kebutuhan perjalanan Travelovers selama di Balikpapan


1. Sarapan dengan Roti


Balikpapan juga memiliki kebiasaan sarapan dengan roti loh Travelovers, seperti orang barat. Roti yang digunakan adalah roti mantau, roti yang berbentuk seperti bakpao dengan rasa yang gurih merupakan salah satu makanan khas dari Balikpapan. Pengelolaan roti ini pun dengan cara digoreng bukan seperti roti pada umunya yang dipanggang. Roti mantau tidak memiliki isi seperti roti bakpao, benar-benar roti murni, akan tetapi biasanya disajikan bersama daging saus balado ataupun saus lada hitam yang gurih.


foto : ksmtour



2. Nasi Bakar Seafood, jangan sampai Ketinggalan


Jangan sampai ketinggalan kalau datang ke Balikpapan kalau tidak mencoba nasi bakar seafoodnya. Kota yang berada dipesisir ini memang kaya akan hasil lautnya. Makanan berbahan seafood pun banya ditemukan, salah satunya adalah nasi bakar seafood. Rasanya yang gurih dan lezat dan dilengkapi dengan hidangan seafood seperti udang, ikan laut, maupun kepiting ini, pasti akan membuat Travelovers ketagihan. Nasi bakar seafood ini juga bisa dibawa kemana-mana karena memang praktis.


foto: reddoorz


3. Bukan Abon Ayam atau Sapi, tapi Kepiting


Hidangan abon biasayanya bahan baku utamanya adalah daging ayam atau daging sapi, Akan tetapii di Balikpapan dengan hasil lautnya yang melimpah, kepiting dijadikan bahan baku utama. Cita rasanya pun tidak kalah lezat denga abon lainnya, rasanya pun lebih gurih dan nikmat untuk disajikan bersama nasi putih hangat. Abon kepiting ini juga bisa dijadikan oleh-oleh loh Travelovers, karena daya tahannya yang cukup lama dan baik. Nah, kalau Travelovers ke Balikpapan, Travelxism juga mau dong dibawakan abon kepiting.


foto: picdeer


4. Mie Hijau Balikpapan


Bagi Travelovers yang tidak menyukai sayuran, mie hijau di Balikpapan bisa menjdi makanan alternatif, Travelovers yang tidak suka makan sayur akan bisa makan sayur dan ketagihan makan makanan yang satu ini. Loh kok bisa? Ini karena mie hijau merupakan mie dengan campuran sayur mayur, yang biasanya terbuat dari sawi. Mie hijau tidak menggunakan campuran MSG, bahan pengenyal, dan pengawet sehingga mie nya terasa lebih sehat dan nikmat kan Travelovers, apalagi dihidangkan denga toping kepiting dan ayam khas Balikpapan. Kuliner ini wajib masuk daftar makanan yang wajib dicicipi saat traveling ke Balikpapan Travelovers.


foto : eanindya


5. Amplang Balikpapan kuliner khas untuk oleh-oleh


Kuliner yang paling sering dicari oleh para wisatawan adalah Amplang. Kuliner ini merupakan olahan makanan yang terbuat dari ikan antara lain ikan tenggiri, gabus, atau belida. Amplang adalah kerupuk dengan cita rasa dan aroma ikan yang gurih dan lezat, yang sekarang sudah memiliki varian rasa seperti rasa seperti ayam bawang, BBQ, lada hitam, dan lainnya. Travelovers bisa menemukan amplang hampir di setiap sudut tempat yang menawarkan kuliner oleh-oleh.


foto: dictio



Jadi kapan Travelovers menyempatkan diri utuk singgah di kota maju penghasil minyak ini? Kuliner-kuliner yang menggiurkan ini akan memuaskan nafsu makan Travelovers dan juga bisa dijadikan oleh-oleh. Balikpapan bisa menjadi tambahan list perjalanan wisata Travelovers, Ayo berwisata!


#Balikpapan #Indonesia #Kuliner #WisataKulinerKhas #KulinerBalikpapan #WisataKulinerBalikpapan #RotiMantau #NasiBakarSaefood #MieHijau #MihijauBalikpapan #AbonKepiting #Amplang #AmplangBalikpapan #KulinerKhasBalikpapan #WisataKuliner #PesonaIndonesia #Travel #Traveller #Travelkebengkulu #Travelblogger #Travelxism #Infotravelxism #Travelxismdotcom #Infotravel #Travelingseru #KelilingIndonesia #NapakTilasSejarah #Liburanseru #KelilingBalikpapan #WisataBalikpapan #LiburanBalikpapan #KalimantanTimur


0 views